Comscore Tracker

5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baik

#DearFutureIndonesia Hal-hal kecil namun dampaknya berarti

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang menyimpan keanekaragaman hayati yang melimpah. Menjadi suatu negara yang sudah berusia 73 tahun tentu tidak didapatkan dengan mudah. Butuh perjuangan, keringat dan air mata dari para pejuang hingga bisa berdiri kokoh sampai sekarang. 

Melihat hal tersebut, kita sebagai warga negara memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan dan mencintai bangsa dan negara ini. Namun, apakah kita sudah memberikan yang terbaik bagi negara kita ini?

Tidak ada kata terlambat kalau kamu masih ada waktu dan kemauan. Cobalah 5 hal di bawah ini yang hanyalah hal-hal kecil, namun memiliki dampak yang berarti.

1. Berpikir kritis dalam menyebar informasi agar tidak timbul konflik

5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baikpexels.com/bruce mars

Arus penyebaran informasi yang cepat di zaman yang serba modern ini membuat kita dapat mengetahui berbagai macam informasi yang ada baik di dalam negeri maupun secara global. Masalahnya, penyebaran informasi yang cepat kadang tidak sejalan dengan kualitas informasi itu sendiri. Dalam hal ini masih banyak orang yang menyebarkan informasi hoax yang didapatkan dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.

Nah, disinilah peran dari millenial sangat krusial. Yaitu mengembangkan pola pikir yang kritis dalam menyerap informasi dan membagikan informasi. Beruntung karena kini Smartfren menghadirkan produk #Super4GKuota yang sangat membantu millenial. Dengan harga yang murah meriah dan kuota yang besar, kamu bisa sepuasnya #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu. Dan tentunya kamu akan lebih puas  dan leluasa dalam memilah informasi-informasi yang benar dari sumber-sumber terpercaya untuk dibagikan kalau kamu menggunakan Super 4G Kuota dari Smartfren ini.

2. Bersatu melestarikan budaya agar tidak hilang tertelan zaman

5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baikunsplash.com/Hakan Nural

Suatu negara tidak hanya dikenal dari luas wilayah daratan atau lautannya saja, tetapi juga warisan budaya yang ditinggalkan. Sebagai negara yang terdiri dari banyak suku, Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam dari setiap daerah. Warisan budaya yang beragam ini tentu akan membuat Indonesia semakin dikenal dunia.

Disinilah peran millenial berjalan. Salah satunya adalah dengan melestarikan budaya daerah yang masih ada sampai sekarang. Melestarikan budaya dapat dilakukan salah satunya adalah dengan mempelajari budaya tersebut. Dengan mempelajari budaya, maka itu akan tertanam dalam diri kita sehingga kelak kita dapat membagikannya kepada anak dan cucu kita. 

Budaya adalah identitas bangsa. Oleh karena itu jangan sampai dirusak apalagi diabaikan.

Baca Juga: Sederhana, Tapi 4 Kebiasaan Ini Bukti Kamu Itu Millennial Panutan

3. Memanusiakan sesama millenial agar terbebas dari hal terlarang

5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baikpexels.com/Helena Lopes

Teknologi informasi yang berkembang pesat membuat segala jalan kejahatan pun merajalela. Tak terkecuali hal-hal seperti narkoba dan obat-obat terlarang lainnya. Dan hal ini seringkali mengincar anak-anak muda yang masih belum stabil secara kematangan emosi dan pola pikir. 

Nah, bagi kita yang memiliki pola pikir yang baik, sudah menjadi kewajiban untuk menolong sesama kita yang terjerat atau sedang menuju hal-hal terlarang tersebut. Sebagai warga negara yang tinggal di negara yang sama, kita wajib mengingatkan dan mengajak kawan-kawan kita untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Hal ini mungkin terkesan sederhana, namun akan memiliki dampak besar bagi bangsa kalau itu terus diperjuangkan. Tentunya, tingkat pengguna narkoba memiliki peluang untuk berkurang dan yang terpenting  wawasan tentang bahaya narkoba bagi jiwa dapat dimengerti dengan baik sehingga masa depan Indonesia dalam diri pemuda dan pemudi selalu ada.

4. Memanfaatkan potensi daerah untuk menghasilkan produk lokal bernilai

5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baikinstagram.com/duanyam

Keanekaragaman hayati yang tersebar luas diseluruh penjuru Indonesia membuat kita patut bersyukur kepada Pencipta. Sesungguhnya, melalui keanekaragaman hayati tersebut, kehidupan kita sebagai manusia dapat ditopang. Sebagai millenial, kita tentu berasal dari daerah yang berbeda-beda. Di daerah kita tentu memiliki potensi alam yang mungkin terabaikan.

Tanggung jawab kita bagi bangsa dapat kita mulai dari daerah, yaitu dengan melihat potensi alam daerah dan memanfaatkannya untuk menghasilkan produk-produk yang bernilai. Sebagai anak muda yang memiliki tenaga kuat, kita harus rajin-rajin mengeksplorasi setiap potensi yang dimiliki daerah.

Ketika potensi alam daerah kita dapat dimanfaatkan dengan baik maka hal itu tentu dapat membantu membangun bangsa, yakni perekonomian. Dengan dihasilkannya produk lokal yang masif dan bernilai maka harapan untuk Indonesia yang lebih baik dan sejahtera itu selalu ada.

5. Rajin belajar demi menjadi penerus bangsa yang berkualitas

5 Hal yang WAJIB Dilakukan Millennial untuk Indonesia Lebih Baikunsplash.com/Alexis Brown

Belajar adalah suatu kewajiban bagi kita anak muda. Seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yang menegaskan bahwa kita harus menjadi pemuda-pemudi yang mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya adalah dengan belajar.

Dengan belajar dan memperluas ilmu dan wawasan, kita bisa berkontribusi untuk Indonesia, mengelola Indonesia dan membuat Indonesia menjadi lebih baik. Indonesia membutuhkan penerus yang berkualitas agar Indonesia bisa menjadi bangsa Teladan yang tidak akan pernah dijajah dan dibodohi lagi.

Nah, itu adalah beberapa hal kecil yang dapat kamu lakukan dalam berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik. Selagi masih ada waktu dan kesempatan jangan pernah abaikan peran kita untuk bangsa. Kita sebagai yang muda harus menunjukan kualitas yang baik agar Indonesia semakin maju dan dipandang dunia. Jadi, hal-hal apa saja nih yang sudah kamu lakukan atau baru mau kamu lakukan untuk Indonesia?

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

Release stress by share your thoughts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You