Comscore Tracker

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog 

Supaya performa maksimal

Merasa stres atau cemas karena wawancara sebenarnya hanyalah tanda bahwa kamu ingin melakukan yang baik. Kecemasan sebenarnya dapat memotivasi kamu untuk lebih siap, memberimu energi, dan membuat kamu tetap waspada selama proses berlangsung. Tetapi kecemasan juga dapat mencegah kamu melakukan yang terbaik karena dapat melemahkan ingatanmu.

Dikutip dari Psychology Today  Well Mind, berikut 6 cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi rasa cemas menjelang wawancara kerja dengan cepat.

1. Perhatikan apa yang kamu konsumsi

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog unsplash.com/icons8team

Hindari kafein dan minuman beralkohol sebelum wawancara. Sebagian orang mengira keduanya akan memberikan efek menenangkan dan percaya diri, padahal sebaliknya, minuman tersebut dapat meningkatkan detak jantung, sama seperti ketika seseorang sedang cemas.

Yang terbaik adalah makan makanan ringan sebelum wawancara agar perut lebih terasa nyaman dan tidak mulas.

2. Tuliskan apa saja yang mengganggu pikiranmu

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog unsplash.com/NeONBRAND

Buatlah daftar segala sesuatu yang sedang kamu pikirkan. Menulis dapat menjadi terapi yang membantu mengurangi kecemasan secara umum. Penelitian Dr. James Pennebaker di The University of Texas di Austin telah membuktikan efek penyembuhan dari terapi menulis ini.

3. Latihan pernapasan

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog unsplash.com/Jyotirmoy Gupta

Saat sedang cemas, pernapasan biasanya jadi lebih pendek. Untuk itu, cobalah menarik napas selama empat hitungan, tahan selama dua detik, dan bernapaslah selama empat hitungan. Lakukan ini selama satu atau dua menit.

4. Bersikap dengan postur yang baik

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog resumecoach.com

Untuk menutupi kecemasan, cobalah bersikap dengan postur yang baik. Tarik punggung, tegak, dan ambil napas dalam-dalam. Selain menyembunyikan kecemasan, posisi seperti ini diharapkan dapat benar-benar meningkatkan rasa percaya dirimu.

Baca Juga: Tenang & Rileks, Begini 5 Tips Wawancara Kerja untuk Kamu Si Introvert

5. Memvisualisasikan kesuksesan

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog unsplash.com/Eli DeFaria

Temukan ruang yang tenang di mana kamu tidak akan mendapatkan gangguan, tutup mata dan bayangkan dirimu berhasil dalam wawancara yang hendak kamu jalani. Memvisualisasikan kesuksesan membuat otak dapat mempersiapkan bagaimana kamu akan berperilaku.

6. Kurangi faktor penyebab kecemasan

7 Cara Mudah Atasi Kecemasan saat Wawancara Kerja Menurut Psikolog unsplash.com/Ladislav Bona

Kurangi penyebab stres menjelang wawancara kerja, seperti pakaian yang tidak nyaman, belum tahu lokasi wawancara, takut tersesat, dan terlambat.

Untuk itu, jika memungkinkan cari tahu terlebih dahulu lokasi wawancara, persiapkan pakaian yang hendak kamu pakai, dan jangan begadang agar esok harinya kamu bisa bangun pagi.

Yang penting adalah jangan sampai kecemasan yang kamu rasakan melemahkanmu dan membuat kamu ragu-ragu untuk maju. Jadi, pastikan kamu melakukan keenam tips di atas untuk mengurangi kecemasan menjelang wawancara kerja.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerja

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya