Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerja

Ingat baik-baik ya!

Wawancara menjadi momen yang mendebarkan bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya, wawancara dengan seseorang dari perusahaan dalam situasi yang formal akan terasa sedikit menakutkan.

Salah satu alasannya karena kita tidak memiliki pengalaman apa pun dan bahkan tidak tahu apa yang harus dikatakan saat berhadapan dengan pewawancara. Karena tidak memiliki pengalaman, tidak jarang para pelamar juga melakukan banyak kesalahan yang membuat mereka tidak berhasil lolos ke tahapan selanjutnya, termasuk 5 kesalahan fatal dibawah ini.

1. Datang terlambat dari waktu yang sudah ditentukan

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/Kaylah Otto

Datang terlambat menjadi hal pertama yang tidak boleh kamu lakukan saat datang wawancara. Selain membuat kamu tidak bisa bersiap-siap, datang terlambat juga akan memberikan kesan yang buruk pada perusahaan. Lagipula, kebanyakan perusahaan selalu memberitahukan jadwal wawancara paling tidak tiga hari sebelumnya.

Tujuannya, tentu saja agar kamu bisa lebih leluasa mengatur jadwal sehingga pada hari H tidak ada lagi alasan untuk terlambat. Dan kalaupun kamu tidak bisa datang pada hari itu pastikan kamu menelpon perusahaan agar mereka bisa mengganti jadwal wawancara di hari lain.

2. Menanyakan informasi tentang perusahaan

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/Kobu Agency

Saat kamu sedang melakukan wawancara kerja, hindari menanyakan informasi seputar perusahaan. Meski niat kamu baik, tapi hal itu hanya akan memberikan kesan bahwa kamu tidak pernah benar-benar tertarik pada perusahaan. Daripada bertanya, akan lebih baik kalau sebelum wawancara kamu mencari informasi sendiri entah melalui internet atau bertanya pada seseorang mengenai perusahaan yang akan dituju.

Percaya deh, meski informasi yang kamu miliki terbatas tapi hal itu akan membuat kamu terlihat lebih meyakinkan dibandingkan dengan pelamar yang lain.

3. Menanyakan gaji, bonus, kebijakan perusahaan, lembur, sampai kenaikan pangkat

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/Sharon McCutcheon

Kamu tentu penasaran dengan bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya. Tapi enggak peduli seberapa besar rasa penasaranmu, kamu harus menyimpan pertanyaan ini dalam hati setidaknya untuk sementara waktu.

Ingat, kamu baru saja menjalani seleksi awal, daripada sibuk mencari tahu gaji dan segala tunjangan akan lebih baik kalau kamu berusaha meyakinkan pewawancara bahwa kamu layak mendapatkan tempat di perusahaan mereka. Lagipula kalau kamu memang diterima, mereka pasti akan menjelaskan semua informasi tersebut sebelum kamu menandatangani kontrak.

Baca Juga: Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Kamu Dipanggil Wawancara Kerja 

4. Menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/@charlesdeluvio

Bos kamu sebelumnya mungkin orang yang menyebalkan, atau bisa jadi perusahaan tempat kamu bekerja hanya memberikan gaji yang kecil. Namun hanya karena kamu kesal tidak berarti kamu harus menumpahkan semuanya kepada perusahaan yang baru.

Hal itu justru akan membuat pewawancara menilai kamu sebagai orang yang tidak bisa dipercaya. Mereka beranggapan, jika kamu bisa dengan mudah membicarakan hal buruk tentang perusahaan lama maka tidak ada jaminan kamu tidak melakukan hal yang sama pada mereka di masa depan.

5. Menyudahi wawancara terlalu cepat

5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/Chris Liverani

Selain datang terlambat, menjadi hal yang sangat tidak sopan jika kamu menyudahi wawancara sebelum mereka benar-benar selesai. Oke kamu mungkin memiliki acara lain yang harus dihadiri, tapi percaya deh akan lebih baik kalau kamu membatalkan acara selanjutnya ketimbang memotong wawancara. Jika kamu nekat, bisa dipastikan kamu tidak akan lolos ke tahap selanjutnya.

Selain lima hal di atas, kamu juga wajib bersikap sopan di depan pewawancara ya! Bahkan meski suasana saat wawancara terkesan santai dan menyenangkan tapi kamu harus tetap menjaga sikap. Jangan sampai hanya karena kesalahan sepele membuat peluang kamu untuk bekerja tertutup selamanya.

Baca Juga: 6 Tips Berpakaian Buat Cowok Saat Wawancara Kerja

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya