Comscore Tracker

Pertimbangkan Dulu! 5 Tanda Kamu Lebih Cocok Menjadi Wirausahawan

Siapa tahu kamu lebih sukses di sini

Selama ini, banyak orang yang bermimpi bekerja di dalam kantor dan mendapatkan gaji yang besar setiap bulannya. Namun tak jarang, setelah masuk dan menjadi pekerja kantoran, banyak yang justru merasa tertekan dan tidak bersemangat.

Kalau kamu juga merasakan hal ini, bisa jadi sebenarnya kamu memiliki jiwa bisnis dan lebih cocok menjadi wirausahawan. Namun, supaya kamu tidak bingung dan lebih mantap dalam melangkah, cek dulu tanda-tanda ini. Berikut ini tanda-tanda jika kamu lebih cocok menjadi wirausahawan.

1. Kamu punya banyak ide unik dan berusaha untuk mewujudkannya

Pertimbangkan Dulu! 5 Tanda Kamu Lebih Cocok Menjadi Wirausahawanunsplash.com/Austin Distel

Kamu selalu punya ide-ide baru dan unik yang seolah menuntut untuk diwujudkan satu per satu. Tak peduli seberapa tak biasanya ide tersebut, kamu selalu punya cara untuk mewujudkannya dan menunjukkannya pada orang lain.

Kemampuan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang wirausahawan, yaitu memiliki ide-ide unik, selalu berinovasi, dan tahu cara mewujudkannya.

2. Tidak suka cari aman, kamu justru lebih tertarik dengan tantangan dan risiko

Pertimbangkan Dulu! 5 Tanda Kamu Lebih Cocok Menjadi Wirausahawanunsplash/Taylor Grote

Hal lain yang membedakanmu daripada pegawai pada umumnya ialah perihal pandanganmu mengenai tantangan dan risiko. Jika orang lain lebih memilih menjadi pegawai karena dirasa lebih memberikan keamanan dalam hal penghasilan yang pasti, tapi tidak demikian denganmu.

Kamu justru tertarik menaklukkan tantangan yang ada di depanmu, dan sudah siap dengan risikonya. Bahkan, kegagalan sekalipun tidak mampu menghentikanmu mencoba tantangan yang lain.

Baca Juga: 10 Hal yang Tanpa Sadar Menyebabkan Kamu Suka Menunda Pekerjaan

3. Rutinitas pekerjaan yang membosankan membuatmu tidak pernah bertahan lama di satu kantor

Pertimbangkan Dulu! 5 Tanda Kamu Lebih Cocok Menjadi Wirausahawanunsplash.com/Icons8 Team

Bagimu, rutinitas berangkat pagi pulang sore adalah hal yang membosankan. Belum lagi perihal waktu istirahat dan seragam yang selalu diatur. Karenanya, kamu tidak pernah bertahan lama bekerja di satu perusahaan dan mulai khawatir dengan sebutan kutu loncat yang akan kamu dapatkan lantaran kebiasaanmu yang mudah berpindah tempat kerja.

Namun tenang, ini bukan berarti kamu malas kok. Hanya saja, mungkin kamu tidak cocok menjadi bawahan yang selalu diatur-atur, melainkan lebih cocok menjadi wirausaha yang membuat aturan dan lingkungan kerjamu sendiri.

4. Kamu ingin tetap bisa menghasilkan uang dari usahamu di masa tua nantinya

Pertimbangkan Dulu! 5 Tanda Kamu Lebih Cocok Menjadi WirausahawanUnsplash.com/Alexander Mils

Banyak orang yang mendambakan kelak di usia tua bisa beristirahat sambil tetap menikmati uang pensiunan. Namun, itu tidak denganmu. Bagimu, masa muda adalah waktunya bekerja keras dan memulai bisnis, sementara di masa tua pun kamu tetap ingin mandiri dan bisa menghasilkan uang dari bisnismu yang sudah makin berkembang.

Tak sampai di situ, kamu juga ingin terus berbagi ilmu pada generasi penerus dengan modal pengalaman yang sudah kamu dapatkan semasa muda.

5. Impianmu bukanlah hidup dengan harta yang berlimpah, melainkan mengambil langkah nyata untuk menyejahterakan banyak jiwa

Pertimbangkan Dulu! 5 Tanda Kamu Lebih Cocok Menjadi Wirausahawanunsplash.com/Tim Marshall

Bagi seorang yang berjiwa wirausahawan sejati, kesuksesan bukanlah perihal hidup bergelimang harta dan jabatan yang didapat, melainkan berapa banyak orang yang terbantu dengan usaha yang sudah kamu rintis.

Bukan hanya pegawai yang hidupnya kamu sejahterakan dari bisnismu, tapi juga bagaimana bisnismu memberikan kontribusi positif pada masyarakat luas.

Kalau selama ini sudah merasakan semua hal di atas, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka usahamu sendiri dan kemudian segera keluar dari pekerjaanmu di kantor.

Baca Juga: 8 Prinsip Orang Jawa yang Dapat Dijadikan Pedoman Wirausaha

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya