Comscore Tracker

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam Tim

Masih mau mempertahankan keenam sikap ini?

Bekerja dalam tim memiliki tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda dengan saat kita bekerja sendirian. Jika bekerja sendirian kita bebas menentukan segala halnya sendiri. Ketika pekerjaan yang kita kerjakan ternyata tak berjalan baik, hanya kita sendiri jugalah yang akan menanggung konsekuensinya.

Berbeda dengan saat kita bekerja dalam tim. Ketika ada satu orang saja yang nggak menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik, maka anggota tim lainnya juga akan terkena imbasnya karena pekerjaan dalam tim satu sama lain saling memiliki keterkaitan.

Untuk meminimalisir kejadian semacam itu, enam sikap ini patut kamu hindari saat kamu bekerja dalam tim.

1. Mementingkan diri sendiri

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam TimPexels/Daria Shevtsova

Layaknya sebuah tim, kamu dan anggota lain dalam timmu sudah seharusnya bisa saling bekerja sama dan saling membantu demi tercapainya hasil yang baik.

Dalam sebuah tim, biasanya masing-masing anggotanya memang sudah memiliki tugasnya sendiri untuk diselesaikan. Namun, ketika tugas yang menjadi tanggung jawabmu sudah selesai misalnya, nggak ada salahnya kamu menawarkan bantuan pada teman satu timmu, yang sekiranya memang patut dibantu. Bukankah jika pekerjaannya bisa lebih cepat selesai, keuntungannya akan sama-sama kamu rasakan juga?

2. Kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang menjadi bagianmu

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam TimStocksnap.io/Startup Stock Photos

Alasan logis kenapa kamu patut menghindari sikap yang satu ini adalah, sebab pekerjaan setiap anggota timmu saling berkaitan, maka ketika kamu nggak menyelesaikan tanggung jawabmu dengan baik, pekerjaan anggota timmu yang lain juga akan terpengaruh.

Misalnya, ketika kamu telambat menyelesaikan tanggung jawabmu, maka otomatis pekerjaan yang lain juga akan mengalami keterlambatan yang sama.

Jadi, berusahalah untuk bisa lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang menjadi tanggung jawabmu. Paling nggak, dengan begitu kamu juga sudah membantu timmu untuk bisa menyelesaikan tugasnya sesuai waktu yang ditentukan.

3. Melemparkan kesalahan yang kamu buat kepada teman satu timmu

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam TimPexels/Lukas

Jika memang kamu melakukan kesalahan, ada baiknya kamu akui kesalahanmu dan berusahalah untuk memperbaikinya. Dengan memiliki sikap berani mengakui kesalahan semacam itu, bukan nggak mungkin, semua anggota timmu, alih-alih menyalahkan dan memusuhimu, mereka malah bersikap simpati dan menawarkan bantuan untuk bersama-sama mencari jalan keluar dan memperbaiki kekacauan tersebut.

Bersikap menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu buat sendiri hanya akan memancing perselisihan dengan teman-teman satu timmu dan membuat kekacauan yang dialami timmu semakin besar dan semakin sulit dicari pemecahannya.

Baca Juga: 5 Kegiatan Wajib Saat Kamu Memilih Bekerja Secara Nomaden

4. Merasa paling berjasa

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam TimStocksnap.io/LinkedIn Sales Navigator

Keberhasilan sebuah tim adalah keberhasilan bersama. Tanpa bantuan dan peran dari semua anggota tim, keberhasilan itu mustahil akan terwujud. Untuk itu, berhentilah menganggap dirimu paling berjasa atas keberhasilan timmu.

Sikap semacam itu, selain bisa memancing rasa muak dari teman-teman satu timmu, juga bisa membuat image-mu buruk di hadapan mereka.

5. Menyepelekan peran teman satu timmu

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam TimStocksnap.io/Rawpixel.com

Poin kelima ini masih terkait dengan poin keempat. Jika kamu percaya bahwa keberhasilan sebuat tim terjadi atas kerja keras bersama, maka mestinya kamu juga percaya bahwa kontribusi sekecil apa pun memiliki peran penting terhadap keberhasilan tersebut.

Dalam sebuah penyajian makanan di restoran misalnya, sering kali kita hanya menganggap bahwa koki utamalah yang paling berperan besar hingga tercipta sajian yang memiliki rasa dan tampilan begitu istimewa. Lupa bahwa ada kontribusi dari para tukang pencuci piring, tukang belanja dan potong bahan makanan, dan kontribusi dari bagian lainnya yang perannya juga nggak kalah penting.

Hal yang serupa juga berlaku terhadap peran teman-teman satu timmu. Meski mungkin tampak sepele, kamu mesti mengerti bahwa tanpa peran mereka, timmu nggak akan mungkin menikmati keberhasilannya.

6. Bossy

Wajib Tahu! Ini 6 Sikap yang Patut Kamu Hindari Saat Bekerja Dalam TimStocksnap.io/Rawpixel.com

Kamu bukan atasan atau ketua dalam timmu, tapi seenaknya memerintah banyak hal. Mulai dari hal kecil sampai hal besar, semisal melimpahkan pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawabmu kepada teman satu timmu, hanya karena kamu malas mengerjakannya. Sikap semacam ini bukan hanya akan menjengkelkan teman-teman satu timmu, tapi juga bisa menghambat keseluruhan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab timmu.

Kalau kamu memang membutuhkan bantuan, berusahalah memintanya dengan cara baik-baik agar teman yang dimintai bantuan itu nggak merasa diperintah seenaknya.

Bahkan jika kamu seorang atasan atau ketua dalam timmu sekalipun, sebaiknya hindari sikap bossy ini karena hanya akan membuat semua anggota timmu diam-diam membangkang terhadapmu karena merasa diperlakukan nggak manusiawi.

Keenam sikap yang disebutkan tadi, selain bisa merugikan dirimu sendiri, juga memiliki andil dalam memecah hubungan baik antara anggota timmu. Jadi, masihkah kamu mau mempertahankan sikap semacam itu? Baiknya nggak ya!

Baca Juga: 8 Kebiasaan di Akhir Minggu ini Jadi Penyebab Kamu Capek di Hari Kerja

El Rui Photo Verified Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:30:05

Progress: 751.930 dari 813.350 TPS (92.44852%)

Just For You