Comscore Tracker

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karier

Pengalaman adalah guru yang terbaik

Sebagai seseorang yang baru terjun di dunia kerja atau ingin menjadi pengusaha, tak jarang kita melakukan trial and error terlebih dulu sebagai bentuk belajar dan beradaptasi. Sayangnya, hal tersebut bakal memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak, serta berisiko mengorbankan reputasi kita ketika berulang kali gagal.

Agar kemungkinan buruk tersebut tidak sampai terjadi, mencari mentor bisa menjadi pertimbangan. Pasalnya, dengan memiliki mentor kita akan dapat memperluas jaringan, berbagi sudut pandang, hingga belajar dari yang telah berpengalaman di bidangnya. Sangat membantu perkembangan karir kita, kan?

Agar bisa mendapatkan banyak manfaat tersebut, tentu kita harus bisa menemukan seseorang yang tepat untuk dijadikan mentor. Nah, agar nggak sampai salah pilih nih, pastikan seseorang yang kamu jadikan mentor memiliki 5 kualitas ini, ya.

1. Memiliki masa lalu yang jelas

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karierpixabay.com/Myriams

Seorang mentor yang baik dibentuk melalui perjalanan yang panjang. Tak jarang justru berawal dari berbagai tantangan. Bagaimana pun masa lalunya, dia tak akan segan menceritakannya. Toh dari pengalamannya tersebut dia menjadi sosok tangguh seperti sekarang, kan?

Kita justru perlu berhati-hati jika ingin menjadikan seseorang yang mendadak terkenal sebagai panutan. Tanpa track record yang jelas, kita akan sulit memvalidasi saran-saran yang dia sampaikan.

2. Punya pegangan nilai yang selaras

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karierpixabay.com

Memiliki rekan diskusi dengan visi yang sama tentu akan terasa klop dan menyenangkan. Sayangnya, tujuan diri kita bisa saja berubah seiring usaha pencarian jati diri atau perjalanan karier yang kita tempuh. Hal tersebut lumrah saja, namun akan repot jika terus mencari mentor baru setiap kita mengubah tujuan, kan?

Hal mendasar yang justru kita butuhkan dari mentor adalah adanya kesamaan core value. Tak heran jika nilai ini sering dianggap sebagai moral compass lantaran kita akan tetap memiliki pedoman yang sama meskipun tujuan hidup kita berubah.

3. Nggak hanya menjual mimpi

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karierpixabay.com

Kalimat motivasi yang mengatakan bahwa semua akan mudah jika mengikuti renjana memang melenakan. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah yang kita butuhkan dari seorang mentor.

Sebagaimana seorang guru yang menyiapkan kita berbagai keterampilan agar siap berjuang di kehidupan, kita juga perlu mentor yang realistis. Yakni seseorang yang bersedia menunjukkan sisi gelap terang dari perjalanan karier yang ada agar kita bisa terus mengasah diri dan berjaga-jaga.

4. Nggak cuma memamerkan harta di setiap postingannya

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karierpixabay.com/Gellinger

Tidak ada yang salah dari memajang hasil kerja kerasnya di media sosial miliknya. Akan tetapi, apakah hal tersebut yang ingin kita tiru dari seorang mentor?

Alih-alih belajar dari apa yang berhasil ia dapatkan, kita justru perlu mempelajari apa saja yang telah dilakukannya hingga bisa sukses berada di posisi saat ini. Jadi kita juga akan menghargai proses yang ada dan tidak berpikir instan karena tergoda mengejar materi semata.

5. Menghargai semua orang tanpa pandang bulu

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Dapat Mentor Oke untuk Perkembangan Karierpixabay.com

Sebuah kesuksesan yang didapatkan seseorang tidak semata bicara soal kerja keras. Perlu karakter yang baik serta berbagai soft skills yang mumpuni sebagai pendukung. Misalnya saja, kemampuan komunikasi serta menjaga relasi.

Agar tidak sampai salah pilih role model, pastikan mentor kamu menunjukkan sikap menghargai kepada siapa saja. Baik ke rekan kerja hingga bawahan sekalipun, dia tak malu menunjukkan apresiasi. Ini bakal membantu kita belajar menerapkan lingkungan kerja yang positif.

Itu dia beberapa langkah mendapatkan mentor yang bisa kamu coba buat mendukung mengembangkan karier. Agar hasilnya maksimal, jangan lupa imbangi dengan semangat belajar yang tinggi juga, ya.  

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Waktu Bagi Wanita Karier, Biar Gak Telat Ngantor!

Eunike Ally Sushmita Photo Community Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You