Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Ambisius dan Punya Banyak Ekspektasi

Pelajari karakter positifnya untuk mendukung kariermu

Apakah kamu memiliki rekan kerja yang memiliki sifat ambisius dan banyak berekspektasi? Tentu kamu merasa kurang nyaman dan sering khawatir akan sifatnya itu. Biasanya ketika kamu sudah sangat bekerja keras, tetap saja dia akan selalu berdiri satu langkah lebih depan dari kamu. Makanya, gak jarang kamu seperti kurang terlihat berprestasi di depan atasan.

Namun, tetap tenang dan jangan membencinya, ya. Karena sebenarnya dari sifatnya yang sangat ambisius dan mempunyai banyak ekspektasi itu, kamu bisa belajar dari dia. Gak perlu memusuhinya, tetaplah berteman dan bekerja sama baik dengannya. Nah, supaya kamu gak semakin kesal padanya. Beikut ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi dia.

1. Tetap fokus pada tugas pekerjaanmu 

5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Ambisius dan Punya Banyak Ekspektasiilustrasi fokus bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila rekan kerja yang penuh ambisi dan ekspektasi itu membuatmu merasa tersaingi, itu tandanya baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu masih memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, bersyukurlah dan ambil sisi positif dari keberadaannya.

Namun, saat rekan kerja yang seperti itu ada di sekitarmu. Biasanya kamu akan merasa kurang fokus dalam bekerja, karena konsentrasimu menjadi terpecah. Kamu harus fokus bekerja dan harus menghadapi tingkah laku rekan kerjamu yang terkadang mengusik ketenangan hati dan pikiranmu.

Jadi, solusinya yang tepat adalah tetaplah fokus pada tugas pekerjaan yang diberikan padamu. Gak perlu mengurusi dia yang terlalu berambisi. Jangan berkecil hati juga dan bangunlah rasa percaya diri yang lebih tinggi ketika kamu berada di sekitar rekan-rekan yang penuh ambisi dan ekspektasi.

2. Jangan mengikuti cara kerjanya yang terlalu memaksakan diri 

5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Ambisius dan Punya Banyak Ekspektasiilustrasi orang makan sambil bekerja (pexels.com/Tony Schnagl)

Biasanya rekan kerja yang memiliki ambisi tinggi dan mempunyai banyak ekspektasi, mereka akan melakukan segala cara, dan tujuannya adalah agar dapat selangkah lebih maju dari siapa saja yang ada di perusahaan tempatnya bekerja. Mereka yang terlalu berambisi biasanya bisa bekerja sampai lupa pada waktu istirahat.

Perhatikan saja ciri-ciri dari orang yang penuh ambisi pasti biasanya akan gila kerja. Datang lebih awal, saat jam istirahat dia tetap bekerja, bahkan makan siang saja di atas meja kerjanya. Kemudian, saat waktunya pulang ke rumah, dia pun masih saja mengurusi pekerjaannya. Nah, kamu sebaiknya jangan seperti itu, ya. Setiap orang membutuhkan waktu beristirahat yang cukup, agar energinya pulih dan pikiran juga kembali jernih. Jangan terus menerus bekerja hingga melupakan waktu beristirahat, itu malah akan membuatmu merasa lelah dan terbebani.

Baca Juga: Hati-hati Sama 5 Hal Ini Kalau Ada Rekan Kerja yang Modus, Bahaya!

3. Ajak dia berbicara secara terbuka 

5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Ambisius dan Punya Banyak Ekspektasiilustrasi orang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Apabila kamu dan rekan kerja yang penuh ambisi dan ekspektasi itu mendapatkan tugas atau proyek bersama. Maka, gak ada salahnya untuk mengajak dia berdiskusi membicarakan hal tersebut. Jadi, nantinya kalian akan bisa bekerja sama dengan baik, dan gak saling menjatuhkan demi ingin terlihat lebih baik dari yang lainnya.

Ajaklah dia berbicara secara terbuka, temukan kesepakatan agar kalian bisa bekerja sama dengan seimbang. Bekerja sama dengan orang yang sangat ambisius, memang terkadang sulit dilakukan, karena pasti dia ingin selalu satu langkah di depanmu. Berdiskusilah dengan dia secara baik-baik. Katakan padanya bahwa kamu dan dia harus saling melengkapi dan mendukung, agar proyek bersama kalian dapat selesai dengan lancar, tanpa adanya konflik saat bekerja sama.

4. Tetap menjaga hubungan baik dengannya 

5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Ambisius dan Punya Banyak Ekspektasiilustrasi bekerja sama dengan orang lain (pexels.com/Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Siapa pun dia yang memiliki sifat ambisius tinggi dan mempunyai banyak ekspektasi, entah dia atasanmu, sesama rekan kerja, atau yang lainnya. Tetaplah berusaha untuk menjaga hubungan baik dengannya. Memang sangat membuatmu kesal melihat cara kerjanya yang selalu ingin menjadi nomor satu itu.

Namun, gak perlu terpancing emosi dengan sikapnya. Tetap tenang dan selalu menjaga keharmonisan hubungan profesional dalam bekerja. Gak perlu kamu memusingkan tingkah lakunya. Pastikan saja atasanmu mengetahui tentang usahamu selama ini, dan teruslah bekerja dengan baik. Sehingga, kinerja dan performamu di tempat kerja gak akan terganggu oleh keberadaan rekan yang terlalu berambisi dan berekspektasi itu.

5. Pelajari karakternya yang positif 

5 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Ambisius dan Punya Banyak Ekspektasiilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Menghadapi rekan kerja yang sangat ambisius dan selalu mempunyai ekspektasi yang terkadang konyol, sebaiknya jangan terlalu kamu pikirkan, bahkan sampai membuatmu panik. Lebih baik, santai saja dan pelajari karakternya yang positif. Orang yang sangat ambisius dalam bekerja, juga gak selamanya negatif, pasti ada sisi positifnya yang bisa kamu pelajari.

Misalnya, sikapnya yang selalu berantusias dan semangat dalam bekerja, gigih dalam mencapai target yang diberikan padanya, dan sikapnya yang selalu optimis. Nah, pelajari saja karakter-karakter positifnya. Dengan begitu, kamu gak akan merasa terbebani karena memiliki rekan kerja yang penuh ambisi dan ekspektasi. Justru, kamu juga bisa membangun kariermu dengan caramu sendiri, dan didukung oleh sikap positif yang telah kamu pelajari dari rekanmu itu.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang ambisius dan mempunyai banyak ekspektasi. Jadi, kamu gak perlu lagi merasa khawatir dengan keberadaannya di sekitarmu. Lakukan cara-cara di atas dan tetaplah bekerja sebaik mungkin dengan caramu sendiri. Abaikan saja sikapnya yang sering membuat orang lain merasa kewalahan.

Baca Juga: 5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan Kerja

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya