Comscore Tracker

5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja 

Tetaplah bersikap profesional

Apakah kamu pernah mengalami berbeda pendapat dengan atasan di tempat bekerja? Saat menghadapi hal tersebut rasanya pasti menegangkan. Perbedaan pendapat bisa saja terjadi kepada siapa saja, karena pada intinya setiap orang mempunyai pandangannya masing-masing.

Namun, jika kamu gak bisa berpendapat dengan baik, hal ini tentu bisa memicu selisih pendapat. Seandainya sudah terjadi, ada baiknya kamu segera meluruskannya agar konflik bisa terhindarkan. Hubungan antara atasan dan karyawan di tempat kerja harus selalu terjalin dengan baik, supaya suasana kerja di kantor bisa tetap nyaman.

Ini bukan berarti kamu lebih baik gak berpendapat, lho. Tetaplah berani berpendapat karena itu akan banyak manfaatnya juga untuk kamu. Namun, jika suatu saat kamu berbeda pendapat dengan atasan, cobalah atasi dengan cara elegan berikut ini agar sikap profesional bekerja tetap terjaga dan gak ada hati yang tersinggung.

1. Sebelum berpendapat sebaiknya kamu pertimbangkan situasi dan kondisi 

5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja ilustrasi situasi dan kondisi yang baik (pexels.com/Sora Shimazaki)

Jika kamu ingin menyampaikan pendapat dengan atasan di tempat kerja. Sebaiknya pertimbangkan situasi dan kondisinya. Kamu perlu mencari waktu dan tempat yang tepat, agar saat kamu mengutarakan pendapat tentang sesuatu yang gak setuju dengannya, tetap bisa diterima dengan baik oleh atasan.

Apabila atasan berbeda pendapat denganmu, sebaiknya jangan langsung kamu bantah saat itu juga. Hal ini bukan menandakan bahwa kamu takut, namun untuk meredam emosi negatif yang bisa saja muncul saat itu. Dengan begitu, kamu akan bisa tetap bersikap profesional.

Itulah sebabnya sangat penting untuk mempertimbangkan situasi dan kondisi dengan cara mencari waktu dan tempat yang tepat saat ingin menyampaikan pendapat kepada atasan. Jika semuanya tepat, maka atasan kamu pun akan bereaksi dengan baik saat mendengar pendapatmu, meskipun itu berbeda dengannya.

2. Tetap menunjukkan rasa hormat saat berpendapat 

5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja ilustrasi bersikap sopan (pexels.com/Gustavo Fring)

Hal yang penting untuk kamu lakukan saat menghadapi perbedaan pendapat dengan atasan adalah tetap menunjukkan rasa hormat padanya, seperti bersikap sopan. Menyampaikan pendapat kepada atasan dengan bahasa dan sikap yang sopan adalah sikap bahwa kamu tetap menghormatinya sebagai atasan di tempat kerja.

Saat kamu bisa berbicara dan bersikap sopan, tentunya akan lebih memudahkanmu juga dalam mengungkapkan pendapat. Atasan kamu pun akan merasa dihormati dan dihargai oleh kamu, karena kamu gak berusaha memojokkannya. Hal ini penting karena untuk membangun suasana hangat di antara kamu dan atasan, sehingga pembicaraan akan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!

3. Tanyakan dengan baik apa alasan dari pendapatnya

5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja ilustrasi berbicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Perbedaan pendapat itu adalah suatu hal yang sudah biasa terjadi. Namun, jika perbedaan pendapat tersebut dapat mempengaruhi karier kamu di tempat kerja, maka kamu jangan hanya diam saja. Misalnya, saat ada peraturan baru yang dibuat untuk karyawan di perusahaan. Maka, kamu boleh menanyakan mengenai alasannya.

Jika kamu gak setuju dengan peraturan baru itu, jangan ragu untuk menanyakan alasan diberlakukannya peraturan tersebut. Namun, tetaplah bersikap sopan dan ajukan pertanyaan yang baik, agar gak menyinggung perasaan atasan kamu.

Setelah atasan menjelaskan alasannya padamu, apabila masih ada yang belum terlalu kamu mengerti. Cobalah bertanya kembali secara lebih detail, supaya kamu bisa memahami sudut pandang dari atasanmu. Sehingga, nantinya kalian akan bisa menemukan solusi yang tepat dari perbedaan pendapat yang terjadi.

4. Persiapkan mental kamu 

5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja ilustrasi percakapan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Sebelum menyampaikan pendapat kepada atasan, sebaiknya kamu mempersiapkan mental terlebih dahulu. Ini penting, agar kamu bisa mengendalikan emosi negatif yang nanti muncul. Karena akan selalu ada kemungkinan bahwa atasan kamu gak setuju dengan pendapatmu.

Pada akhirnya, seorang atasanlah yang akan tetap mengambil keputusan akhir. Jika memang kamu berbeda pendapat, jangan takut untuk menyampaikannya. Karena kamu mempunyai hak untuk bersuara. Tapi, jika nantinya atasan tetap mempertahankan pendapatnya, kamu sebagai bawahan harus tetap bisa menerima dan menghormatinya dengan baik.

5. Apa pun yang menjadi keputusan akhirnya, kamu harus tetap menghormatinya

5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Sora Shimazaki)

Jika kamu sudah menyampaikan rasa tidak setuju dengan berpendapat dan sudah menjelaskan alasannya. Namun, atasan tetap gak mengubah keputusannya. Maka, terimalah dan jangan emosi. Tetap hormati keputusan akhir dari atasan kamu.

Ingatlah bahwa dia adalah pimpinan di kantor yang pastinya memiliki kewenangan yang lebih besar daripada kamu. Kamu gak boleh bersikap keras dan memaksa agar pendapatmu diterima dan dijadikan keputusan akhir. Tetaplah bersikap sopan, supaya kamu gak terlihat buruk di mata atasan.

Menghadapi situasi beda pendapat dengan atasan di tempat kerja memang bukan hal yang mudah untuk dilalui. Kamu perlu memiliki sikap yang fleksibel, makanya penting untuk melakukan persiapan mental dan kata-kata yang tepat agar atasan gak merasa tersinggung.

Kelima cara di atas bisa membantumu untuk lebih berani dan bersikap profesional dalam menyampaikan pendapat saat kamu merasa gak setuju dengan keputusan yang dibuat oleh atasan. Tetaplah bersikap dan berkata yang sopan, agar kamu tetap terlihat elegan.

Baca Juga: Wajib Benahi 5 Sikap Ini jika Ingin Jadi Karyawan Panutan di Kantor

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya