Comscore Tracker

5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!

Yuk praktikan, bro!

Selain orangtua, kamu memang sudah sepantasnya bersikap sopan dengan atasan di kantor demi menghormatinya. Seringnya interaksi dengan atasan membuat kamu harus punya kemampuan bersikap sopan yang salah satunya dengan memerhatikan sikap saat bicara.

Berbicara sopan dengan atasan selain dapat membuat kamu terlihat profesional, juga dapat membuat atasan merasa dihargai. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan demi terlihat sopan saat bicara dengan atasan. Mau tahu? Simak di bawah ini!

1. Dengarkan dengan baik setiap apa yang atasan utarakan

5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!ilustrasi bicara (pixabay.com/jamesoladujoye)

Ada sebagian orang yang ternyata sulit untuk mendengarkan daripada berbicara, hal ini sebaiknya tidak dilakukan kepada atasan. Cobalah untuk mendengarkan dengan baik setiap apa yang atasan utarakan.

Selain sebagai salah satu wujud sopan santun terhadapnya, kamu juga dapat memenangkan dengan mudah apa yang ia inginkan. Bisa saja apa yang sedang ia utarakan adalah perintah yang harus kamu lakukan dan menyangkut pekerjaan kamu sendiri.

2. Mampu menangkap maksud dari setiap percakapan 

5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!ilustrasi bicara (pexels.com/fauxels)

Salah satu yang juga menjadi bentuk sopan santun kepada atasan dalam sebuah percakapan ialah ketika kamu mampu menangkap maksud dari apa yang ia katakan. Itu pertanda jika memang kamu memerhatikan setiap apa yang atasan bicarakan.

Hal ini akan sangat membuat atasan senang dan merasa dihargai, pastinya kamu juga akan mempunyai nilai lebih di mata mereka. Namun sebaiknya, jangan hanya sopan santun tersebut kamu lakukan pada atasan saja, pada rekan kerja juga sebaiknya demikian.

3. Jika ingin menjawab pembicaraan atasan, cari waktu di mana dirinya sudah selesai bicara

5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!Ilustrasi pertemanan (pexels.com/nappy)

Ada hal lainnya yang sebaiknya kamu perhatikan betul ketika berbicara dengan atasan yaitu carilah waktu di mana atasan sudah selesai bicara. Mungkin terkesan remeh, namun jika hal ini tidak dilakukan justru akan membuat kamu terlihat tidak sopan kepadanya.

Walau mungkin atasan sendiri begitu lama berbicara, namun tidak ada salahnya kamu bisa sabar menunggunya. Jangan sampai hal ini justru membuat atasan tidak menyukai kamu dan menganggap kamu tidak menghargainya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Introspeksi Diri Saat Gagal dalam Kerja Tim

4. Gunakan kata-kata yang baik dan mudah dimengerti

5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!ilustrasi berbicara (pexels.com/fauxels)

Langkah selanjutnya yang akan membuat kamu terlihat sopan saat berbicara dengan atasan ialah menggunakan kata-kata yang memang mudah dimengerti. Hal ini juga akan membuat kamu terlihat cerdas di mata atasan nantinya.

Secara tidak langsung kamu akan terlihat menguasai apa yang kamu bicarakan, walau dalam hal yang sulit sekalipun. Tidak hanya atasan dapat mengagumi kamu, pastinya ke depannya kamu bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan lebih darinya.

5. Hindari perkataan yang sok tahu dan terlalu menggurui

5 Cara Sopan Bicara dengan Atasan di Kantor, Jangan Asal!ilustrasi bicara (pixabay.com/jmexclusives)

Cara lainnya untuk bisa sopan ketika berbicara dengan atasan kamu di kantor ialah dengan menghindari kata-kata yang terkesan sok tahu hingga menggurui. Sadari jika memang kamu tidak akan terlihat lebih pintar di mata atasan ketika terkesan memaksakan diri.

Justru berbicara apa adanya kepada atasan akan membuat kesan istimewa yang justru terlihat lebih menyentuh dan membuatnya kagum. Cara sopan seperti ini banyak manfaatnya lho, bisa-bisa kamu dengan mudah mendapat kepercayaan lebih darinya.

Berbicara sopan kepada siapa pun memang perlu sekali dibiasakan, apalagi berbicara dengan atasan kamu yang notabene orang yang penting dalam pekerjaan. Yuk, coba terapkan mulai sekarang.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Introspeksi Diri Saat Gagal dalam Kerja Tim

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya