Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Ray

#IWF2021 Mulai menulis dari pengalaman pribadi

Kamu pengin jadi penulis, namun bingung mulai dari mana? Sebelum jadi penulis profesional yang dikenal banyak orang, kamu perlu menghasilkan karya terlebih dahulu. Gak harus buku, caption di media sosial sudah cukup sebagai langkah awal.

Samuel Ray membagikan cara membangun personal branding sebagai penulis pemula di Indonesia Writers Festival 2021 by IDN Times pada Senin (25/10/2021). Bisa jadi inspirasi buat kamu untuk menjadi penulis, langsung ulik selengkapnya berikut ini, yuk!

1. Mulailah dengan menulis topik ringan

IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Raydok, pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh

Sebagai penulis pemula, kamu bisa mulai menulis dari pengalaman pribadimu. Hal ringan yang bisa kamu bagikan untuk banyak orang. Meski bagimu biasa, namun siapa tahu bisa jadi hiburan atau bahkan menginspirasi pembaca.

Selain itu, kamu juga bisa menyoroti sesuai topik yang tengah viral di masyarakat. Asalkan, kamu tetap memerhatikan batasannya supaya tidak ada pihak yang dirugikan atau menimbulkan masalah bagi dirimu sendiri.

2. Karyamu menghibur atau mengedukasi?

IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Rayilustrasi bagahia saat membaca (unsplash.com/priscilladupreez)

Kamu bisa memilih topik tulisan yang akan dipublikasikan. Jika kamu termasuk orang yang humoris, coba tuangkan kalimat lucu dalam tulisanmu. Selain itu, buat tulisan pendek yang ringan, namun tetap seru untuk dibaca.

Buat kamu yang ingin berbagi tulisan mengedukasi dan informatif, cobalah buat kalimat motivasi yang inspiratif. Kamu pun bisa menambahkan hasil riset yang dapat dipertanggungjawabkan. Bikin tulisanmu makin berfaedah, kan?

3. Pilih platform yang sesuai untuk tulisanmu

IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Rayilustrasi media sosial (unsplash.com/ademay)

Tenang saja, jadi penulis gak harus menerbitkan karya cetak, seperti novel atau buku. Apalagi di era digital seperti ini, kamu lebih leluasa menulis di berbagai platform yang sesuai dengan karyamu.

Coba mulai dari Instagram Story, Facebook, dan Twitter untuk tulisan pendekmu. Jika kamu suka tulisan yang lebih panjang, bisa melalui blog pribadi. Selain itu, kamu juga bisa menulis cerpen atau novel digital melalui Wattpad.

Kalau ingin membuat artikel yang berfaedah, bisa menjadi penulis lepas di beberapa media digital, salah satunya menjadi Community Writer di IDN Times Community. Banyak cara menuju kesuksesan, kan?

Baca Juga: IWF 2021: 5 Tips Legit Mengembangkan Karier ala Samuel Ray

4. Tetap konsisten dengan menabung konten

IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Rayilustrasi menulis (unsplash.com/thoughtcatalog)

Kamu sudah mulai menulis, namun berhenti di tengah jalan? Kamu gak harus menyelesaikan tulisanmu saat itu juga. Kamu bisa menulis topik lain yang tengah mengalir di pikiranmu, lalu menyelesaikannya.

Coba tantang dirimu sendiri untuk tetap disiplin dan konsisten menulis. Namun, jangan lupa untuk istirahat dan refreshing, penting untuk mendapatkan ide baru, lho. Kamu juga bisa menabung konten untuk dipublikasikan beberapa waktu ke depan.

5. Temukan warna dan jadi diri sendiri

IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Rayilustrasi fearless be you (unsplash.com/amandagraphc)

Menurut Samuel Ray, tidak semua punya keahlian, namun kita punya cerita. Berawal dari sekadar membagikan pengalaman, kamu sudah menjadi dirimu sendiri. Pasalnya, pengalaman tersebut tidak didapatkan orang lain.

Jika sering menulis, kamu akan menemukan gaya tulisanmu sendiri. Hal tersebut bisa menjadi ciri khas yang bakal disukai oleh pembaca setia karyamu. Kamu pun gak perlu selalu membandingkan karyamu dengan orang lain.

Nah, sekarang sudah gak bingung lagi, kan? Kamu bisa mulai menulis melalui media sosial. Salah satu cara mudah untuk mempublikasikan karyamu dan dibaca banyak orang. Selalu semangat, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2021: 8 Kiat Menulis Skenario Film Box Office ala Gina S. Noer

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya