Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dikuasai jika Ingin Bekerja Jadi HRD di Era Digital

Zaman berkembang, keahlianmu harus meningkat

Digitalisasi telah menerjang manusia di setiap sisi kehidupan, mulai dari kehidupan pribadi sampai profesional. Profesi HRD pun terkena imbasnya. Jika kamu ingin mengambil profesi ini, memahami bagaimana digitalisasi berjalan di perusahaan, tentu jadi keharusan. Toh, hasilnya juga akan positif untuk perusahaan.

Nah, sebelum kamu melamar menjadi bagian personalia di suatu perusahaan, simak dulu hal yang harus dikuasai jika ingin bekerja jadi HRD di era digital. Simak ya agar kamu bisa meningkatkan daya saingmu!

1. Menguasai teknologi

5 Hal yang Harus Dikuasai jika Ingin Bekerja Jadi HRD di Era DigitalPexels.com/Anna Shvets

Teknologi sangat terasa manfaatnya, terlebih di saat pandemik ini. Dunia kerja semakin mengenal sistem absen secara online, rapat via daring, dan sebagainya. Padahal, beberapa waktu lalu, hal semacam ini mungkin saja tidak pernah dilakukan.

HRD harus mempelajari teknologi terkini agar bisa meluncurkan strategi dan solusi paling efisien di mana itu sesuai dengan lingkungan bisnis perusahaan. Jika tidak, mungkin saja kecakapan teknologimu akan terbalap oleh karyawanmu dan kamu semakin tertinggal.

2. Paham media sosial

5 Hal yang Harus Dikuasai jika Ingin Bekerja Jadi HRD di Era DigitalPexels.com/mentatdgt

HRD perlu memahami media sosial agar tahu bagaimana caranya membangun komunikasi dua arah dan menumbuhkan hubungan positif. HRD bisa melakukan screening awal akan kandidat yang melamar dari sini juga.

Memahami sosial media akan memungkinkan HRD untuk mencari talenta terbaik sebelum ia benar-benar membuat pengumuman lowongan kerja. Karenanya, penting memahami sosial media ini.

Baca Juga: Apa Saja yang Dilihat HRD Saat Merekrut Fresh Graduate? Ini Bocorannya

3. Data oriented

5 Hal yang Harus Dikuasai jika Ingin Bekerja Jadi HRD di Era DigitalPexels.com/cottonbro

Data oriented yang dimaksud adalah mampu membuat keputusan analitis, di mana ini didasari oleh data. Siap atau tidak, HRD perlu meningkatkan keterampilan analitis. Gunanya adalah agar kamu memiliki interpretasi data akan tren tertentu dan kemudian membuat pemecahan masalah yang terbaik.

Sebagai contoh, sebut saja untuk mencari jenis bakat yang membuat seseorang menjadi pemimpin sukses. Contoh lainnya adalah untuk memahami waktu yang dibutuhkan pekerja baru agar mencapai produktivitasnya.

4. Mengetahui dunia pemasaran

5 Hal yang Harus Dikuasai jika Ingin Bekerja Jadi HRD di Era DigitalPexels.com/cottonbro

Mungkin, ini terlihat seperti bukan pekerjaanmu. Namun, ketika kamu melakukan perekrutan, kamu akan menyadari betapa brand yang baik akan menarik talenta yang terbaik juga.

Sebagai HRD, kamu bisa melakukan pemasaran rekrutmen yang efektif. Kamu akan memahami bagaimana menjalankannya via beberapa media atau platform yang hasilnya pasti berbeda-beda.

5. Mampu memimpin proses digitalisasi

5 Hal yang Harus Dikuasai jika Ingin Bekerja Jadi HRD di Era DigitalPexels.com/Tima Miroshnichenko

Dewasa ini, digitalisasi organisasi begitu penting. Misalnya saja, bagaimana perusahaan bisa melakukan penilaian kerja tanpa proses manual yang panjang. Atau, bagaimana perusahaan bisa melakukan gerakan go green dengan mengurangi penggunaan kertas. Inisiatif ini tentunya akan dipimpin oleh HRD, bukan?

Gimana pendapatmu tentang hal yang harus dikuasai di atas? Sudah siap? Sudah punya beberapa atau semuanya?

Baca Juga: HRD Gak Suka 7 Sikap Ini Saat Wawancara, Bisa Auto Dicoret!

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya