Comscore Tracker

5 Kebiasaan Unik Fresh Graduate Saat Mulai Bekerja di Perusahaan

#MillennialsBerkarier Kamu pasti pernah ngalamin, nih!

Kamu fresh graduate yang saat ini mulai menapaki dunia baru yakni bekerja, pasti merasakan banyak pengalaman dan hal baru yang belum kamu dapatkan di bangku kuliah. Bertemu para ahli di bidangnya serta merasakan atmosfir lingkungan yang baru.

Menariknya, lingkungan baru ini biasanya memunculkan hal unik dan lucu. Apa aja sih yang biasa dialamin fresh graduate saat sudah memasuki lingkungan kerja? Check it out!

1. Masih malu-malu untuk bergaul dan berbicara bareng rekan kerja lainnya

5 Kebiasaan Unik Fresh Graduate Saat Mulai Bekerja di Perusahaandramabeans.com

Sebagai pegawai baru dan masih fresh graduate, pastinya kamu masih belum mengenal banyak orang di kantor. Sikap malu-malu dan menghormati orang lain di kantor itu wajar kamu lakuin, kok!

Selama kamu bisa menempatkan diri dengan rekan kerja di kantor, hal ini tidak menjadi masalah besar. Tipsnya adalah cobalah untuk mengenal rekan kerja perlahan, sambil mempelajari atmosfir di kantor. Semangat!

2. Mengajak bicara satu rekan kerja yang seumuran dan bisa diajak kompromi

5 Kebiasaan Unik Fresh Graduate Saat Mulai Bekerja di Perusahaandramabeans.com

Terkadang, kamu akan menemukan rekan kerja di kantor yang seumuran atau beda 1 atau 2 tahun. Biasanya, kamu akan mencuri kesempatan untuk mengobrol dan mencari tahu tentang seluk beluk kantor hingga tiap pegawai di kantor.

Karena rekan kerja yang seumuran pasti bisa lebih nyambung dan merasakan hal yang sama. Konon, hal ini perlu kamu lakuin agar kamu dapat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti salah bersikap dan berbicara di depan orang lain. Ayo, gali ilmu sebanyak-banyaknya, ya!

3. Curhat keadaan kantor baru pada sahabat atau orang tua di jam makan siang

5 Kebiasaan Unik Fresh Graduate Saat Mulai Bekerja di Perusahaandramabeans.com

Hari pertama masuk kerja pasti menjadi hari yang paling banyak memiliki cerita. Biasanya, kamu akan menceritakan banyak hal ini kepada orang tua di rumah atau sahabat melalui telepon.

Tak jarang, pegawai baru akan menemukan hal menarik sekaligus mengangetkan. Ungkapan ekspresi biasanya akan kamu utarakan, seperti hari ini kamu mengerjakan apa saja dan bertemu siapa saja. Wah, biasanya heboh, nih!

4. Datang ke kantor terlalu pagi

5 Kebiasaan Unik Fresh Graduate Saat Mulai Bekerja di Perusahaandramabeans.com

Karena kamu ingin terlihat rajin dan tidak mengecewakan atasan, maka kamu memilih untuk datang lebih pagi. Kamu yang takut kesiangan, kamu biasanya mencari transportasi yang lebih cepat, walaupun harus lebih mahal.

Hal ini wajib kamu lakukan di hari pertama masuk kerja, supaya atasan kamu tidak menegur dan kecewa dengan performa kerja kamu. Datang terlalu pagi bukan menjadi masalah, kok!

5. Menjadi seorang yang pendiam ketika makan siang bersama

5 Kebiasaan Unik Fresh Graduate Saat Mulai Bekerja di Perusahaandramabeans.com

Ini, nih yang paling bikin seorang fresh graduate menjadi seorang yang pendiam banget. Di beberapa kantor, jika ada pegawai baru biasanya akan mengadakan makan bersama.

Kamu yang menjadi pegawai baru pasti bersikap malu-malu dan tidak berkata apapun sebelum diajak bicara oleh rekan lainnya. Hal ini wajar kamu lakukan, karena kamu masih belum berani untuk masuk ke dalam pembicaraan rekan lainnya. Tetapi, cobalah untuk bergaul dan mendekatkan diri dengan baik.

Walaupun kamu akan mengalami banyak hal baru di kantor, jangan lupa untuk tetap belajar dan menempatkan diri dengan baik, ya!

Fransisca Stefanie Chandra Photo Verified Writer Fransisca Stefanie Chandra

a dreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You