Comscore Tracker

5 Cara Bijak untuk Menunjukkan Prestasi yang Sudah Kamu Capai

Tentunya tanpa perlu bersikap pamer

Meraih prestasi tentu merupakan hal yang membanggakan bagi pribadi yang meraihnya. Sah-sah saja jika dirimu ingin menunjukkan prestasi yang sudah kamu capai kepada orang lain. 

Namun, menunjukkan prestasi itu sebaiknya dilakukan secara bijak agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Jangan khawatir, ada lima cara untuk menunjukkan prestasimu secara bijak. Yuk kita simak! 

1. Tampilkan apa adanya dan tidak perlu dilebih-lebihkan

5 Cara Bijak untuk Menunjukkan Prestasi yang Sudah Kamu Capaiunsplash.com/Alexis Brown

Sebaiknya dalam menampilkan prestasi yang telah kamu capai, jangan pernah menampilkannya secara berlebihan. Tampilkan prestasimu sesuai keadaan yang sebenarnya dan tidak perlu dilebih-lebihkan.

Ingat, sekali orang lain tahu kalau suka kamu melebih-lebihkan prestasimu melebihi keadaan yang sebenarnya, maka jangan harap kalau orang lain akan menghargai prestasimu dengan tulus. Jadi, jangan lupakan hal penting ini ya! 

2. Menunjukkan prestasi harus didasari niat untuk berbagi dan menginspirasi

5 Cara Bijak untuk Menunjukkan Prestasi yang Sudah Kamu Capaipexels.com/Andrea Piacquadio

Wajar jika ingin menunjukkan kepada orang lain hasil kerja kerasmu yang membuahkan prestasi. Namun, jauh dalam lubuk hati yang terdalam jangan lupakan niat penting yang harus dipelihara, yakni niat untuk berbagi dan menginspirasi. Prestasi yang kamu capai akan semakin bermakna jika dapat menginspirasi lain untuk mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik. 

3. Hindari kata-kata yang bisa bikin orang lain salah paham

5 Cara Bijak untuk Menunjukkan Prestasi yang Sudah Kamu Capaipexels.com/iPrice Group

Saat menunjukkan prestasi pun, ingat untuk menjaga ucapan dan berbicaralah dengan pikiran yang jernih. Jangan malah niat untuk menunjukkan prestasi malah berakibat menjadi hujatan dari orang lain hanya gara-gara ucapan sendiri. Hindari kata-kata yang bisa bikin orang lain salah paham padamu, misalnya kata-kata yang membuatmu terlihat seperti sedang pamer dan menyombongkan diri. 

Baca Juga: 5 Hikmah Positifnya Jika Kamu Berani Jujur dan Jadi Diri Sendiri

4. Hindari sikap berpura-pura merendah hanya untuk menyombongkan diri

5 Cara Bijak untuk Menunjukkan Prestasi yang Sudah Kamu Capaipexels.com/Gustavo Fring

Untuk menjadi bijak memang tak mudah, perlu yang namanya ketulusan dan kesungguhan hati. Jangan pernah menyombongkan prestasi yang kamu raih, walau dengan cara yang halus sekalipun. 

Misalnya saja dengan pura-pura merendah untuk menyombongkan diri. Akan ada orang-orang yang menyadari niatmu yang sebenarnya saat dirimu berpura-pura merendah untuk menyombongkan diri. Jadi, salah satu cara bijak untuk menunjukkan prestasi adalah dengan menghindari sikap tidak terpuji ini. 

5. Sebaiknya, tunjukkan prestasimu sekaligus dengan menetapkan tujuan realistis selanjutnya

5 Cara Bijak untuk Menunjukkan Prestasi yang Sudah Kamu Capaipexels.com/Andrea Piacquadio

Apakah cukup jika hanya sekadar menunjukkan prestasi kepada orang lain? Mungkin setiap orang punya jawaban yang berbeda-beda. Namun, jika kamu ingin terus mengembangkan diri maka janganlah cepat berpuas diri. 

Saat kamu menunjukkan prestasimu kepada orang lain, ingatlah juga untuk menetapkan tujuan realistis selanjutnya. Dengan demikian, menunjukkan prestasi juga menjadi motivasimu untuk terus melangkah. Langkah apa? Ya, langkah yang realistis dan terarah untuk menuju prestasi selanjutnya. 

Jadi, itulah kelima cara bijak untuk menunjukkan prestasi yang sudah kamu capai. Nah, apakah kamu sudah menyiapkan langkahmu untuk menuju prestasi selanjutnya? 

Baca Juga: 5 Dampak Baik Saat Kamu Bisa Menunda Kesenangan Demi Cita-cita 

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya