Comscore Tracker

5 Hal yang Diperhatikan Saat Resign dan Contoh Surat Pengunduran Diri

Ini lho proses saat resign dari kantor yang harus kamu tahu!

Ada saatnya ketika kamu dihadapkan pilihan untuk mengambil keputusan besar dalam berkarier, salah satunya adalah mengundurkan diri atau resign dari perusahaan. Ada bayak hal yang membuatmu memutuskan untuk meninggalkan perusahaan, seperti ingin melanjutkan pendidikan, mendapatkan penawaran kerja baru, ingin membangun bisnis sendiri dan masih banyak lagi. 

Namun pengunduran diri dari pekerjaan bukan hal yang mudah, karena harus melalui banyak proses terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui saat hendak memutuskan resign dari perusahaan serta bagaimana cara menulis surat pengunduran diri yang baik. 

1. Berdiskusi dan sampaikan alasanmu mengundurkan diri pada atasan

5 Hal yang Diperhatikan Saat Resign dan Contoh Surat Pengunduran DiriUnsplash.com/@neonbrand

Orang pertama yang harus kamu beri tahu mengenai rencana pengunduran dirimu adalah supervisor atau atasanmu. Dia berhak mengetahui rencana, alasan dan kapan kamu akan meninggalkan perusahaan karena dialah yang mengetahui bagaimana performa bekerja dan posisimu di perusahaan. 

Jelaskan alasan-alasan mendasar dan logis yang membuatmu memutuskan untuk resign. Di saat seperti ini, atasanmu juga bisa memberikan solusi yang terbaik buatmu untuk dipertimbangkan lagi. Selain itu dengan menyampaikan pada atasan terlebih dahulu, ia pun jadi bisa mempersiapkan segalanya hingga sampai menemukan penggantimu. 

2. Berikan alasan yang logis dan tujuan jelas mengenai pengunduran diri

5 Hal yang Diperhatikan Saat Resign dan Contoh Surat Pengunduran DiriUnsplash.com/@martenbjork

Kamu pastinya memiliki alasan dan tujuan yang kuat saat sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Apa pun alasannya, yang pasti kamu harus menjelaskannya dengan baik dan jelas di dalam surat pengunduran dirimu. 

Selain alasan ada baiknya juga kamu memberikan penjelasan lebih mengenai tujuanmu selanjutnya selepas dari mengundurkan diri. Misalkan kamu akan melanjutkan pendidikan di mana, mendirikan bisnis sendiri, atau karena alasan personal seperti akan membantu orangtua atau menjadi ibu rumah tangga. Hal ini dapat menunjang dan memperkuat alasanmu diterima untuk mengundurkan diri dari perusahaan. 

Baca Juga: 5 Alasan Banyak Orang Ogah Resign Meski Gak Nyaman di Pekerjaan

3. Ikuti aturan waktu pengajuan pengunduran diri di perusahaanmu

5 Hal yang Diperhatikan Saat Resign dan Contoh Surat Pengunduran DiriUnsplash.com/@icons8

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai waktu pengunduran diri. Ada perusahaan yang menerapkan 1 month notice maupun 2 month notice bagi posisi-posisi tertentu. Kamu perlu mengetahui berapa lama waktu pengajuan pengunduran diri di perusahaan tempatmu bekerja. 

Pastikan kamu mengikuti aturan ini dan tidak mengajukan pengunduran diri yang mendadak dan mendesak. Hal ini dikarenakan perusahaan juga membutuhkan waktu untuk mencari pengganti yang akan mengisi posisimu nanti. Selain itu selama masa transisi dengan karyawan baru yang menggantikanmu nanti dibutuhkan waktu untuk handover atau pemindahtanganan tugas-tugasmu.

4. Hal-hal yang diperhatikan saat menulis surat pengunduran diri

5 Hal yang Diperhatikan Saat Resign dan Contoh Surat Pengunduran DiriUnsplash.com/@inlytics

Sama halnya dengan penulisan surat lamaran pekerjaan, menulis surat pengunduran diri pun sebaiknya cukup singkat dan tidak bertele-tele. Dalam menuliskan surat pengunduran diri, kamu juga harus menggunakan bahasa yang sopan serta bernada positif. 

Hal-hal penting yang perlu kamu tuliskan di dalam surat pengunduran dirimu meliputi alasan dan tujuan mengundurkan diri serta kapan kamu akan mengundurkan diri dari perusahaan. 

Ada baiknya juga kamu memberikan ungkapan rasa senang telah bekerja sebagai karyawan dan ucapan terima kasih atas kerja sama dan atas pengalaman bekerja di perusahaan tersebut. 

5. Contoh penulisan surat pengunduran diri 

5 Hal yang Diperhatikan Saat Resign dan Contoh Surat Pengunduran DiriUnsplash.com/@hostreviews

Surabaya, 2 Januari 2021

Kepada
Pimpinan
PT. XXXXX
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: 
Alamat: 
Jabatan: 

Melalui surat ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan XX di perusahaan XX. Terhitung pada tanggal _ /_ /_ bersama dengan karena kontrak yang telah berakhir.

Pengunduran diri ini berdasarkan keinginan saya untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang selanjutnya di luar negeri. Karena, waktu yang ada tidak memungkinkan untuk menempuh pendidikan dan bekerja di waktu yang bersamaan. 

Terkait tugas segala bentuk delegasi tugas dan proses peralihan pekerjaan kepada calon pengganti saya, saya akan bersedia turut membantu hingga masa kerja saya berakhir. 

Sebelum itu, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja saya di sini  yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya memohon maaf untuk segala kesalahan yang mungkin sempat meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu. Semoga perusahaan Bapak/Ibu dapat terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri saya ini yang dibuat dengan kesadaran dan tanpa tekanan dari pihak mana pun.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Hormat saya,

 

(Nama lengkap)

 

Hal penting di atas perlu diperhatikan saat kamu hendak mengajukan surat pengunduran diri beserta contoh suratnya. Pastikan kamu harus mengikuti prosesnya dan juga mempertimbangkan keputusanmu secara matang, ya!

Baca Juga: Biar Gak Nyesel, 7 Pertimbangan Penting Sebelum Resign dari Pekerjaan

Gustavo Kristo Photo Writer Gustavo Kristo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya