Comscore Tracker

5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski Puasa

#RamadanMasaKini Semangat kerja, jangan kendor!

Karena bekerja merupakan salah satu bentuk ibadah, maka kamu perlu memiliki semangat tinggi agar kinerja kamu di kantor bisa tetap maksimal. Meski sedang berpuasa, jangan sampai kamu mengabaikan kewajiban sebagai pegawai dengan tugas-tugas kantor yang menumpuk. Diperlukan tekad dan kesadaran diri yang tinggi agar kamu tetap memiliki kinerja yang cukup baik di kantor.

Beberapa kiat sederhana namun efektif berikut ini bisa kamu jadikan pedoman agar tetap bersemangat bekerja meski sedang dalam keadaan berpuasa.

1. Prioritaskan pekerjaan yang lebih penting dan mendesak

5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski PuasaPixabay.com/rawpixel

Saat bekerja, upayakan untuk memprioritaskan pekerjaan yang paling penting dan mendesak agar bisa lekas diselesaikan. Agar efektif, kamu perlu mengatur jenis-jenis pekerjaan mana yang mendesak dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Selain bisa mencapai tujuan perusahaan secara tepat dan teratur, kamu juga bisa memiliki waktu lebih untuk diri sendiri.

2. Jalin komunikasi efektif dengan atasan dan rekan kerja

5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski PuasaPixabay.com/089photoshootings

Selain memiliki kinerja yang cukup baik, kamu juga perlu menjalin komunikasi efektif dengan atasan dan rekan kerja. Hubungan emosional yang baik antara pegawai dan atasan bisa mempengaruhi kinerja menjadi lebih terarah. Jadi, jalin hubungan yang sehat dengan orang-orang yang berada di lingkungan kantor kamu ya?

Baca Juga: 5 Manfaat Hebat Kultum Saat Istirahat Kerja, Bikin Kuat Puasa

3. Lakukan aktivitas ringan di sela-sela pekerjaan

5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski PuasaInstagram.com/tony.radit

Karena sedang puasa, kamu tentu harus melakukan selingan aktivitas selain kerja untuk menghindari rasa bosan dan kantuk. Rasa kantuk yang berlebih tentu saja akan mengganggu konsentrasi kerja kamu selama berada di kantor. Dengan melakukan aktivitas ringan di sela-sela pekerjaan, kinerja kamu di kantor sudah pasti akan terus mencuat dari hari ke hari.

4. Jangan ngeyel melakukan pekerjaan secara maraton

5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski PuasaPixabay.com/lukasbieri

Meski sedang banyak pekerjaan, jangan terlalu memaksakan diri melakukan kerja secara terus-menerus. Tenaga dan pikiran yang diforsir tanpa henti akan membuat tingkat stres kamu meningkat lebih cepat. Memang sih diperlukan tanggung jawab lebih untuk menyelesaikan pekerjaan, namun kerjakan dengan metode yang efektif tanpa membuat kamu merasa tertekan.

5. Selalu niatkan bahwa kerja merupakan salah satu bentuk ibadah

5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski PuasaPixabay.com/StartupStockPhotos

Nah, ini nih yang paling mendasari mengapa seseorang perlu memiliki kinerja yang cukup baik di kantor. Karena segala kebaikan akan dilipatgandakan saat puasa Ramadan, maka kerja yang kamu lakukan juga akan bernilai ibadah. Kamu tidak akan merasa terpaksa melakukan pekerjaan saat kamu meniatkan kerja sebagai salah satu bentuk dari ibadah.

Jadi mulai sekarang, jangan malas-malasan di kantor dan tetap miliki semangat kerja yang tinggi bagi kemajuan perusahaan ya?

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Dijamin Bikin Nyaman di Kerja Bareng, Kamu?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You