Comscore Tracker

5 Alasan Menjadi Penulis Adalah Salah Satu Pekerjaan Terbaik

Bangga, dong!

Apakah kamu seorang penulis? Jika iya, bersyukurlah kamu memiliki satu bakat spesial yang gak dimiliki semua orang.

Buat sebagian orang, menulis adalah suatu kegiatan yang menjemukan atau sulit dikerjakan. Sedangkan bagimu, aktivitas tersebut adalah sesuatu yang menyenangkan dan bisa membuat ketagihan. Kenapa bisa begitu?

1. Menjadi penulis bisa menginspirasi banyak orang

5 Alasan Menjadi Penulis Adalah Salah Satu Pekerjaan Terbaikilustrasi toko buku (unsplash.com/Pauline Loroy)

Entah kamu seorang jurnalis, penulis novel, atau content writer, yang pasti tujuannya sama, yakni biar dibaca banyak orang. Secara gak langsung, karyamu tersebut akan menginspirasi mereka.

Banyak pembaca yang hidupnya berubah menjadi lebih baik setelah membaca sebuah novel, biografi, artikel, atau tulisan lainnya. Jadi, banggalah menjadi seorang penulis dan tetaplah menulis.

2. Semakin banyak menulis, kepekaanmu akan semakin terasah

5 Alasan Menjadi Penulis Adalah Salah Satu Pekerjaan Terbaikilustrasi cewek ngobrol (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Untuk menjadi seorang penulis dibutuhkan kepekaan yang tinggi. Kamu harus bisa membaca situasi sekitar atau momentum agar bisa menghasilkan karya baru.

Gak hanya tentang saat ini, beberapa penulis juga mampu menggali masa lalu dalam menciptakan tulisannya. Tentunya kegiatan tersebut juga dibarengi dengan riset yang lama dan mendalam.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepas

3. Menulis bisa menjadi terapi untuk diri sendiri

5 Alasan Menjadi Penulis Adalah Salah Satu Pekerjaan Terbaikilustrasi cewek menulis(unsplash.com/Melanie Deziel)

Selain dapat menginspirasi orang lain, menulis juga bisa menjadi media penyembuhan diri. Saat dirundung kesedihan atau kegelisahan, tuliskan saja apa-apa yang ada di dalam pikiranmu jika gak ada orang yang bisa diajak bebagi.

Setelah mengeluarkan uneg-uneg itu, barangkali hatimu akan menjadi lebih lega. Selain itu, pikiranmu mungkin juga akan menjadi lebih enteng karena sebagian bebanmu telah keluar menjadi tulisan.

4. Kamu adalah seorang yang teliti dan sabar

5 Alasan Menjadi Penulis Adalah Salah Satu Pekerjaan Terbaikilustrasi cowok menulis (unsplash.com/ConvertKit)

Ya, penulis adalah seorang yang teliti, sabar, dan hati-hati. Karena, karya yang bagus gak datang dari ketergesa-gesaan.

Meski sudah jadi, kamu harus berulang kali mengecek tulisanmu untuk mengetahui bagian mana yang kurang atau keliru. Misalnya terkait tata bahasa, tanda baca, sumber referensi, dan sebagainya.

5. Kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus mengumpulkan pundi-pundi uang 

5 Alasan Menjadi Penulis Adalah Salah Satu Pekerjaan Terbaikilustrasi menulis (unsplash.com/Stanley Dai)

Menulis merupakan salah satu hobi yang bisa dibarengi dengan profesi. Sehingga bukan hanya kepuasan batin, materi pun bisa kamu dapatkan lewat kegiatan satu ini. 

Terlebih saat ini banyak platform yang dapat menjadi sarana dalam menciptakan karya sekaligus uang, misalnya IDN Times Community. Kamu pun bisa membukukan tulisanmu agar semakin menghasilkan dan dikenal banyak orang.

Jadi buat kamu yang sedang menggeluti bidang ini, tetaplah menulis jika memang nyaman melakoninya. Kamu pun bisa mencoba jenis tulisan lain untuk mengetahui mana yang paling cocok dengan karaktermu. Keep writing!

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Berkarier sebagai Penulis, Harus Berani Eksplorasi

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya