Comscore Tracker

5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!

Fokus tentang masa depan, bukan bicara prestasi masa lalu

Wawancara kerja bukan lagi tahapan asing yang harus dihadapi oleh para pelamar kerja. Di tahap ini, interviewer pun lebih bisa mengenal lebih jauh seperti apa kandidat yang ingin bekerja di perusahaannya.

Mungkin kelihatannya mudah, kamu hanya tinggal menjawab pertanyaan yang diberikan oleh interviewer. Namun, itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Sebab peluang seseorang bisa diterima bekerja salah satunya diukur dari bagaimana ia saat menjalani wawancara.

Beberapa hal masih luput dari perhatian para job seeker kala menjalani wawancara yang berdampak pada tidak lolosnya mereka untuk bekerja di perusahaan yang dilamar. Sebelum melakukan interview kerja, pastikan kamu sudah mempersiapkan lima hal ini agar negosiasimu berjalan lancar.

1. Fokus untuk menyampaikan apa yang bisa kamu lakukan di masa depan

5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!ilustrasi interview kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Kandidat yang menarik perhatian interviewer adalah mereka yang bisa membicarakan isi kepalanya dengan lugas. Maksudnya, mereka bisa bercerita tentang apa yang ingin ia lakukan di masa depan dan apa saja yang ingin dicapai.

Hindari untuk terlalu banyak menceritakan apa yang sudah dilakukan dan pencapaian apa saja yang sudah dilakukan sebelumnya. Sebab, semua itu sudah ada di CV yang kamu ajukan. Ingatlah, jika "cerita" tentang masa depan lebih penting daripada harus "mengenang" masa lalu.

2. Pelajari bahasa bilingual

5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!ilustrasi cv (pexels.com/cottonbro)

Menurut Ahmad Ramdani Salim, dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Bakrie, bilingual di sini bukan berarti kamu harus menguasai bahasa asing dengan sangat baik. Aspek bahasa bilingual yang dimaksud adalah bagaimana kamu bisa memberikan jawaban interview sesuai dengan posisi atau bidang yang kamu lamar.

Misalnya, kamu adalah sarjana lulusan Ilmu Komunikasi dan ingin melamar di suatu perusahaan media. Saat interview, jangan hanya perihal komunikasi saja yang kamu jelaskan kepada interviewer, tapi juga seputar media, seperti bagaimana cara kerja media, bisnis media, kovergensi yang dialami media saat ini, dan masih banyak lagi.

Jika kamu bisa melakukan hal tersebut, daya tarik interviewer untuk merekrutmu akan semakin besar. Di mata mereka, kamu langsung menjadi sorotan dan menarik perhatian, lho.

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

3. Fokus pada peluang, bukan uang

5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!ilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Apakah kamu merupakan orang yang perhitungan, apalagi soal gaji? Jika iya, maka dari sekarang mulailah untuk mengesampingkan masalah tersebut dahulu.

Hal yang harus kamu ingat saat bernegosiasi dalam interview kerja adalah uang bukan segalanya. Kamu harus fokus pada peluang yang ada dan kesampingkan dulu masalah uang. Jika peluang tersebut sudah kamu dapatkan, maka uang pun akan mengikuti.

Jika selama interview kamu hanya bicara soal uang dan terus menimbang-nimbang jobdesk dengan gaji yang akan didapat, bukan tidak mungkin jika interviewer akan merasakan hal tersebut. Jika kamu hanya berorientasi pada uang, mungkin kamu akan jadi kandidat ke sekian untuk bisa mendapatkan peluang lolos bekerja lebih besar.

4. Perhatikan jenis perusahaan atau institusi apa yang akan mewawancaraimu

5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!ilustrasi suasana kantor (pexels.com/Negative Space)

Sebelum mulai melakukan interview, pastikan kamu sudah mempelajari tipe perusahaan atau institusi apa yang akan mewawancarimu. Sebab, masing-masing perusahaan punya gaya dan lingkungan kerja yang berbeda-beda.

Contohnya adalah kamu ingin melakukan wawancara di perusahaan besar atau multinasional. Pastikan kamu percaya diri dan punya motivasi yang tinggi untuk bekerja di sana.

Selain itu, posisikan juga dirimu untuk selalu siap belajar. Sampaikan juga mimpi atau apa yang ingin kamu capai di masa depan. Dengan begitu, perusahaan tersebut akan lebih tertarik untuk merekrutmu karena sesuai dengan gaya institusi mereka.

5. Pahami apa yang diinginkan interviewer

5 Tips Sukses Negosiasi saat Interview Kerja, Job Seeker Wajib Tahu!ilustrasi interview kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Interviewer selalu punya standar tersendiri tentang kandidat mana yang seharusnya mereka pilih dan tidak. Mereka biasanya menetapkan keinginan yang telah disesuaikan dari sejumlah aspek, seperti jobdesk, bidang pekerjaan, hingga posisi apa yang kamu lamar.

Kamu bisa membaca keinginan interviewer saat wawancara dilaksanakan. Dengan kamu bisa memahami apa yang diinginkan interviewer, maka akan semakin mudah juga untukmu memberikan jawaban seperti yang diharapkan. Kemampuan ini sudah bisa kamu pelajari dan dapatkan ketika mengikuti organisasi, baik itu di dalam maupun luar kampus saat kamu masih kuliah, lho.

Wawancara kerja adalah salah satu bagian dari negosiasi. Di sinilah tempat bertemunya calon pekerja dan interviewer untuk saling tawar menawar. Maka dari itu, jangan sia-silakan kesempatan interview kerjamu dan persiapkan lima hal di atas agar peluang untuk lolos kerja bisa lebih besar. Semangat!

Baca Juga: 5 Tantangan Fresh Graduate Memulai Karier di Dunia Kerja

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya