Comscore Tracker

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! 

Bisa kerja di instansi pemerintah juga lho

Jakarta, IDN Times - Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, setiap orang tentu berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan menjanjikan. Meski begitu, ada beberapa bidang keilmuan yang prospek kerjanya dinilai sedikit dan jarang bila dibandingkan jurusan lainnya. Salah satunya adalah agribisnis.

Agribisnis merupakan salah satu bentuk usaha yang berfokus di sektor pertanian dan peternakan, terutama dalam hal penyediaan pangan.

IDN Times telah merangkum 10 prospek kerja agribisnis yang dikutip dari berbagai sumber. Yuk, disimak!

Baca Juga: Startup Agribisnis Dorong Produktifitas dan Kesejahteraan Petani

1. Tenaga pendidik

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Ilustrasi pengajar (pexels.com/fauxels)

Prospek kerja yang pertama adalah tenaga pendidik atau dosen. Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus menempuh pendidikan strata 2 (S2) bahkan S3 lebih dulu.

Selain itu, kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menyampaikan materi di depan kelas dengan baik. Kamu juga harus mempublikasikan karya tulis ilmiah dan hasil penelitianmu secara teratur.

Berprofesi sebagai dosen, kamu akan diberi gaji dan tunjangan sertifikasi lain yang nominalnya bisa mencapai belasan juta rupiah. Rata-rata gaji yang diperoleh dosen sekitar Rp5 juta per bulan.

Baca Juga: Uni Eropa Promosikan Produk Makanan-Minuman Hasil Pertanian di Indonesia

2. Peneliti

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Ilustrasi peneliti (Pexels.com/Edward Jenner)

Prospek kerja lain yang dapat digeluti jurusan agribisnis, yaitu peneliti. Hasil penelitian yang kamu buat nantinya, bisa dijadikan inspirasi atau acuan yang berguna untuk kemajuan ilmu pengetahuan di sektor pertanian.

Gaji yang didapatkan seorang peneliti pun ada di angka yang lumayan tinggi. Kisarannya di angka Rp7 juta per bulan. 

3. Pionir LSM

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Kementan resmi membuka Pelatihan Petani dan Penyuluhan serta pengukuhan 2.000 Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan (DPM/DPA) di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Ciawi, Jawa Barat, Jumat (6/8/2021). (Dok. Kementan)

Selanjutnya, seorang sarjana agribisnis bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Tugasnya memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai ilmu agribisnis untuk memajukan sektor pertanian atau peternakan Indonesia.

Kamu juga dapat melihat langsung proses yang dilalui oleh para petani maupun peternak, mendengar permasalahan yang mereka alami, dan memberi solusi atas permasalahan yang dihadapi secara langsung. Seorang pionir LSM bisa mendapatkan gaji rata-rata Rp5 juta per bulan.

4. Pengusaha

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Ilustrasi pengusaha (pexels.com/@rodnae-prod)

Prospek karier yang keempat, yaitu pengusaha atau entrepreneur. Berbekal ilmu dan keahlian yang dimiliki, kamu bisa membuka usaha di bidang agribisnis. Namun, untuk bisa menjadi pengusaha sukses, kamu harus pintar melihat peluang usaha yang dijalankan.

Tak ada nominal pasti mengenai penghasilan yang didapat seorang pengusaha. Besar kecilnya penghasilan yang didapat bergantung pada omzet usaha yang ditekuni.

Baca Juga: Tak Melulu Bertani, Ini 5 Fakta Bahwa Jurusan Agribisnis Tak Bisa Dianggap Remeh

5. Instansi pemerintah

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memanen buah kakao di Desa Puudambu, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Sabtu (2/11/2019). (ANTARA FOTO/Jojon)

Lulusan agribisnis juga dapat bekerja sebagai pegawai negeri (PNS) di instansi pemerintah. Kamu bisa bekerja di Dinas Pertanian, Kementerian Pertanian, atau meniti karier di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan berkontribusi mengedukasi masyarakat luas mengenai cara kelola pertanian, perkebunan, serta ladang.

Gaji yang akan diperoleh bila kamu menjadi PNS di instansi pemerintah tentu bervariasi tergantung tingkatan posisimu. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh pegawai pemerintah, yaitu senilai Rp4,5 juta sebulan dan belum termasuk tunjangan.

6. Pedagang komoditas baru

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Pexels

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Kamu bisa coba menghasilkan dan memperkenalkan komoditas pertanian baru yang mungkin bisa diekspor atau dimanfaatkan di dalam negeri.

Penghasilan yang didapat sebagai pedagang komoditas baru, sama halnya dengan menjadi seorang pengusaha. Tidak ada nominal pasti untuk pendapatannya.

7. Konsultan pertanian

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Ilustrasi Konsultan (pexels.com/Antoni Shkraba)

Peluang karier lain bagi seorang lulusan agribisnis, yaitu menjadi konsultan pertanian. Nantinya, kamu akan berbagi ilmu seputar industri pertanian dan memberikan solusi atau saran mengenai pertanian kepada masyarakat.

Konsultan pertanian dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kemampuan analisis yang akurat, serta mampu membimbing sumber daya manusia di bidang pertanian tentang pengelolaan dan perencanaan keuangan. Karenanya, konsultan pertanian bisa menerima pendapatan sebesar Rp6 juta sebulan.

8. Konsultan perusahaan agribisnis

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! pexels.com/Startup Stock Photos

Siapa sangka ada banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis? Hal ini membuat peluang karier lulusan agribisnis semakin terbuka lebar.

Kamu bisa melamar pekerjaan di perusahaan dengan bidang komoditi atau agribisnis. Nantinya, kamu bisa bekerja sebagai konsultan di perusahaan tersebut. Kisaran gaji yang diterima, yaitu sekitar Rp6 juta per bulan.

9. Penulis

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! pixabay.com/Free-Photos

Jika kamu memiliki minat dalam hal tulis-menulis, kamu bisa menjadi seorang penulis di bidang agribisnis. Kamu bisa mencoba menulis artikel, tutorial, dan hal lainnya tentang agribisnis.

Di era digital ini, kamu bisa menjadi seorang blogger dan mendapatkan banyak penghasilan hanya dari tulisan yang kamu buat. Semakin banyak orang yang membaca tulisanmu, maka semakin banyak pula uang yang akan kamu dapat.

10. Supplier sayur dan buah organik

10 Prospek Kerja Jurusan Agribisnis, Peluangnya Menjanjikan! Ilustasii sayur dan buah (pexels.com/Manuel Joseph)

Saat ini, banyak masayarakat yang mulai menjadikan konsumsi sayur dan buah organik sebagai gaya hidup baru. Sebagai sarjana Agribisnis, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menjadi penyuplai sayur dan buah oraganik.

Supplier sayur dan buah organik biasanya dibutuhkan oleh restoran besar, hotel, ataupun usaha perorangan yang berkonsep makanan organik. Pendapatan yang bisa diperoleh dengan menjadi supplier sayur dan buah organik tergantung besar kecilnya omzet yang didapat.

Itulah 10 prospek kerja jurusan agribisnis. Kamu yang sedang menuntut ilmu di bidang ini, tidak perlu berkecil hati. Banyak sekali bidang yang dapat kamu geluti kelak.

Baca Juga: 5 Manfaat Kerja Paruh Waktu bagi Mahasiswa, Dapat Ilmu dan Uang Jajan

Topic:

  • Anata Siregar
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya