Comscore Tracker

Secangkir Semangat Dorong 20 Sociopreneur Indonesia Wujudkan Mimpinya 

Mereka memulainya dari Secangkir Semangat nih!

Menurut data yang dikeluarkan BPS pada tahun 2017, angka penduduk di Indonesia yang tergolong generasi milenial ada 33%. Fakta lain menunjukkan bahwa milenial sekarang lebih tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur. Berangkat dari fakta tersebut Gerakan Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu yang diprakarsai oleh Kapal Api yang bekerja sama dengan BEKRAF hadir di tengah generasi milenial. Untuk tahu selengkapnya, keep scrolling ya!

1. 20 Finalis sisihkan ribuan proposal yang terdaftar

Secangkir Semangat Dorong 20 Sociopreneur Indonesia Wujudkan Mimpinya IDN Times/Kapal Api

Gerakan Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu sendiri merupakan wadah untuk anak muda yang mempunyai ide dan semangat sociopreneur sehingga dapat menyalurkan aspirasinya. Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu saat ini telah melewati tahap penjurian 20 finalis dengan konsep sociopreneurship terbaik. Finalis yang terpilih merupakan para sociopreneur yang sudah berhasil menyisihkan 5.000 proposal yang telah terdaftar melalui www.secangkirsemangat.id hingga 30 September 2018.

“Kapal Api akan menyediakan wadah bagi anak muda agar berani membuat nyata tujuannya lewat mentoring sepanjang program, mulai dari peningkatan kapasitas pengetahuan dan  keterampilan, hingga mampu membuat protoype yang siap dipresentasikan kepada juri. Di akhir periode program bulan Februari 2019 mendatang, peserta dengan nilai kompetitif terbaik akan ditetapkan sebagai pemenang “ ujar Group Brand Manager Kapal Api, Johnway Suwarsono.

2. Melibatkan praktisi di bidang sociopreneur yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya

Secangkir Semangat Dorong 20 Sociopreneur Indonesia Wujudkan Mimpinya IDN Times/Kapal Api

Untuk dapat membentuk sociopreneur yang kuat baik dari segi bisnis maupun dalam memberikan dampak positif bagi berbagai aspek sosial, Kapal Api menyadari generasi milenial tidak bisa dibiarkan begitu saja dalam membentuk jalannya. Untuk itu, lewat program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu juga sekaligus mengajak para praktisi untuk menjadi mentor bagi para finalis yang lolos seleksi.

Seleksi oleh para mentor ini dilakukan secara ketat. Di antara para mentor yang ikut terlibat di dalam program ini adalah Helga Angelina, pendiri Burgreens, Iwet Ramadhan, pendiri JKT Creative, Leonard Theosabrata, pendiri Indoestri Makerspace dan puluhan mentor lainnya. Kalau mentornya seperti mereka, kualitas sociopreneur-nya nggak perlu diragukan lagi kan?

3. Manfaatkan kearifan lokal sebagai ide bisnis

Secangkir Semangat Dorong 20 Sociopreneur Indonesia Wujudkan Mimpinya Shutterstock/khafidmukriyanto

Salah satu fokus para sociopreneur adalah untuk memberikan dampak positif secara keberlanjutan untuk masyarakat maupun lingkungannya. Sehingga banyak dari ide bisnis yang dimiliki oleh para sociopreneur ini berasal dari kearifan lokal yang ada di sekitarnya. Hal ini juga diungkapkan oleh Johnway dalam salah satu kesempatan,

“Kami sangat senang terhadap kualitas proposal yang masuk. Sebagian besar beranjak pada problem sosial yang mereka alami dan solusi yang mereka tawarkan sebagai ide bisnis pun berangkat dari kearifan lokal.”

4. Tidak hanya bisinis, para finalis juga bertekad untuk melakukan pemberdayaan masyarakat

Secangkir Semangat Dorong 20 Sociopreneur Indonesia Wujudkan Mimpinya IDN Times/Kapal Api

Semangat sociopreneur yang dibawa para finalis ini juga tercermin pada ide bisnis yang mereka bawa nih, guys. Salah satu ide bisnis yang banyak menuai pujian dari para juri adalah Elven Aprilnico. Anak muda kelahiran 1996 ini punya mimpi besar, yaitu mendirikan sebuah coffee shop. Eits, tapi nggak sembarang coffee shop, kedai kopi yang akan didirikan oleh Elven ini akan mempekerjakan para mantan narapidana.

“Ingin memanusiakan manusia adalah misi saya,“ ujar Elven Aprilnico. Keren

5. Para Finalis yang lolos masih harus menjalani tahap penjurian

Secangkir Semangat Dorong 20 Sociopreneur Indonesia Wujudkan Mimpinya IDN Times/Kapal Api

Kapal Api membuktikan komitmen yang besar dalam meluncurkan program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu untuk menghasilkan lebih banyak lagi sociopreneur di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya serangkaian kegiatan, yaitu Networking Day, Appreanticeship, Workshop Sociopreneur, Campus Talk hingga Prototype Mentoring.

Namun, perjuangan 20 finalis yang sudah lolos dari tahap penyisihan ini belum berakhir walaupun sudah mengalahkan 5.000 proposal lainnya. Para finalis masih harus melalui tahap penjurian akhir di mana mereka akan mempresentasikan gagasan usahanya masing-masing di hadapan para juri di antaranya Yoris Sebastian dan Veronika Colondam.

Buat kamu yang penasaran dengan ide bisnis dari 20 finalis yang berhasil lolos ke tahap penjurian ini, kamu bisa langsung melihatnya di website www.secangkirsemangat.id. Untuk 3 besar finalis akan mendapatkan hadiah dari Kapal Api berupa modal bisnis hingga Rp. 250 juta rupiah. Dan terus update informasi selanjutnya di IDN Times ya!

Topic:

  • Anindya Roswita Putri
  • Anastasia Desire

Just For You