Comscore Tracker

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerah

Awas ketagihan

Liaison officer atau LO merupakan profesi yang bertugas sebagai penengah antara lembaga atau acara dengan tamu undangan atau peserta. Di setiap event, mulai dari lomba debat tingkat nasional sampai konverensi antar negara pasti liaison officer tidak pernah luput dari daftar kepanitiaan dan menjadi bagian terpenting.

Tidak semua orang bisa menjadi seorang liaison officer, karena ada kualifikasi tersendiri mengingat seberapa penting tugasnya. Tapi, kalau kamu tertarik jadi liaison officer, ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dan pelajari untuk mempersiapkan diri. Apa saja itu?

1. Bertemu orang baru, bisa menambah daftar relasi

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerahpexels.com/Rebrand Cities

Tidak jarang, para pendaftar volunteer di suatu acara memilih jadi liaison officer karena ingin mendapat kenalan baru, terutama dengan tamu undangan. Yup, itu sudah pasti. Karena tugas liaison officer sendiri bak manajer si tamu udangan atau peserta kegiatan, yang notabene adalah orang penting. Kamu bisa melaksanakan tugas sembari mengakrabkan diri di kesempatan itu. Siapa tahu, di suatu kesempatan lain dia bisa memberimu pertolongan.

2. Bertemu orang baru, menambah pengalaman baru pula

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerahpexels.com/Tirachard Kumtanom

Beruntungnya, kalau kamu jadi liaison officer untuk orang yang sama sekali berbeda asal daerah atau kebudayaan denganmu, selain menambah pengalaman baru lewat serangkaian jadwal acara, di sela-sela itu kamu juga bisa mengobrol ringan seputar asal negara si tamu undangan, bagaimana kehidupan di sana, bagaiman dia bisa menjadi orang sukses, lalu meminta tips dan trik-nya. Dengan begitu, kamu bisa mendapat pengetahuan baru yang akan berguna untuk dirimu suatu hari nanti.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerahpexels.com/rawpixel.com

Ini sih, sudah pasti. Karena tugas liaison officer mengharuskan mereka berhadapan dengan orang penting. Kamu musti selalu tampil percaya diri dengan senyum dan kepala tegak saat menyampaikan sesuatu kepada si tamu undangan.

Yakinkan pada diri sendiri, kamu bisa menjadi pendamping si tamu undangan dengan baik selama acara berlangsung. Disadari atau tidak, selain menunjukan kamu kompeten, kamu juga turut mencerminkan citra baik atas nama panitia, acara yang diselenggarakan, juga asal daerah sendiri.

Baca Juga: 6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkan

4. Public speaking dan kemampuan komunikasi kamu akan terasah

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin CerahUnsplash.com/@productschool

Liaison offiser juga bagai informan untuk si tamu undangan. Komunikasi bermain penting dalam keberlangsungan tugasnya agar tidak terjadi miss. Kamu pasti akan sering ditanya ini itu, baik terkait acara yang tengah dijalani maupun tentang hal lain selama bertugas, tak jarang kamu juga dimintai pendapat dan memutuskan sesuatu. Dan kamu juga pasti sebisa mungkin akan menjawabnya dengan bahasa yang sopan dan jelas supaya gak malu-maluin, kan. Sudah pasti, selain rasa percaya diri yang akan terbangun, kemampuan berbicara di depan orang penting pun akan terasah.

5. Melatih kedisiplinan & lebih menghargai waktu

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerahbp-guide.id

Ketika liaison officer harus menjemput si tamu undangan menuju tempat acara, tentu gak boleh datang telat barang 10 menit pun. Mereka harus stay lebih awal bagaimana pun caranya. Karena bagi si tamu undangan, waktu adalah sesuatu yang mereka perhatikan. Nah, di sini lah pentingnya menerapkan kedisiplinan dan lebih menghargai waktu yang ada.

6. Daya ingat & pemahaman akan semakin baik

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerahpexels.com/bruce mars

Karena liaison officer adalah jembatan antara pihak penyelenggara acara dan si tamu undangan, dalam briefing-nya pasti diminta untuk memahami seputar acara yang berlangsung dan jadwal si tamu undangan. Tuntutan ini lah yang mengharuskan kamu untuk jadi cekatan dan tidak pelupa. Bakal malu-maluin kan, kalau ditanya "berapa peserta yang tidak bisa datang konverensi?" saja kamu sampai gak tahu jawabannya.

7. Citra diri positif akan terbentuk

7 Keuntungan Jadi LO (Liaison Officer) yang Bikin Kariermu Makin Cerahpixabay.com/Free-Photos

Karena berhadapan dengan orang penting dan mengharuskan kamu tampil dengan baik, di saat itu kamu juga sekaligus tengah berusaha membentuk citra diri yang positif, karena liaison officer memegang peranan penting dalam sebuah acara terkait dengan para tamu undangan.

Nah, itu lah beberapa manfaat yang bakal kamu dapatkan dari menjadi seorang liaison officer. Psst... katanya bikin ketagihan lho. Hati-hati, ya.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggi

Langgeng Irma Salugiasih Photo Community Writer Langgeng Irma Salugiasih

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You