Comscore Tracker

5 Masalah jika Kamu Sulit Bersosialisasi dengan Rekan Kerja!

Pernah mengalami atau tidak? #IDNTimesLife

Kehidupan pekerjaan memang menjadi aspek hidup yang lumayan mendominasi hidupmu. Bagaimana tidak? Setiap hari kamu harus bekerja dari pagi hingga sore hari. Belum lagi kalau lembur. Sehingga aspek hidup yang penting adalah pekerjaan dan karier. Saat sudah masuk usia kerja, kamu bisa memilih untuk jadi pengusaha atau karyawan kantoran.

Nah, saat menjadi karyawan kantoran, pastinya kamu akan bertemu dan bersosialisasi dengan banyak rekan dari divisi lain atau divisi sendiri. Tapi, jika kamu adalah orang yang sulit bersosialisasi maka lima hal ini akan terjadi, lho.

1. Kesannya seperti selalu sendiri 

5 Masalah jika Kamu Sulit Bersosialisasi dengan Rekan Kerja!Ilustrasi bekerja (pixabay.com/iAmMrRob)

Pernah lihat atau pernah merasakan saat ada orang yang selalu sendirian ke mana-mana? Padahal, saat jam istirahat banyak orang yang berkumpul dan memiliki kumpulannya masing-masing. Pastinya hal ini akan terasa aneh bagi yang tak bisa bersosialisasi dan pandangan orang sekitar.

Sedangkan dalam kehidupan kantor, kamu tidak bisa selamanya mengandalkan diri sendiri. Ada saatnya pasti akan meminta bantuan orang lain. Jika tidak bersosialisasi, pastinya sungkan dan malah akan menghambat pekerjaan. 

2. Jadi bahan omongan orang

5 Masalah jika Kamu Sulit Bersosialisasi dengan Rekan Kerja!Ilustrasi orang bergosip (pixabay.com/448271)

Orang-orang di sekitar pasti juga akan membicarakan orang yang tak pandai bersosialisasi ini. Apalagi, rekan kerja itu sangat suka sekali membahas segala macam topik. Jika demikian, pastinya orang yang tidak mudah bersosialisasi ini akan tambah terbenani. Secara manusiawi, siapa sih yang suka dibicarakan?

Maka dari itu setidaknya ngobrol basa-basi dengan rekan kerja itu diperkirakan. Jangan hanya sibuk dengan dunia sendiri, sehingga tak sadar jadi terkucilkan dalam dunia nyata. 

Baca Juga: 5 Tips agar Disegani Rekan Kerja di Kantor, Kamu Harus Tahu!

3. Dijauhi oleh lingkungan sekitar 

5 Masalah jika Kamu Sulit Bersosialisasi dengan Rekan Kerja!Ilustrasi orang kesusahan (pixabay.com/tortugadatacorp)

Jika sudah bekerja, jangan harap orang akan menyambut kamu dan membimbing kamu layaknya guru les kepada muridnya. Dirimulah yang harus mendekatkan diri kepada orang lain. Karena ibaratnya, dirimu adalah orang luar yang bergabung kepada sebuah komunitas yang sudah ada. 

Otomatis dirimu yang harus permisi dan izin masuk ke dalam lingkungan itu. Jika tidak, maka orang akan menjauhi dirimu karena dianggap aneh, antisosial, dan sombong. Pastinya tidak mau dong dicap demikian?

4. Tidak nyaman saat melakukan pekerjaan 

5 Masalah jika Kamu Sulit Bersosialisasi dengan Rekan Kerja!Ilustrasi pekerjaan di kantor (pixabay.com/andreas160578)

Tidak dapat bersosialisasi dengan rekan kerja juga bisa berpengaruh terhadap kinerja kamu sendiri. Orang itu harus merasa nyaman dengan apa yang dikerjakannya. Jangan sampai malah merasa kesulitan bersosialisasi namun juga punya beban kerja yang tinggi. 

Alhasil, resign akan terpikir olehmu. Namun sebelum itu terjadi, cobalah untuk bergaul dengan sekitar. Karena mau pindah kerja ke mana pun, pasti dirimu dituntut harus bisa bersosialisasi. 

5. Jadi bahan penilaian untuk pengangkatan jabatan

5 Masalah jika Kamu Sulit Bersosialisasi dengan Rekan Kerja!Ilustrasi kontrak kerja (pixabay.com/delphinmedia)

Jangan salah, tidak selalu hasil kerja yang dijadikan bahan penilaian atasan ketika ingin mengangkat kamu. Namun, attitude dan kemampuan bersosialisasi dengan sekitar juga diperlukan. Inilah pentingnya self branding kepada orang lain. Supaya kamu itu memiliki kesan yang baik di mata semua rekan kerja.

Karena pastinya atasan tidak akan bertanya kepada dirimu bagaimana sikap dan karaktermu. Pasti atasan akan bertanya kepada orang-orang sekitar. Maka, yuk mulai sekarang sapa dulu orang lain. Supaya mereka menganggap kamu ramah.

So, sudah tahu kan pentingnya bisa bersosialisasi di sebuah perusahaan? Tidak peduli betapa pintarnya kamu, namun kalau bersikap antisosial, pasti akan dijauhi oleh lingkungan sekitar. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Batasan dengan Rekan Kerja, Mental Jadi Terjaga!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya