Comscore Tracker

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Bisa dijadikan ide sumber penghasilan tambahan sehari-hari

Apakah ada di antara kalian yang hobi menulis? Bagi sebagian orang, menulis adalah salah satu cara untuk menuangkan emosi dalam sebuah rangkaian kata.

Namun ada juga loh, orang-orang yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan mereka. Di era digital seperti ini, tulisan-tulisan kamu juga bisa jadi diberi bayaran yang mahal oleh pihak tertentu.

Kira-kira tulisan seperti apa sih yang biasa dicari dan dapat memperoleh bayaran dari orang lain? Untuk yang belum tahu, simak tulisan berikut ini, ya.

1. Copywriting

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan Uangpekerjaan seorang copywriting (pexels.com/RODNAE Productions)

Copywriting adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk atau jasa. Tulisan ini memang cenderung bersifat lebih santai, namun tetap menarik dan enak untuk dibaca.

Biasanya, beberapa perusahaan besar juga mencari orang-orang yang memang memiliki kemampuan sebagai copywriter. Tidak jarang tulisanmu bisa mendapat bayaran yang cukup fantastis.

2. Cerpen dan novel

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan Uangmenulis buku cerita (unsplash.com/Nong V)

Cerita pendek (cerpen) adalah salah satu bentuk tulisan yang juga bisa menghasilkan uang. Sekarang ada banyak platform digital yang menerima tulisan-tulisan berbentuk cerpen. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan di waktu senggang atau bersifat freelance.

Cara lainnya adalah dengan mengemas tulisanmu menjadi sebuah buku cerita atau novel. Tulisan itu bisa coba kamu kirimkan ke badan penerbitan. Apabila lolos, kamu bisa mendapatkan royalti atas hasil penjualan bukumu tersebut. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghasilkan Uang ala Millenial, Apakah Kamu Sudah Tahu?

3. Tulisan berita

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan Uangmembuat catatan materi pelajaran (pexels.com/SHVETS production)

Menulis artikel berita juga bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan. Ada banyak platform media berita yang menerima penulis berita lepas. Salah satunya adalah IDN Times ini.

Di era yang serba digital seperti ini, kamu tidak perlu turun langsung untuk meliput suatu kejadian. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan internet sebagai bahan untuk menulis berita. Tapi pastikan bahwa informasi yang kamu ambil itu bukan hoaks, ya.

4. Tulisan ilmiah populer

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan UangMenulis artikel populer (pexels.com/Tony Schnagl)

Bagi kamu yang lebih menyenangi hal-hal yang sifatnya lebih serius, kamu juga bisa membuat sebuah tulisan ilmiah populer. Topik yang bisa diambil untuk tulisan jenis ini sangatlah luas, karena bisa disesuaikan dengan keahlian kamu. Contohnya, kamu bisa menulis artikel kesehatan, ilmu keuangan, sains hingga fakta-fakta sejarah yang unik.

Karena sifatnya yang lebih "ilmiah", kamu tentu harus melakukan pencarian referensi terlebih dahulu sebelum mulai menulis. Setelah selesai, tulisan itu bisa kamu muat ke beberapa media digital yang memang menerima tulisan berjenis ilmiah populer.

5. Tulisan terjemahan

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan Uangtulisan dalam bahasa asing (pixabay.com/MorningbirdPhoto)

Jasa penerjemah juga menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing juga bisa mencoba untuk membuat terjemahan karya tulisan. Biasanya, upah dari jasa penerjemah bisa dihitung per artikel ataupun sesuai jumlah katanya.

Terkadang ketika kita menerjemahkan dengan mesin penerjemah otomatis, makna kalimat terjemahannya menjadi kurang sesuai dengan naskah asli. Maka dari iu, sebuah tulisan terjemahan bisa saja dibayar cukup mahal, bergantung dari tingkat kesulitannya.

6. Rangkuman materi pelajaran

6 Ragam Karya Tulis yang Berpotensi Menghasilkan Uangmencatat materi pelajaran (unsplash.com/Scott Graham)

Ide tulisan satu ini juga sangat cocok bagi kamu yang senang membuat catatan materi selama sekolah atau kuliah. Tulisan itu bisa kamu jual ke teman-temanmu yang memerlukan, ataupun diunggah ke sebuah laman web yang memang menjual rangkuman materi pelajaran. Nantinya, tulisanmu ini bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan.

Rangkuman materi yang hanya berisi kata-kata saja mungkin akan terasa sangat membosankan. Jadi untuk membuat rangkuman materimu lebih menarik, kamu bisa memadukan beberapa warna ataupun gambar ke dalam tulisanmu. Kamu juga bisa menggunakan teknik hand-lettering untuk membuat tulisan yang indah dilihat.

Siapa bilang menulis hanya bisa menjadi sekadar hobi? Selain untuk mengisi senggang, tulisanmu juga bisa memberikan penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan. Semoga ide-ide ini bisa membantu bagi kamu yang sedang mencari penghasilan tambahan!

Baca Juga: Plagiarisme: Kesalahan Tak Termaafkan dalam Karya Tulis

Leonaldo Lukito Photo Verified Writer Leonaldo Lukito

Interested in Health and Medicine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya