Comscore Tracker

Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaan

Kamu mungkin cinta kantor, tapi kantormu gimana sama kamu?

Pekerjaan adalah salah satu hal yang penting. Lagipula, siapa orang di dunia ini yang tidak butuh pekerjaan? Jangankan kita, mereka yang sudah kaya pun masih harus bekerja setiap hari.

Pekerjaan memang penting, karena tanpa pekerjaan kita tidak akan pernah bisa hidup dengan layak. Seperti yang dilansir dari cnbc.com, namun tidak peduli sepenting apa sebuah pekerjaan, kamu tidak boleh bekerja berlebihan atau bahkan merelakan segalanya demi pekerjaan termasuk mengorbankan 5 hal penting dibawah ini!

1. Waktu tidur

Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaanunsplash.com/Kinga Cichewicz

Sometimes later become never. Banyak orang hobi sekali menunda pekerjaannya. Alhasil ketika waktu deadline tiba, pekerjaan kita masih menumpuk. Sebagai gantinya, kita terpaksa membajak beberapa jam waktu tidur kita untuk bekerja.

Jika kejadian seperti ini hanya terjadi sekali sih tidak masalah, paling-paling besoknya kamu bangun kesiangan. Tapi jika setiap hari begadang, jam tidur kamu akan berantakan dan berakhir dengan insomnia akut.

2. Keluarga

Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaanunsplash.com/Nathan Anderson

Bekerja membuat kita terpaksa mengorbankan hampir seluruh waktu kita. Tapi sesibuk apa pun, kamu tidak boleh mengorbankan waktu kamu bersama keluarga terutama orang tua. Kalau dari Senin sampai Sabtu kamu bekerja, setidaknya gunakan hari minggu kamu untuk berkumpul dengan keluarga.

Kalau kamu tinggal jauh dari orang tua, setidaknya gunakan waktu luang kamu setiap malam untuk menelepon mereka beberapa menit. Mungkin waktu beberapa menit tidak terlalu lama, tapi percaya deh itu sudah cukup membuat orang tua kamu merasa tenang karena tahu anaknya baik-baik saja.

3. Kesehatan

Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaanunsplash.com/Rex Pickar

Bukan hanya tidur yang harus kamu jaga, tapi juga pola hidup secara keseluruhan. Jangan sampai pekerjaan membuat kamu lupa makan dan olahraga. Memang bekerja itu penting, tapi kalau akhirnya kamu sakit gara-gara kebanyakan bekerja, kamu sendiri yang akan kerepotan. Pekerjaan kamu akan makin menggunung, dan setelah sehat kamu terpaksa bekerja lebih keras lagi untuk menyelesaikan semuanya.

Baca Juga: Saatnya Investasi Pengalaman, Ini 7 Pekerjaan Freelance buat Mahasiswa

4. Mental

Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaanunsplash.com/Dmitry Schemelev

Selama bekerja, bukan hanya kesehatan fisik yang harus kamu jaga tapi juga kesehatan mental. Jangan salah, meski kamu punya pekerjaan, dan uang yang cukup, tidak berarti kamu bisa terbebas dari depresi. Beban pekerjaan dan tekanan deadline tidak jarang membuat kita merasa stres dan jenuh.

Jika dibiarkan, lama-lama stres ini akan berubah jadi depresi. Satu-satunya cara untuk menghindari depresi adalah dengan membuat hidupmu seimbang. Oke kamu harus bekerja, tapi jangan lupa ambil cuti dan melakukan kegiatan yang kamu suka misalnya pergi liburan, melakukan hobi, atau hangout bersama teman-teman.

5. Impian

Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaanunsplash.com/Marius Ciocirlan

Setiap orang punya pekerjaan impiannya atau paling tidak apa yang ingin mereka capai besok atau sepuluh tahun ke depan. Tapi ketika sudah bekerja, dan mendapatkan uang, lambat laun mereka melupakannya. Tentu bekerja itu penting, tapi jika kamu memiliki impian lain yang ingin dicapai, maka kamu tidak boleh menyerah begitu saja.

Selain pekerjaan, lima hal di atas juga jadi prioritas utama yang harus kamu perhatikan. Kelihatannya sepele sih, tapi percaya deh tidak akan ada gunanya jika kamu bekerja keras dan punya uang banyak tapi kehilangan salah satu dari lima hal penting di atas.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pekerjaan, Gak Baik Lho!

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You