Comscore Tracker

Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahaya

Akan ada banyak dampak buruk yang melanda

Salah satu kebiasaan yang pasti pernah atau malah sering dilakukan oleh setiap orang adalah menunda aktivitas. Kebiasaan ini tanpa sadar dilakukan salah satunya  karena dorongan motivasi yang berkurang. Padahal kebiasaan tersebut membawa dampak yang buruk. 

Kenyataannya dampak buruk tersebut bisa membahayakan diri loh. Berikut alasan mengapa menunda pekerjaan itu bisa membahayakan, simak baik-baik ya. 

1. Membuang waktu berharga

Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahayailustrasi malam bekerja (pexels.com/Anastasiya Vragova)

Keinginan semua orang adalah bisa produktif dalam segala hal. Melakukan aktivitas dengan teratur tanpa ada gangguan. Tapi gara-gara rasa malas yang dituruti maka yang ada dampak buruk mengenai. 

Membuang-buang waktu berharga akan berisiko terhadap keefektifan aktivitas. Alih-alih dapat memanfaatkan waktu dengan baik malah bisa menghambat aktivitas karena kebiasaan menunda ini. 

2. Memicu stres berlebih

Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahayailustrasi pria stres (pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Stres bisa diakibatkan oleh tekanan pikiran. Setiap orang pasti ingin menghindarinya. Stres membuat siapa saja yang mengalaminya merasakan gejolak emosi negatif. Dan salah satu penyebab stres yang bisa dideteksi adalah suka menunda-nunda pekerjaan. 

Mengapa begitu? Karena saat seseorang memilih untuk menunda satu pekerjaan makan ia akan mengulur waktunya. Hingga kebiasaan mengulur waktu ini bertabrakan dengan pekerjaan lain. Pekerjaan yang menumpuk ini akan memicu rasa malas berlebih sampai ke tingkat stres karena bingung mau mulai menyelesaikan pekerjaan yang mana. 

Baca Juga: Yuk Intip, 5 Cara Efektif untuk Berhenti Menunda Pekerjaan! 

3. Menurunkan kualitas pekerjaan

Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahayailustrasi pria dengan laptop (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak asing lagi dampak buruk yang satu ini. Akibat dari suka menunda pekerjaan adalah menurunkan kualitas pekerjaan. Sebab waktu yang digunakan semakin sedikit. 

Pekerjaan jadi kurang maksimal jadinya. Padahal jika pekerjaan di kerjakan pada saat itu juga, waktu mengerjakannya akan panjang dan bisa optimal saat mengerjakan. Inilah dampak buruk yang membahayakan. 

4. Masa depan tidak cemerlang

Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahayailustrasi pria duduk (pixels.com/MART PRODUCTION)

Kebiasaan buruk akan berakibat buruk di kemudian hari. Akibat yang di rasakan mungkin bisa jangka pendek maupun panjang. Yang mana kebanyakan orang tidak bisa menyadari bahwa ia sedang mempersiapkan hal buruk di kemudian hari. 

Waktu yang seharusnya bisa digunakan dengan bijak malah tidak dilakukan demikian. Bahaya sekali jika terus-menerus dilakukan tanpa kendali. Yang ada masa depan yang indah tergantikan dengan masa depan yang tidak cemerlang. 

5. Terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan

Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahayailustrasi pria bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menunda suatu pekerjaan sama saja mengalihkan diri dari kewajiban. Hal wajib memang harus segera dikerjakan. Butuh motivasi untuk bisa mengerjakannya secara cepat dan tepat. 

Jika tidak segera dikerjakan dan malah terus ditunda maka akan semakin menumpuk pekerjaan wajib lainnya. Tanpa sadar waktu semakin berjalan dan mempersempit kesempatan untuk mengerjakan. Akibatnya dalam penyelesaiannya seseorang yang suka menunda akan terburu-buru dalam menyelesaikannya. 

Kebiasaan menunda pekerjaan akan banyak bahaya yang menimpa bagi yang melakukan. Dari kelima alasan bahaya di atas, masih mau terus merawat kebiasaan buruk tersebut?

Baca Juga: 6 Tips Hadapi Teman Satu Tim yang Hobi Menunda-nunda Pekerjaan

Maftukhatul Azizah Photo Verified Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya