Comscore Tracker

Walau Sepele, 5 Etika Karyawan Baru Ini Wajib Diketahui Fresh Graduate

Beri kesan pertama yang baik, ya

Bekerja di tempat yang baru awalnya akan selalu menegangkan, karena kita belum tahu lingkungan seperti apa yang akan dihadapi. Sangat dibutuhkan kemampuan beradaptasi yang tepat, agar kita bisa menempatkan diri dengan benar di lingkungan kerja tersebut.

Bagi para fresh graduate, masuk ke lingkungan pekerjaan seakan masuk ke arena pertandingan. Walaupun banyak juga yang bersemangat dengan pekerjaan pertama, tapi tentu saja para fresh graduate sangat membutuhkan arahan yang tepat, agar mampu bertahan di lingkungan kerja yang baru.

1. Datang 30 menit lebih awal

Walau Sepele, 5 Etika Karyawan Baru Ini Wajib Diketahui Fresh Graduateilustrasi jangan terlambat (freepik.com/drobotdean)

Walaupun terbiasa dengan budaya ngaret, kita harus banget menghilangkan kebiasaan ini saat mulai bekerja. Mulai ubah menjadi kebiasaan baik dengan bangun lebih pagi dan tiba di kantor 30 menit lebih awal. Hal ini bisa membuat pikiran lebih fokus dan kita tidak akan terburu-buru.

Tiba 30 menit lebih awal akan memberikan kita lebih banyak waktu untuk mempersiapkan materi pekerjaan dan segala printilan kerja. Kita juga bisa memperbaiki penampilan agar lebih rapih dan menarik. Untuk perempuan sangat disarankan untuk tiba lebih cepat agar bisa makeup atau touch up di kantor.

2. Menanyakan job description

Walau Sepele, 5 Etika Karyawan Baru Ini Wajib Diketahui Fresh Graduateilustrasi bekerja di kantor (pexels.com/Kindel Media)

Setiap karyawan baru biasanya akan langsung diberi tahu job description yang harus dilakukan. Namun, ada juga perusahaan yang langsung menaruh karyawan baru di lapangan tanpa memberi aba-aba dan arahan.

Dalam hal ini kita harus lebih inisiatif menanyakan kepada atasan atau bagian personalia, agar tidak seperti anak hilang di lingkungan yang baru. Setelah mengetahui dengan pasti apa saja yang menjadi job description, kita harus mengingat dengan teliti setiap tugas yang harus kita lakukan.

Kita juga harus mempelajari job description tersebut dengan sejelas-jelasnya. Jangan malu untuk bertanya kalau ada yang tidak dimengerti. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Fresh Graduate saat Melamar Kerja, Hindari!

3. Inisiatif menawarkan bantuan

Walau Sepele, 5 Etika Karyawan Baru Ini Wajib Diketahui Fresh Graduateilustrasi memberi bantuan teman kantor (pexels.com/cottonbro)

Tak bisa dipungkiri sebagai karyawan baru, kemungkinan besar kita akan dimintai bantuan untuk mengerjakan hal yang diluar job description yang kita miliki. Walaupun agak melenceng, tapi sebagai anak baru kita harus bersedia jika dimintai bantuan asalkan tidak mengganggu pekerjaan kita.

Akan lebih baik jika kita berinisiatif untuk menawarkan bantuan jika pekerjaan kita sudah selesai. Dengan begini, rekan kerja kita akan merasa lebih nyaman dan juga lebih dekat dengan kita. Namun, selalu ingat untuk melakukan pekerjaanmu terlebih dahulu sebelum menawarkan bantuan, ya.

4. Selalu supel dan murah senyum

Walau Sepele, 5 Etika Karyawan Baru Ini Wajib Diketahui Fresh Graduateilustrasi para karyawan yang tersenyum (pexels.com/fauxels)

Walaupun kamu tipe orang yang lebih suka menyendiri, mencari teman baru di lingkungan kerja yang baru akan membantu pekerjaanmu lebih mudah kedepannya. Berusahalah untuk jadi supel dan mudah berteman. Selalu tebarkan senyum termanis, agar rekan kerja merasa nyaman dengan kehadiranmu.

Dalam dunia kerja, punya banyak rekan dan relasi adalah salah satu aset yang berharga. Jadi semakin supel kamu, maka akan semakin banyak teman dan semakin luas pula relasi kamu dalam bekerja. Jadi, jangan lupa tersenyum!

5. Jangan langsung memilih kubu pertemanan

Walau Sepele, 5 Etika Karyawan Baru Ini Wajib Diketahui Fresh Graduateilustrasi para pekerja kantoran (pexels.com/fauxels)

Inilah satu hal yang sangat penting namun sering dianggap remeh. Saat baru mulai bekerja, jangan langsung memilih kubu atau kelompok pertemanan. Usahakan kamu bergaul dengan semua orang dan jangan pernah terlibat dengan politik kantor.

Kamu harus pintar memilih rekan dan kelompok pertemanan mana yang akan membawa dampak positif untukmu. Selalu ingat bahwa tujuan utama kamu adalah bekerja, fokuslah pada hal tersebut. 

Sebagai karyawan baru, hal yang terpenting adalah kamu tahu membawa diri dan menempatkan diri dengan baik. Kamu juga harus fokus pada pekerjaan sesuai dengan job description yang ada. Semangat!

Baca Juga: 8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impian

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya