Comscore Tracker

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impian

Switch process Fresh Graduate ke Job Hunter tidaklah mudah

Mengawali karier memang membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang, terlebih untuk para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Terkadang banyak fresh graduate yang patah semangat karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu yang beragam. Switch process dari student menjadi employee tak jarang menemui tantangan atau kendala yang mau tidak mau harus dihadapi.

Simak 8 tips berikut yang bisa mendekatkanmu dengan karier impian

1. Tulis berbagai pengalaman yang kamu miliki dalam resume 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi sedang mengetik (unsplash.com)

Tingkatkan kepercayaan diri dengan menuliskan beragam pengalaman yang kamu punya. Walaupun kamu nol pengalaman kerja, tunjukkan keaktifanmu di bidang lain seperti kegiatan magang, organisasi, ataupun freelance yang kamu kerjakan. Setidaknya hal ini dapat membuatmu 'berbeda' dari kandidat lain, dan diingat oleh rekruter sehingga akan banyak topik yang dibahas saat interview karena kelebihan yang kamu punya.

2. Pahami diri sendiri dan ketahui arah hidupmu 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi seorang mahasiswi (unsplash.com)

Mulai sekarang kamu pun harus lebih memahami apa yang menjadi nilai penting dalam hidupmu. Tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan ditanyakan ketika interview. Kelebihan dan kekurangan dirimu, serta prinsip yang kamu pegang dalam hidup untuk mengetahui sejauh mana kesamaan individu dengan nilai perusahaan.

Kedua, untuk bisa meraih suatu role dalam pekerjaan poin penting yang kamu harus tahu jawabannya adalah pertanyaan, “What do you want to do?”. Jawaban dari pertanyaan ini akan memperlihatkan kandidat mana yang memang siap dengan jabatan tersebut di suatu perusahaan.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Mengatur Keuangan untuk Fresh Graduate, Wajib Tahu! 

3. Pelajari kembali karya tulis yang pernah kamu buat  

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi seorang wanita (unsplash.com)

Meskipun sering disepelekan, nyatanya karya tulis atau penelitian yang pernah kamu kerjakan dapat menjadi salah satu tangga yang mengantarkanmu menuju pekerjaan impian. Untuk dapat mengenal kamu lebih dalam, rekruter akan berusaha menggali cara berpikirmu melalui karya yang pernah kamu buat.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik selama kamu masih mengingat detail dari penelitianmu. Inilah alasan mengapa kamu tidak boleh melupakan setiap progres yang telah kamu capai!

4. Ubah mindset dan upgrade kualitas diri sebagai seorang profesional 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi sedang diskusi (unsplash.com)

Alasan mengapa perusahaan cenderung mensyaratkan pengalaman kerja tidak lain adalah karena profesionalitas yang mereka punya. Image fresh graduate yang dikenal kurang disiplin dan tidak bisa mengerjakan berdasar deadline membuat user lebih mempercayakan orang yang telah memiliki pengalaman bekerja.

Oleh karena itu, mulai saat ini belajarlah untuk mengubah mindset menjadi seorang yang profesional. Dari time management, cara kamu berkomunikasi dengan relasi, hingga ketepatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

5. Terkadang pekerjaan memang tidak sesuai dengan jurusan 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi sedang mengetik (unsplash.com)

Dalam beberapa kasus, pekerjaan yang sedang dijalani bisa jadi berbeda dengan jurusan yang sebelumnya dipelajari. Mulai saat ini kamu harus belajar untuk look beyond your degree dan membuka segala peluang yang ada. Tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan lebih berkembang dengan karier yang berbeda dengan jurusan sebelumnya. Perlu diketahui bahwa, gelar hanya akan mengantarmu di meja interview, untuk career path kamu lah sendiri yang menentukan.

6. Jangan pernah puas dalam bekerja 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi diskusi (unsplash.com)

Sebagai seorang fresh graduate, walaupun mungkin kamu bisa mengerjakan setiap tugas yang diberikan atasan tetap ingat dan tanamkan rasa ingin tahu yang besar. Jangan takut untuk menanyakan dan belajar mengenai apa yang sedang kamu kerjakan. Semakin paham kamu dengan role yang kamu kerjakan akan mengantarmu ke kesempatan yang lebih besar.

7. Melakukan kesalahan adalah hal yang normal 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi diskusi (unsplash.com)

Kesalahan saat bekerja terkadang memang lumrah terjadi. Namun, hal yang terpenting adalah tentang bagaimana kamu bisa cepat memperbaiki kinerja.

Kritik dari atasan ataupun rekan kerja baiknya kamu jadikan sebagai masukan yang berharga untuk meningkatkan kualitas diri. Bukan sebaliknya yang hanya menjadi beban dan memperburuk performamu saja. Ingatlah bahwa setiap hal hebat dimulai dari kesalahan.

8. Perbanyak koneksi dan bandingkan posisi serupa di tempat lain 

8 Tips untuk Fresh Graduate dalam Meraih Karier Impianilustrasi menambah koneksi (unsplash.com)

Untuk semakin mendalami role yang kamu kerjakan, sebagai seorang fresh graduate ada baiknya untuk memperbanyak koneksi. Manfaatkan platform yang ada dan tambahkan koneksi dari perusahaan lain. Dengan begitu kamu bisa melihat deskripsi dan apa tugas yang mereka kerjakan. Setelah itu bisa kamu jadikan bahan referensi untuk meraih achievement di tempat kamu bekerja. Keuntungan jangka panjangnya tentu bisa meningkatkan skill dan menjadi bahan investasi masa depanmu.

Untuk mengawali karier memang tidaklah semudah bayangan orang. Ambil setiap kesempatan tanpa memedulikan komentar dari sekitar, dan fokus lah dengan pengembangan diri. Karena kamu sendiri yang menentukan bagaimana masa depanmu.

Baca Juga: 7 Tips Fresh Graduate Bertahan Hidup di Tengah Pandemi, Semangat!  

Sugar Photo Verified Writer Sugar

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya