Comscore Tracker

5 Cara Agar Tidak Malas Berolahraga, Jangan Keterusan Mager!

Asli capek atau semangatnya mulai kendur?

Niatmu bisa rutin olahraga biar tubuh sehat. Apalagi mengingat pekerjaanmu kurang gerak dan kamu sering sulit mengontrol pola makan. Memang penting banget tuh, buat mengimbanginya dengan berolahraga.

Namun, bagaimana bila rasa malas menyerang? Apakah kamu harus memaksakan diri buat olahraga sesuai jadwal atau mending libur dulu? Supaya dirimu gak balik mager lagi, lakukan lima hal berikut ini agar tidak malas olahraga lagi. Semoga semangatmu lekas kembali!

1. Istirahat dulu, mungkin kamu kecapekan dan lagi gak fit

5 Cara Agar Tidak Malas Berolahraga, Jangan Keterusan Mager!ilustrasi kelelahan (pexels.com/Tim Samuel)

Berolahraga memang akan membuat badan terasa bugar. Dengan catatan, kamu berolahraga dengan kondisi tubuh yang sehat. Akan tetapi jika dirimu sudah kelelahan bahkan ada gejala sakit, mending istirahat dulu.

Jangan memaksakan diri buat tetap berolahraga. Apalagi olahraga yang berat. Nanti kamu malah pingsan atau jadi sakit betulan. Tidak berolahraga berat selama 1 atau 2 hari gak akan berakibat buruk, kok. Nanti jika kondisi tubuhmu sudah segar lagi, kamu pasti kembali bersemangat untuk olahraga.

2. Ganti olahraga dengan aktivitas fisik di sekitar rumah

5 Cara Agar Tidak Malas Berolahraga, Jangan Keterusan Mager!ilustrasi mengepel (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kalau kamu biasa lari sekian kilometer atau pergi ke pusat kebugaran, tidak melakukannya mungkin akan membuatmu merasa bersalah. Padahal, ketika kamu benar-benar malas atau kurang fit seperti dalam poin pertama, masih ada hal lain yang bisa dilakukan.

Kamu tidak perlu berolahraga yang berat. Terpenting dirimu gak berhenti total dari aktivitas fisik. Kamu dapat membersihkan rumah setelah bangun tidur atau pergi berbelanja ke pasar terdekat dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Olahraga Rutin 30 Menit Redakan Depresi? Ini Faktanya!

3. Ganti suasana dengan piknik tipis-tipis sambil olahraga

5 Cara Agar Tidak Malas Berolahraga, Jangan Keterusan Mager!ilustrasi olahraga di pantai (pexels.com/Serg Alesenko)

Barangkali kamu cuma bosan dengan suasana di tempat olahraga. Begitu teringat hari ini jadwalmu berolahraga, kamu sudah langsung malas. Cobalah menyamarkan kegiatan olahraga dengan piknik ke tempat-tempat yang disukai.

Seperti dalam ilustrasi, kamu bisa pergi ke pantai di akhir pekan. Lalu ketimbang hanya duduk-duduk di tepi pantai atau rebahan sambil berjemur dari pagi sampai jelang siang, dirimu dapat yoga sebentar. Suasana yang berbeda dan udara segar akan memulihkan semangatmu dalam berolahraga.

4. Cari teman buat olahraga bareng

5 Cara Agar Tidak Malas Berolahraga, Jangan Keterusan Mager!ilustrasi olahraga bareng (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Terutama buat kamu yang baru mulai membiasakan diri berolahraga. Sering kali rasa malas membuatmu ingin berhenti saja dan kembali ke kebiasaan mager. Jangan menyerah, kayaknya kamu cuma butuh teman berolahraga, nih.

Kalau ada teman, dia bisa mengingatkanmu untuk disiplin berolahraga. Bahkan tanpa temanmu perlu cerewet, kamu bisa malu jika sering absen olahraga. Berawal dari jaim, lama-lama olahraga pun menjadi kebiasaan baikmu.

5. Ingat tujuan utamamu berolahraga

5 Cara Agar Tidak Malas Berolahraga, Jangan Keterusan Mager!ilustrasi mengingat tujuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua yang kamu lakukan harus punya tujuan yang jelas supaya dirimu gak mudah berhenti. Tetapkan tujuan berolahraga yang amat penting buat kamu sendiri. Misalnya, hasil cek lab terakhir menunjukkan kadar gula darah dan kolesterolmu cukup tinggi.

Selain memperbaiki pola makan, kamu juga harus mulai rutin berolahraga. Garis bawahi PR-mu itu. Tentu kamu tahu risikonya apabila tidak mau segera memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat.

Rasa malas berolahraga dapat ditoleransi apabila kamu tengah terlalu lelah oleh kegiatan lain atau sedang kurang sehat. Namun di luar itu, dirimu wajib melawan diri sendiri agar tidak malas berolahraga. Kalau dituruti terus menerus, kamu akan kembali mager dan akan buruk buat kesehatanmu ke depannya. Ayo, olahraga lagi!

Baca Juga: Peringatan Hari Olahraga Nasional, Apa Saja Manfaat Rutin Olahraga?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya