Comscore Tracker

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja Lepas

Jangan terjebak kemalasan!

Menjadi pekerja lepas atau freelancer menarik minat makin banyak orang karena dirasa lebih fleksibel. Namun sebenarnya, menjadi pekerja lepas juga punya tantangan tersendiri. Apalagi jika ingin sukses murni sebagai pekerja lepas. Kamu harus bisa menaklukkan tantangan-tantangan berikut ini:

1. Menemukan proyek jangka panjang 

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja LepasUnsplash.com/unsplash

Proyek jangka panjang adalah pekerjaan-pekerjaan besar yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Meski waktu pengerjaannya lama, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, pendapatan yang akan kamu dapat dari proyek ini juga besar dan sangat memengaruhi kariermu.

2. Menemukan proyek jangka pendek 

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja LepasUnsplash.com/tranmautritam

Berkebalikan dengan proyek jangka panjang, proyek jangka pendek adalah pekerjaan-pekerjaan yang lebih mudah dilakukan sehingga waktu pengerjaannya cepat. Sekalipun penghasilannya tidak sebesar proyek jangka panjang, kerutinannya penting untuk memastikan kamu tetap berpenghasilan selagi proyek jangka panjangmu belum selesai atau menghasilkan.

3. Mengelola keuangan 

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja LepasUnsplash.com/seteph

Menjadi pekerja lepas memang lekat dengan penghasilan yang tidak menentu. Tidak apa-apa. Poin utamanya adalah memastikan kamu tetap berpenghasilan dan cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

Jadi selain menemukan proyek jangka panjang dan pendek, kamu harus pintar mengelola keuangan. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang dan jangan berfoya-foya saat pendapatan sedang tinggi.

Baca Juga: Ada Baiknya Memahami 5 Hal Ini Sebelum Fokus Jadi Freelancer

4. Menghadapi omongan orang yang tak mengenakkan 

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja LepasUnsplash.com/perloov

Masih banyak orang yang mengartikan bekerja sebagai pergi ke kantor setiap hari dari jam sekian sampai jam sekian. Sementara pekerja lepas mungkin akan terlihat kurang jelas kegiatannya. Ini bisa menimbulkan omongan yang tak mengenakkan dari orang-orang di sekitarmu.

Pun penghasilan yang tak menentu mungkin akan membuatmu makin diremehkan. Yang harus kamu ingat, jangan buang-buang waktu dan energimu untuk meladeni mereka. Jelaskan secukupnya tentang pekerjaanmu, selebihnya terserah mereka bagaimana akan mengelola informasi itu. Tugas utamamu adalah bekerja dengan baik.

5. Mendisiplinkan diri sendiri 

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja LepasUnsplash.com/mann_pantoja

Menjadi pekerja lepas memang lebih fleksibel. Tetapi jangan malah terjebak dalam kemalasan. Keberhasilanmu sangat ditentukan oleh kedisiplinanmu. Tidak ada peraturan yang mengikatmu sehingga kamu harus punya aturan main sendiri yang jelas tentang bagaimana kamu akan menjalani hari-harimu dan mengatur pekerjaanmu.

6. Menyiapkan tabungan ekstra 

6 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi sebagai Pekerja LepasUnsplash.com/paige_cody

Ya, menjadi pekerja lepas memang dituntut untuk lebih mandiri. Termasuk dalam mempersiapkan hari tua setelah kamu tak lagi seproduktif sekarang dan bila kamu sakit. Selain giat bekerja, kamu juga harus memastikan sebagian pendapatanmu ditabung.

Makin banyak tabunganmu, kamu akan merasa lebih tenang. Bila sudah mencukupi, sebagian bisa kamu gunakan untuk berinvestasi yang aman agar pemasukanmu bertambah.

Semua pekerjaan memang memiliki tantangan masing-masing. Asal sudah diniati, semuanya akan terasa lebih mudah kok.

Baca Juga: Buat Para Freelancer, Ini 5 Rahasia Membagi Waktu agar Gak Keteteran!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya