Comscore Tracker

Simpel, Tunjukkan Dukunganmu pada Orang yang WFH dengan 5 Cara Ini 

#IDNTimesLife Gak sama dengan libur, lho!

Bersama dengan pandemik Covid-19, bekerja dari rumah menjadi lebih familier. Padahal, dari dahulu pun sebenarnya sudah ada orang yang sehari-harinya bekerja dari rumah. Ke depan, meski pandemik sudah berakhir, bekerja dari rumah mungkin akan menjadi pilihan yang makin diminati.

Namun gak bisa dimungkiri, bekerja dari rumah juga banyak tantangannya. Terutama kalau keluarga belum terbiasa dengan cara kerja seperti ini. Nah, kalau di rumahmu juga ada yang lagi WFH, kamu bisa nih, menunjukkan dukunganmu untuknya dengan 5 cara simpel berikut ini.

1. Jangan menyamakannya dengan libur 

Simpel, Tunjukkan Dukunganmu pada Orang yang WFH dengan 5 Cara Ini Unsplash.com/ianharber

Paling menjengkelkan lho, kalau WFH disamakan dengan libur. Pasti nanti dia jadi sering disuruh-suruh membantu pekerjaan rumah tangga. Bukan dia gak mau membantu. Namun kamu harus tetap memahami jam kerja dan tugas-tugasnya ya!

Kalau memang dia punya jatah tugas rumah tangga, minta dia mengerjakannya nanti setelah pekerjaannya selesai. Jangan bikin dia stres karena harus memikirkan pekerjaan dan tugas domestik di waktu yang sama.

2. Jangan bikin kegaduhan di rumah 

Simpel, Tunjukkan Dukunganmu pada Orang yang WFH dengan 5 Cara Ini Unsplash.com/isaacquesada

PR banget nih, terutama kalau kamu biasa berbicara dengan suara lantang. Atau, suka menonton televisi dan mendengarkan musik dengan volume tinggi. Semua keributan ini sangat mengganggu orang yang sedang WFH, lho.

Kasihan kan, kalau dia lagi memimpin rapat virtual dan semua suara ribut itu ikut masuk? Dia pasti malu banget! Selain itu, dia juga harus berkonsentrasi pada pekerjaannya. Jadi, ciptakan suasana rumah yang cukup tenang ya!

3. Jangan mengajaknya ngobrol terus

Simpel, Tunjukkan Dukunganmu pada Orang yang WFH dengan 5 Cara Ini Unsplash.com/charlesdeluvio

Kalau kamu belum terbiasa dengan keberadaan anggota keluarga yang lagi WFH, pasti rasanya aneh juga saling berdiam diri saja. Masa satu ruangan gak mengobrol atau bercanda?

Namun lagi-lagi ingatlah bahwa dia dalam kondisi bekerja. Bukan libur dan setiap keributan bisa mengganggunya. Lebih baik mengobrolnya nanti saja kalau dia terlihat sedang beristirahat atau hanya jika dia mengajakmu bicara terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Tagihan Internet yang Melonjak karena WFH

4. Jangan berpikir dia gak capek 

Simpel, Tunjukkan Dukunganmu pada Orang yang WFH dengan 5 Cara Ini Unsplash.com/standsome

Salah satu sisi gak enak dari WFH itu biasanya orang-orang meremehkannya. Seakan-akan WFH itu gak capek. Padahal, sering kali malah jadi gak jelas kapan jam mulai dan berakhirnya pekerjaannya.

Apalagi buat yang belum terbiasa. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Bisa-bisa jam tidur pun terganggu karena perubahan kebiasaan dari bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah.

5. Jangan sering meminjam gadgetnya 

Simpel, Tunjukkan Dukunganmu pada Orang yang WFH dengan 5 Cara Ini Unsplash.com/thebrandyk

Kelancaran bekerja dari rumah sangat bergantung dari gadget dan koneksi internet. Bisa dibilang, dua hal itu menjadi senjatanya dalam bekerja. Jadi, jangan bikin dia pusing dengan sering meminjam perlengkapan kerjanya ya!

Apalagi buat keperluan yang gak terlalu penting. Nanti dia kesal karena pekerjaannya terhambat. Kalau memang kamu perlu meminjam, nanti setelah pekerjaannya selesai. Anggap saja dia gak ada di rumah biar kamu gak terpikir untuk sedikit-sedikit mengusiknya.

Itulah lima cara sederhana yang bisa menunjukkan dukunganmu buat seseorang yang sedang bekerja dari rumah. Jangan lupa, kamu sendiri juga harus tetap produktif meski di rumah saja, kan?

Baca Juga: Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya