Comscore Tracker

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!

#DiRumahAja tapi jadi berantem, kenapa?

Pemerintah telah mengeluarkan bahwa pembatasan kegiatan di tempat umum masih berlaku. Perbatasan masuk suatu kota pun dijaga sangat ketat. Otomatis, kita pun hanya bisa memperpanjang waktu di rumah aja. Pasutri dan anak-anak yang biasanya sibuk dengan rutinitas masing-masing, mau gak mau harus tinggal satu atap setiap hari.

Nah, berita di Tiongkok sendiri mencatat kasus perceraian meningkat seiring meredanya COVID-19 di sana. Kira-kira kenapa sih pasutri bisa jadi sering bertengkar saat #DiRumahAja? Berikut enam alasan umumnya. 

1. Jadi jutek karena pusing kerjaan

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!pixabay.com/Pexels

Beberapa orang mengeluh, dengan work from home, pekerjaannya semakin menumpuk setiap harinya. Nah, karena inilah perubahan mood pasangan bisa terjadi. Biasanya kan memang begitu, apalagi jika pasutri yang sudah lama menikah maka siap-siap jadi sasaran jutek atau ketus pasangan ketika selesai bekerja. Sebaiknya, kalau bad mood pilihlah tempat sendiri dulu ya! Jangan langsung menemui keluarga.

2. Karena kurang kerjaan jadi senang ngurusin pekerjaan pasangan

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!pixabay.com/ErStePictures

Selanjutnya adalah kemungkinan pekerjaan sudah tidak lagi sebanyak dulu, mungkin karena perusahaan sudah tidak beroperasi, dsb. Sehingga mungkin pasangan yang biasanya sibuk di luar dan gak pernah ikut campur masalah rumah tangga, 'ikut-ikut' bahkan mengoreksi pekerjaan pasangan. Kalau begini sih bisa berabe ya! Gak usah ikut ngurus deh, selama ini juga aman-aman aja kan?

3. Perbedaan pola asuh yang semakin kentara karena di rumah aja

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!pixabay.com/elementus

Kini anak pun berkumpul di rumah dan belajar dari rumah, yang mana orang tua harus jadi guru dadakan agar anak bisa tetap mendapat ilmu pelajaran. Nah, karena mungkin di antara pasutri memiliki pola asuh yang berbeda, misal suami lebih santai, sementara istri lebih disiplin, maka dari sini saja kalau kedua ikut membimbing anak akan menimbulkan masalah. 

Dulu saat suami masih bekerja, anak bisa mengikuti satu komando. Namun, karena anak merasa punya tempat yang santai kenapa harus ikut komando lama? Nah, ini harus dibicarakan lagi ya oleh pasutri.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubungan

4. Udah lama gak menghabiskan banyak waktu bersama

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!pixabay.com/natik_1123

Biasanya ya bertemu saat sore sampai malam hari saja. Kemudian pagi hari sudah berpisah dan gak ketemu. Sekarang, dari bangun pagi sampai tidur malam selalu bertemu dan itu membuat pasangan jadi merasa aneh pastinya. Padahal dulu pacaran, pisah karena harus pulang ke rumah masing-masing aja sedihnya minta ampun. 

Harusnya, momen ini bisa jadi masa perbaikan hubungan pasutri dong. Asal keduanya sama-sama mengerti satu sama lain. Gak protes atau apa pun itu yang bisa merusak mood pasangan. 

5. Salah satu pasangan gak mau diajak quality time

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!pixabay.com/Free-Photos

Atau mungkin saja salah satu dari pasutri sudah berinisiatif untuk menciptakan momen quality time bersama. Namun, entah karena mood-nya sudah rusak duluan karena urusan lain, makanya salah satu menolak dan akhirnya jadi merusak mood keduanya. Makanya penting banget jaga ucapan dan jaga sikap jika ingin menciptakan momen. Gak semua manusia membaik dengan cepat setelah sakit hati. Kenali karakter pasangan, ya!

6. Permasalahan ekonomi

Ayo Hindari 6 Kelakuan yang Bisa Buat Berantem Pasutri Pas WFH!pixabay.com/sajinka2

Kesulitan ekonomi saat ini sudah dirasakan oleh semua orang. Mungkin salah satunya dialami oleh pasutri ini. Gak bisa dimungkiri masalah ekonomi itu bisa menimbulkan masalah dalam rumah tangga. Apalagi jika cicilan dan kebutuhan sehari-hari jalan terus. Pastinya bisa menambah stres keduanya. Solusinya, adalah bisa mengerti dan saling menguatkan. Karena ini sejatinya bukan salah siapa-siapa. Siapa juga yang mau kena PHK atau pengurangan gaji?

Hati-hati ya, di masa seperti ini harusnya pasutri perlu meningkatkan rasa pengertian dan saling support. Bukan saling menyalahkan. Ini adalah ujian setiap pasangan, kok. Gak cuma kalian aja. Jadi, dukungan malah harus diberi pada saat ini. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Stres Jalani Work From Home, Leo Gagal Fokus! 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya