Comscore Tracker

5 Kiat Jitu Lolos Wawancara Kerja, Harus Bereaksi dengan Tepat!

Ketahui untuk memperbesar peluang diterima kerja

Bersikap tenang dan menghindari rasa gugup bisa menjadi salah satu kunci yang wajib kamu lakukan agar proses wawancara kerja dapat berjalan lancar. Selain itu, pengetahuan terhadap perusahaan juga kerap dijadikan penilaian bagi sebagian besar perusahaan.

Gak hanya itu, ada hal lain yang bisa membuat peluang diterima bekerja jadi lebih besar. Nah, berikut ini IDN Times telah merangkumnya dari rilis yang dikirim JobStreet.com. Yuk, simak!

1. Berikan kesan yang baik

5 Kiat Jitu Lolos Wawancara Kerja, Harus Bereaksi dengan Tepat!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Pepatah yang mengatakan "kesan pertama kerap menjadi penentu" jelas sekali terbukti dalam proses wawancara kerja. Untuk itu, beri kesan yang baik dari awal dengan menawarkan jabat tangan yang kuat dan percaya diri, ditambah dengan senyum tulus.

Hal tersebut bisa menjadi cara untuk membuktikan kepada pewawancara bahwa kamu senang berada di sana dan menunggu wawancara berlangsung. Begitu wawancara dimulai, ingatlah untuk menunjukkan sikap terbaikmu, duduk dengan tegak, dan jangan lupa untuk menatap mata pewawancara ketika sedang berbicara.

2. Atasi rasa gugup

5 Kiat Jitu Lolos Wawancara Kerja, Harus Bereaksi dengan Tepat!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Merasa gugup adalah hal yang normal ketika kamu melangsungkan wawancara kerja. Untuk menenangkan diri, coba jangan terlalu banyak berpikir bahwa kamu akan gagal pada tahap ini dan tarik napas yang teratur, serta fokus untuk menjawab pertanyaan.

Jika kamu ditanya dengan pertanyaan yang gak bisa dijawab, tetap tenang dan beri jeda untuk memfokuskan pikiran. Jangan takut untuk mengklarifikasi pertanyaan dengan pewawancara guna memberimu cukup waktu untuk segera mendapatkan jawaban yang tepat.

3. Jawab semua pertanyaan seakan sedang bercerita

5 Kiat Jitu Lolos Wawancara Kerja, Harus Bereaksi dengan Tepat!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@cottonbro)

Cara terbaik untuk membuat wawancara kerja berkesan adalah dengan mengambil peran sebagai pendongeng. Pewawancara menyukai strategi ini karena memberi mereka kesempatan untuk benar-benar mengetahui latar belakang dan pengalamanmu.

Ini juga dikenal sebagai taktik hebat ketika berbicara bagaimana kamu mengatasi tantangan di tempat kerja, bagaimana mengatasi konflik di tempat kerja, dan juga pencapaian dalam kariermu. Rumuskan kemungkinan pertanyaan yang mungkin muncul selama sesi wawancara dan buat jawaban yang sesuai untuk masing-masing pertanyaan tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Memperkenalkan Diri saat Wawancara Kerja, Jangan Diremehkan

4. Dengarkan dengan baik dan berikan reaksi yang tepat

5 Kiat Jitu Lolos Wawancara Kerja, Harus Bereaksi dengan Tepat!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Begitu wawancara dimulai, tetap fokus dan dengarkan setiap pertanyaan yang diberikan. Singkirkan apa pun yang dapat menyebabkan kamu kehilangan fokus. Selain itu, bertindaklah dengan tepat, seperti tersenyum ketika pewawancara berbagi lelucon atau mengangguk untuk menunjukkan persetujuan.

Gunakan pula isyarat non-verbal untuk membantu mengimbangi reaksimu terhadap informasi yang ingin kamu sampaikan. Belajar membaca bahasa tubuh akan membantu mendapatkan keuntungan pada titik ini.

5. Tunjukkan rasa terima kasih

5 Kiat Jitu Lolos Wawancara Kerja, Harus Bereaksi dengan Tepat!Ilustrasi interview kerja (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Terakhir, salah satu cara terbaik untuk membuat pewawancara terkesan adalah dengan bersikap sopan sepanjang proses wawancara berlangsung. Menunjukkan terima kasih kepada pewawancara juga penting sebagai cara untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu dan kesempatan yang mereka berikan.

Ingat, orang-orang ingin berada di sekitar orang lain yang mereka sukai. Jadi, jangan sungkan untuk berperilaku sopan dan menunjukkan sikap terbaikmu.

Itu dia beberapa kiat jitu lolos wawancara kerja yang bisa kamu coba lakukan. Usahakan untuk menjadi versi terbaik dari dirimu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Wawancara Kerja

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya