Comscore Tracker

5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G Indonesia

Bocoran dari HRD perusahaan consumer goods tersebut, lho!

Dalam wawancara eksklusif IDN Times bersama P&G Indonesia pada Jumat (5/6), Dinda Kusumawardani, Corporate Communications Leader P&G Indonesia, membocorkan ciri-ciri kandidat yang akan langsung diterima bekerja di P&G Indonesia dikutip dari Lina Rosita Dewi, HR Leader P&G Indonesia.

Kira-kira, apa saja ya itu? Nah, bagi kamu yang tertarik untuk meniti karier di perusahaan yang memproduksi merek Pantene, Downy, Rejoice, hingga Olay tersebut, perhatikan baik-baik ulasannya di bawah ini!

1. Memiliki sifat dinamis dan cepat beradaptasi

5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G IndonesiaPexels/fauxels

Karyawan yang diterima dan bekerja di P&G Indonesia, tak hanya berasal dari Indonesia. Ada karyawan dari berbagai negara dan sangat beragam dari latar belakangan pendidikan.

Mengenai hal ini, Dinda Kusumawardani mengungkapkan jika kandidat pelamar kerja di P&G Indonesia harus bersifat dinamis. Selain itu, kandidat juga dituntut cepat beradaptasi.

"Kita mencari pelamar yang dapat bekerja dengan multicultural dan dinamis. Bisa cepat beradaptasi dengan perubahan dan inovasi baru," jelasnya.

2. Dapat mempelajari proses lamaran dengan baik

5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G IndonesiaPexels/Andrea Piacquadio

Sebelum pelamar sampai pada tahap interview, terdapat beberapa proses yang harus dihadapi terlebih dahulu. P&G Indonesia menerapkan dua tes, yakni peak assessment test (personality test) dan interactive test (tes kecepatan, memori, tes matematika, dan tes interaktif layaknya main game).

"Pelamar di P&G itu banyak banget. Tetapi, biasanya hanya 0,1 persen yang bisa lolos dalam sekala global. Nah, untuk bisa diterima, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai proses lamaran kerja yang ada. Kalau di P&G sendiri, ada dua jenis tes dan kamu harus tahu betul tes tersebut," kata Dinda.

3. Mampu mengatasi cultural gap

5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G IndonesiaUnsplash/Antenna

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tim yang akan bekerja denganmu tak berasal dari Indonesia saja. Oleh karena itu, P&G Indonesia mempertimbangkan sosok yang mampu mengatasi permasalahan cultural gap.

"Tim kerjanya itu beragam dari berbagai negara dan umur. Jadi, bisa aja karyawannya berasal dari P&G Indonesia tetapi atasannya ada di Dubai. Nah, dalam itu, kamu harus bisa menghindari cultural gap untuk bisa survive di P&G Indonesia," tegasnya. 

Baca Juga: 7 Profesi di Rumah Sakit Selain Dokter & Perawat, Ada Optometris!

4. Memiliki kepribadiaan yang baik dan sesuai dengan perusahaan

5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G Indonesiafreepik/tirachardz

Perihal pelamar terbaik, Dinda menegaskan bahwa mereka yang cocok dan diterima oleh P&G Indonesia sebagai karyawan, adalah orang yang lolos dalam tes yang diuji. Artinya, orang tersebut pasti memiliki kepribadian yang baik dan sesuai dengan perusahaan.

"Dari assessment test yang sudah dilakukan, nanti kelihatan mana saja pelamar yang cocok dan memang kita cari. Itu semua ditentukan dari personality test dan tes kemampuan mereka," tegas Dinda.

5. Mengetahui nilai-nilai perusahaan

5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G Indonesiapexels/@divinetechygirl

Sebagai calon karyawan P&G Indonesia, para pelamar juga diwajibkan untuk mengetahui nilai-nilai perusahaan P&G Indonesia. Ini karena mereka adalah sosok identitas yang membawa nama baik perusahaan. Dinda pun mengatakan hal serupa.

"Kandidat yang melamar juga harus tahu nilai-nilai perusahaan yang dimiliki oleh P&G Indonesia. Ini penting. Kalau tidak tahu, bisa saja mereka tidak lolos," ungkapnya. 

Itu dia bocoran beberapa ciri pelamar kerja yang akan langsung diterima kerja di P&G Indonesia langsung dari HR Leader P&G Indonesia. Tertarik melamar pekerjaan di P&G Indonesia?

Baca Juga: 9 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik, Bantu Temukan Profesi Baru Untukmu

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya