Comscore Tracker

5 Miskonsepsi Soal Dunia Kerja yang Harus Kamu Stop Percayai

Jangan sampai kamu salah paham, nih!

Setelah lulus dari masa studi, biasanya ada beberapa orang yang mempertanyakan langkah apa yang selanjutnya diambil. Sebagai freshgraduate, mungkin kamu tidak memiliki pengetahuan tentang dunia kerja yang dalam.

Sayangnya, ada saja informasi salah yang tersebar di masyarakat mengenai dunia kerja. Agar kamu tidak terjerumus ke dalam pemikiran yang salah tersebut, yuk ketahui miskonsepsi soal dunia kerja yang harus kamu stop percayai!

1. Lebih baik menganggur daripada bekerja tidak sesuai passion

5 Miskonsepsi Soal Dunia Kerja yang Harus Kamu Stop PercayaiUnsplash/Mimi Thian

Jika kamu memiliki pemikiran seperti ini, sebaiknya segera hentikan! Meskipun bekerja sesuai dengan passion merupakan hal yang baik, akan tetapi menolak pekerjaan adalah hal buruk.

Cobalah untuk menerima setiap tawaran pekerjaan yang ada. Ini bisa menjadi batu loncatanmu untuk meraih pekerjaan yang memang kamu impikan. 

2. Kerja harus sesuai dengan jurusan studi

5 Miskonsepsi Soal Dunia Kerja yang Harus Kamu Stop Percayaipexels/burst

Pernyataan ini pasti sering banget kamu dengar, kan? Namun sesungguhnya, kamu tetap bisa kok bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan. Jika passion kamu tak sesuai dengan jurusan, kamu bisa bekerja mengikuti passion.

3. Kerja sesuai passion tidak akan memberikan uang yang cukup

5 Miskonsepsi Soal Dunia Kerja yang Harus Kamu Stop PercayaiPexels/Artem Beliaikin

Pernyataan ini jelas salah. Selain bisa membuatmu merasa lebih bahagia dan nyaman, pekerjaan yang sesuai passion juga bisa kok menghasilkan pundi-pundi uang yang besar.

Akan tetapi, kamu perlu benar-benar menekuni pekerjaan tersebut dengan baik. Dengan demikian, kamu menjadi lebih profesional dan tidak dianggap sekadar menyalurkan hobi saja.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Impian yang Sebelumnya Tak Pernah Terbayang Nyata Adanya

4. Gaji yang besar bisa membuat kamu lebih bahagia

5 Miskonsepsi Soal Dunia Kerja yang Harus Kamu Stop Percayaipixabay/Tumisu

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan upah kerja yang besar? Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya, semakin besar gaji yang diterima, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus kamu lakukan.

Tekanan pekerjaan juga lebih besar dibandingkan dengan karyawan yang bergaji kecil. Dengan begitu, apakah kamu masih berpikir bahwa gaji besar menjadi jaminan seseorang akan merasa lebih bahagia? Semua kembali lagi pada definisi personal masing-masing.

5. Masuk jurusan yang sepi peminat akan susah mendapatkan pekerjaan

5 Miskonsepsi Soal Dunia Kerja yang Harus Kamu Stop Percayaiunsplash/Jonathan Borba

Ini sering banget dijadikan dasar untuk memilih kuliah dan jurusan studi. Padahal, mau di mana pun dan jurusan apa pun, yang menentukan kesuksesan adalah diri sendiri. Nilai yang baik pun jika tidak disertai soft skill dan hard skill, bisa saja ditolak oleh perusahaan.

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja miskonsepsi soal dunia kerja yang harus kamu stop percayai? Jadi, jangan lagi menganggap bahwa hal-hal tersebut bisa menghambat kesuksesan kamu di dunia kerja, ya!

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Paling Berisiko terhadap Virus Corona, Jaga Dirimu!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya