Comscore Tracker

Tips dan Trik Diterima Bekerja di Traveloka, Bocoran Langsung dari CPO

#IDNTimesLife Ada bocoran sosok kandidat yang dicari juga!

Dalam wawancara ekslusif IDN Times bersama Traveloka pada Selasa (27/4/2021), Ellen Roring Tuwaidan, Chief People Officer Traveloka, memberikan tips dan trik agar bisa diterima bekerja di Traveloka. 

Gak hanya itu, ia juga membocorkan ciri-ciri kandidat serta susunan CV yang menjadi bahan pertimbangan untuk dapat diterima bekerja di lifestyle super app berstatus Unicorn tersebut. Penasaran? Simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Kandidat harus memahami proyek atau tugas yang sudah pernah ia kerjakan

Tips dan Trik Diterima Bekerja di Traveloka, Bocoran Langsung dari CPOIlustrasi bekerja (pexels.com/Daria Shevtsova)

Ketika ditanya perihal tips dan trik untuk dapat diterima bekerja di Traveloka, Ellen mengatakan jika yang paling penting adalah memahami proyek apa saja yang sudah pernah dikerjakan. Hal ini ia sampaikan karena dalam tahap rekrutmen, Traveloka lebih cenderung bertanya mengenai pengalaman kerja, bukan hanya ide atau inovasi.

"Menurut saya, untuk bisa bekerja di Traveloka yang paling penting kita harus paham proyek apa saja yang sudah kita kerjakan. Ini karena di Traveloka sendiri kita akan bertanya apa yang sudah dikerjakan, bukan ide yang mau dikerjakan ataupun teori-teori saja," jelasnya. 

2. Usahakan untuk melamar posisi yang sesuai dengan kualifikasi diri

Tips dan Trik Diterima Bekerja di Traveloka, Bocoran Langsung dari CPOIlustrasi melamar pekerjaan (pexels.com/cottonbro)

Tahap pertama dalam setiap proses rekrutmen jelas screening CV. Nah, dalam tahap ini Ellen mengatakan jika CV pada dasarnya gak bisa menggambarkan seseorang secara keseluruhan.

Hanya saja, pada proses screening Ellen memberikan gambaran bahwa Traveloka biasanya melihat kandidat yang memiliki profil sesuai dengan kualifikasi posisi yang dibutuhkan atau tidak.

"Biasanya yang kita lihat tentu profil kualifikasinya sesuai atau tidak. Misalnya, kita mau cari untuk posisi engineering, kita lihat latar belakang pendidikannya atau pengalaman kerja sebelumnya. Kira-kira cocok atau tidak. Kalau cocok biasanya dia akan punya pengalaman yang sesuai dan cocok dengan apa yang dicari oleh Traveloka," terangnya.

3. Untuk ciri kandidat, Traveloka mencari sosok yang bisa berinovasi tapi tetap pragmatis

Tips dan Trik Diterima Bekerja di Traveloka, Bocoran Langsung dari CPOIlustrasi interview kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Selanjutnya, Ellen membocorkan langsung tentang ciri-ciri kandidat yang memiliki peluang lebih besar untuk diterima bekerja di Traveloka. Ciri tersebut adalah mampu berinovasi namun tetap bersikap pragmatis.

"Kita akan mencari orang-orang yang bisa berinovasi tapi tetap pragmatis. Kenapa? Karena kita mau orang-orang yang masuk di Traveloka yang bisa mencari penyelesaian terhadap masalah yang penting," tegasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan bila kandidat pelamar di Traveloka harus memiliki karakter yang disebut 'invent what's useful'. Maksudnya, kandidat tersebut harus paham bila komunikasi bukan hanya tentang 'invent' tetapi juga harus berguna.

"Kita itu punya principles yang namanya invent what's useful. Maksudnya bahwa komunikasi bukan hanya tentang invent yang cuma bikin-bikin aja, tetapi harus bikin sesuatu yang berguna," katanya.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Kuis Ini Kami Bisa Tahu Apakah Kamu akan Diterima Kerja di Google atau Gak

4. Selain itu, kandidat yang bisa diterima bekerja adalah kandidat yang sesuai dengan 10 prinsip Traveloka

Tips dan Trik Diterima Bekerja di Traveloka, Bocoran Langsung dari CPOIlustrasi interview kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Masih menjawab pertanyaan mengenai sosok kandidat yang cocok dan memiliki peluang diterima bekerja di Traveloka, Ellen pun menerangkan jika sebenarnya Traveloka memiliki pedoman karakteristik kandidat yang disebut Traveloka 10 Principles. 

"Kita punya apa yang disebut Traveloka 10 Principles. Jadi, beda-beda karakteristik ataupun budaya yang memang kita mau ada di Traveloka, kita akan mencari orang-orang dengan karakteristik yang pertama, seperti 10 Principles yang kita miliki ini," ungkapnya.

Terkait hal ini, ia memberikan sedikit bocoran mengenai 10 Principles ini, di mana salah satunya adalah mampu berkolaborasi dengan baik dan memiliki sikap helpful.

"Kita memang mencari orang yang bisa berkolaborasi dengan baik. Lalu di prinsip kita, harus helpful dalam arti bisa membantu customer dan teman-teman kerjanya juga pada saat ada masalah. Jadi kita memang mencari kandidat sesuai dengan prinsip yang kita punya," ucapnya.

5. Terakhir, kandidat yang ingin melamar harus memiliki kemampuan problem solving, analisa, dan curiosity

Tips dan Trik Diterima Bekerja di Traveloka, Bocoran Langsung dari CPOIlustrasi interview kerja (unsplash.com/dylan gillis)

Selain masalah teknik dan karakteristik, Traveloka diketahui juga mencari kandidat yang memiliki kemampuan pemecahan masalah serta analisa yang baik. Hal ini bahkan dipaparkan langsung oleh Chief People Officer Traveloka.

"Di luar dari masalah teknik, seperti kemampuan yang sesuai kualifikasi, kita akan cari juga orang-orang yang memiliki kemampuan problem solving, analisa, dan curiosity. Karena balik lagi, kita mencari orang yang benar-benar bisa menghadapi masalah yang dihadapi oleh customer kita. Jadi sangat dibutuhkan orang yang memiliki kemampuan problem solving," tutupnya. 

Itu dia tips dan trik beserta bocoran ciri-ciri pelamar kerja yang memiliki peluang lebih besar diterima kerja di Traveloka langsung dari Chief People Officer. Tertarik melamar pekerjaan di Traveloka?

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Kandidat yang Langsung Diterima Bekerja di P&G Indonesia

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya