Comscore Tracker

5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTok

Harus tahu apa yang jadi ciri khas kamu terlebih dahulu!

Konten kuliner merupakan salah satu jenis konten di media sosial yang cukup populer, termasuk di TikTok. Menyikapi fenomena ini, topik mengenai tantangan menjadi kreator di kategori kuliner pun diangkat dalam salah satu sesi bertajuk “How to create your food content” di program TikTok Talk+, sebuah rangkaian konferensi virtual di platform TikTok yang berlangsung pada 28-29 Oktober 2021 lalu.

Dalam sesi tersebut, TikTok mengundang tiga kreator yang memiliki karakter kuat dari kategori kuliner untuk berbagi tips dan inspirasi bagi pengguna lainnya. Berikut ini beberapa tips tersebut yang bisa kamu coba terapkan untuk menjadi seorang konten kreator di kategori food.

1. Temukan ciri khas dari diri sendiri dan hal yang disukai

5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTokSesi bertajuk “How to create your food content” di program TikTok Talk+. 28-29 Oktober 2021. (dok. TikTok)

Untuk menentukan karakter konten, kita bisa mulai dari hal yang kita sukai, atau bahkan ciri khas di suara dan tubuh kita. Contohnya, Dimsthemeatguy, kreator yang terkenal dengan konten memasak daging.

Kesukaannya pada makanan berbahan daging, seperti steak, menjadi alasan mengapa ia memilih karakter sebagai seorang kreator masakan berbahan dasar daging. Lain cerita dari Vinny Laurencia atau yang lebih dikenal sebagai Kulinersamacici. Suaranya yang cukup melengking justru menjadi ciri khas kontennya, sehingga dirinya pun mudah dikenali.

2. Konsistensi adalah kunci

5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTokSesi bertajuk “How to create your food content” di program TikTok Talk+. 28-29 Oktober 2021. (dok. TikTok)

Setelah menemukan ciri khas konten, kreator pun perlu konsisten dan disiplin dalam membuat dan mengunggah konten. Selain dari segi konten, kamu juga wajib konsisten dari segi frekuensi.

Kreator Bara Ilham atau yang dikenal dengan akun Tanboykun berbagai pengalamannya mengenai hal ini. Dirinya mengaku sangat disiplin dalam mengunggah konten 2-3 hari sekali, yang akhirnya membantu kontennya mendapatkan views dari pengguna lain.

3. Tetap berinovasi dalam memodifikasi konten

5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTokilustrasi kreator konten (pexels.com/Ivan Samkov)

Jika sudah menemukan ciri khas dan konsisten dalam mengunggah konten, kreator tetap harus mengasah kreativitasnya untuk terus melakukan inovasi. Hal ini tentu agar siapa pun yang melihat dan menjadi pengikutnya gak merasa bosan.

Para kreator pun memberikan sejumlah tips untuk tetap menghasilkan konten kuliner yang kreatif. Salah satunya, Tanboykun, yang menyarankan untuk mengikuti hal yang sedang viral, misalnya seperti permen dalgona yang viral dan trending karena muncul di serial “Squid Game”.

Baca Juga: 6 Tips Cerdik Jadi Konten Kreator yang Sukses dan Terkenal

4. Melakukan kolaborasi dan menerima masukan dari pengguna lain

5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTokSesi bertajuk “How to create your food content” di program TikTok Talk+. 28-29 Oktober 2021. (dok. TikTok)

Berbeda dengan Tanboykun, Dimsthemeatguy menyorot agar kreator harus bisa berkolaborasi dengan kreator lain. Gak hanya itu, sebagai konten kreator kamu juga harus bisa menerima masukan dari pengguna lain.

Hal ini sangat penting karena dapat membantumu dalam menemukan ide-ode baru dalam mengunggah konten yang menarik. Penilaian penuh yang datang dari pengikutmu di platform media sosial juga bisa membantu dalam menciptakan konten yang gak membosankan. 

5. Ikut tantangan yang sedang berlangsung

5 Tips Menjadi Kreator Kategori Food dari Top Kreator TikTokMukbang mi instan dan sosis (YouTube.com/Tanboy Kun)

Jika sudah melakukan empat hal di atas, sebagai kreator kamu juga bisa mengikuti beragam tantangan yang umum dihadirkan pada platform terkait. Hal ini diungkapkan pula oleh Kulinersamacici, yang mengingatkan untuk ikut tantangan yang sedang berlangsung.

Salah satu contoh dari tantangan tersebut adalah tagar #MenuViral yang saat ini sedang ramai di TikTok. Menarik untuk dicoba, bukan?

Itulah beberapa tips dari tiga kreator yang menjadi narasumber di sesi “How to create food content” dalam program TikTok Talk+. Jangan lupa untuk mengikuti akun resmi TikTok Indonesia Official untuk mengetahui program-program menarik lainnya dari TikTok Indonesia.

Baca Juga: Kreator Inspiratif, 5 Seleb TikTok Ini Bikin Kamu Lebih Produktif

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya