Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Kebijaksanaan Bersikap

Kamu tidak bisa memilah antara baik dan buruk  

Kebijaksanaan bersikap merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap orang. Sikap yang tertanam dalam diri turut mempengaruhi bagaimana seseorang bertingkah laku dan menempatkan dirinya dalam lingkup pergaulan. Seseorang yang memiliki kebijaksanaan dalam bersikap maka ia mampu memposisikan dirinya dengan baik di tengah-tengah masyarakat.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kebijaksanaan dalam bersikap. Alih-alih mampu membawa dirinya dengan baik di lingkungan masyarakat, yang ada mereka justru semaunya sendiri. Padahal ini dapat membawa kerugian, lho. Berikut ini lima hal yang akan terjadi jika kamu tidak memiliki kedewasaan dalam bersikap.

1. Mudah terpancing emosi

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Kebijaksanaan Bersikapilustrasi memegang kening (pexels.com/Liza Summer)

Setiap orang tentu memiliki sisi kemarahannya ketika mendapati hal-hal tertentu tidak dapat berjalan baik atau ketika mendapat perlakuan buruk yang tidak sepantasnya. Meskipun hal yang lumrah, namun bagaimanapun juga kita harus mampu mengelola amarah dengan tepat agar tidak menimbulkan kerugian terutama bagi diri sendiri.

Salah satu hal yang akan terjadi ketika kamu tidak memiliki kebijaksanaan dalam bersikap adalah mudah terpancing emosi. Kesalahan sedikit saja sudah membuatmu menumpahkan seluruh amarah meskipun itu hanya sebuah kesalahan kecil yang tidak disengaja.

2. Dikucilkan dari pergaulan

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Kebijaksanaan Bersikapilustrasi siswa sekolah (pexels.com/Cottonbro)

Sebagai makhluk sosial, dalam menjalani hidup kita pasti akan terikat oleh pergaulan orang-orang di sekitar. Mengingat hal tersebut, sudah sepantasnya untuk memiliki kebijaksanaan bersikap sehingga mampu memposisikan diri dengan baik dalam segala situasi.

Meskipun demikian, pada kenyataannya juga masih ada, lho orang yang menganggap remeh hal tersebut. Padahal akibat dari tidak memiliki kebijaksanaan bersikap tentu akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Masyarakat yang terlanjur jengah dengan kelakuanmu bisa saja akan mengucilkanmu dari pergaulan sekitar.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauh

3. Mendapat kesan negatif dari orang-orang sekitar

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Kebijaksanaan Bersikapilustrasi menyudutkan (pexels.com/Yan Krukov)

Kebijaksanaan dalam bersikap merupakan hal penting yang tidak boleh diremehkan begitu saja. Sikap yang tertanam dalam diri akan mempengaruhi bagaimana kamu berpikir dan bertingkah laku, baik itu di lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat.

Ketika kamu masih suka semaunya dan tidak memiliki kebijaksanaan bersikap, jangan heran jika pada akhirnya akan mendapat kesan negatif dari orang-orang sekitar. Sikap merupakan cerminan dari tingkah laku dan kualitas diri yang harus diperhatikan baik-baik agar dirimu tidak merugikan diri sendiri. 

4. Mudah terjerumus

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Kebijaksanaan Bersikapilustrasi clubbing (pexels.com/RODNAE Productions)

Hidup memang penuh dengan beragam warna dan pilihan. Adakalanya kamu dihadapkan dengan sesuatu yang terlihat menarik namun sebenarnya menjerumuskan. Adakalanya pula kamu akan dihadapkan dengan pilihan yang terlihat tidak menarik namun justru dapat membawa pengaruh positif dalam kehidupan.

Ketika tidak memiliki kebijaksanaan dalam bersikap, maka kamu mudah terombang-ambing oleh arus lingkungan. Kamu tidak bisa memilah mana pilihan yang sekiranya dapat membawa manfaat dan mana yang hanya memberikan pengaruh buruk. Akibatnya, kamu jadi gampang terjerumus.

5. Sering termakan hasutan

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memiliki Kebijaksanaan Bersikapilustrasi dua orang berbincang (pexels.com/SHVETS Productions)

Tentu kamu sudah pernah bertemu banyak orang dengan beragam karakter. Salah satunya adalah mereka yang memiliki hobi adu domba satu sama lain, entah itu di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat sekitar. Selalu ada beragam cara untuk memancing konflik dan pertikaian.

Salah satu hal yang pasti terjadi ketika tidak memiliki kebijaksanaan bersikap adalah mudah termakan hasutan. Kamu selalu mempercayai apapun pengaruh yang disampaikan oleh orang-orang tanpa mau menyaring dan menelaah kebenarannya terlebih dahulu.

Sikap memang menjadi hal penting yang harus diperhatikan, hal ini dikarenakan sikap akan turut mempengaruhi bagaimana seseorang bertingkah laku. Setelah mengetahui lima hal di atas, apakah kamu masih akan mengabaikan pentingnya memiliki kebijaksanaan bersikap?

Baca Juga: 5 Alasan Kebijaksanaan Lebih Penting daripada Kekayaan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya