Comscore Tracker

5 Motivasi Kalau Bosan Menjalani Suatu Pekerjaan

Kamu sedang mengalami hal tersebut? 

Jika kita membahas rutinitas kerja, semua pasti paham bahwa ini adalah hal yang tidak ada ujungnya. Satu pekerjaan belum terselesaikan, sudah muncul lagi sederet beban kerja yang lain. Bahkan kamu tidak ada waktu sebentar untuk mengistirahatkan diri sendiri.

Kondisi seperti ini seringkali memicu kebosanan. Kamu merasa kurang bersemangat dan cenderung ogah-ogahan ketika bekerja. Jika saat ini kamu sedang berada dalam kondisi demikian, berikut ini merupakan lima motivasi untukmu yang bosan menjalani suatu pekerjaan.

1. Bisa jadi pekerjaan yang kamu anggap membosankan merupakan idaman semua orang 

5 Motivasi Kalau Bosan Menjalani Suatu Pekerjaanilustrasi merasa bosan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menjalani pola kerja yang sama setiap hari, rasa bosan pasti ada. Seseorang bisa mengekspresikan ini melalui sikap terlambat dan ogah-ogahan ketika sedang bekerja. Lebih parah lagi ini dianggap sebagai hal wajar sehingga kebosanan semakin menjadi-jadi.

Padahal apa yang sedang kamu jalani sekarang bisa jadi impian orang-orang. Di luar sana, banyak yang mengidamkan pekerjaan tersebut. Sesuatu yang telihat sederhana di matamu tapi tidak banyak orang bisa melakukannya. Sudah seharusnya kamu bersyukur atas hal tersebut.

2. Kebosanan sudah seharusnya dilawan agar tidak semakin merusak produktivitas

5 Motivasi Kalau Bosan Menjalani Suatu Pekerjaanilustrasi merasa bosan bekerja (pexels.com/Cottonbro)

Bagi beberapa orang, kebosanan dianggap hal yang lumrah. Ia memanjakan dirinya dalam rasa bosan tersebut sampai berlarut-larut. Keterlambatan dan kemalasan dibiarkan  mendominasi bahkan sampai mengendalikan diri.

Bagi kamu yang sedang mengalami kebosanan dalam bekerja, motivasi ini harus direnungkan kembali. Kebosanan dalam bekerja bukanlah hal yang bisa dibiarkan berlarut-larut, apalagi membuat kinerja menurun. Sebisa mungkin harus bisa melawannya dan kembali pada produktivitas semula. 

3. Setiap orang pasti pernah melalui kebosanan, namun percayalah selama bisa mengatasi hal tersebut kamu akan berproses menjadi yang lebih baik

5 Motivasi Kalau Bosan Menjalani Suatu Pekerjaanilustrasi perempuan karier (pexels.com/Anna Shvets)

Rasa bosan dalam bekerja sejatinya adalah tantangan yang harus dilewati. Kamu harus mampu melawan dorongan malas, cenderung menunda-nunda, bahkan membuang jauh rasa tidak bersemangat. Mungkin akan terasa susah di awal, tapi menyerah juga bukan perilaku yang tepat.

Ketahuilah, kebosanan pasti pernah dirasakan semua orang, tidak terkecuali mereka yang berada dalam lingkup dunia kerja. Semua tergantung dari bagaimana kamu mengatasinya. Ketika mampu mengatasi rasa bosan dalam bekerja, kamu akan berproses menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 10 Meme Uang Ini Bikin Semangat Kerja, Kerja, Kerja!

4. Belajar menengok ke bawah saat dilanda kebosanan membuatmu tahu apa arti hidup yang sesungguhnya

5 Motivasi Kalau Bosan Menjalani Suatu Pekerjaanilustrasi menatap jendela (pexels.com/Mentatdgt)

Ada berbagai sebab yang melatarbelakangi kebosanan seseorang. Termasuk kebosanan yang sedang dialami terkait pekerjaan. Entah karena tekanan yang tiada henti, lingkungan kerja kurang bersahabat, maupun pola rutinitas yang sama sepanjang waktu. Saat kebosanan melanda, sudah seharusnya bisa memotivasi diri.

Salah satu motivasi yang patut ditanamkan yaitu dengan melihat ke bawah. Sesekali tengoklah mereka yang tidak seberuntung dirimu. Di situ kamu akan menemukan arti hidup yang sesungguhnya. Mungkin masalahmu hanya bosan dengan rutinitas kerja. Tapi mereka yang kurang beruntung sudah tidak memiliki lagi harapan hidup.

5. Mengalah dengan kebosanan merupakan cerminan individu yang lemah

5 Motivasi Kalau Bosan Menjalani Suatu Pekerjaanilustrasi freelancer (pixabay.com/Concord90)

Kebosanan dalam bekerja seolah tidak ada habisnya. Tidak hanya dirasakan satu atau dua orang, tapi hampir seluruh orang. Mereka identik dengan perasaan malas dan tidak bersemangat. Pekerjaan dianggap sebagai beban yang membuat pikiran dan mental tidak stabil.

Namun kamu jangan sampai mengalah dengan rasa bosan tersebut. Melawan kebosanan sudah menjadi kewajiban. Tunjukkan pada diri sendiri kamu bukan seorang individu yang lemah. Dengan berani melawan kebosanan, kamu selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.

Kebosanan saat bekerja lumrah dialami banyak orang. Tapi bukan berarti bisa dibiarkan berlarut-larut. Merasakan kebosanan dalam bekerja, kamu bisa menanamkan lima motivasi di atas kepada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Mood Booster Saat Capek Kerja, Auto Semangat!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya