Comscore Tracker

5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!

Pekerjaan malah jadi banyak yang tidak selesai

Menghadapi banyaknya tuntutan pekerjaan sudah pasti menimbulkan kepenatan tersendiri. Berada dalam situasi yang demikian, tentu kita ingin agar semuanya bisa selesai secepat mungkin. Tidak jarang pada akhirnya hal ini memicu kita untuk melakukan segala sesuatu dengan tergesa-gesa.

Namun, yang jadi pertanyaan, apakah melakukan segala sesuatu secara tergesa-gesa itu adalah hal yang tepat? Jawabannya tentu saja tidak. Jika kamu termasuk tipe orang yang masih sering membiasakan hal tersebut, berikut ini lima risiko yang mungkin saja terjadi jika kamu melakukan segala sesuatu secara tergesa-gesa.

1. Konsentrasi terpecah

5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!ilustrasi merasa pusing (pexels.com/Tim Gouw)

Dalam menyelesaikan rangkaian pekerjaan, tingkat konsentrasi yang tinggi sangat diperlukan. Dengan adanya konsentrasi yang terjaga dengan baik, maka kamu dapat berfokus sepenuhnya sehingga pekerjaan akan selesai dengan lebih optimal sebagaimana yang diharapkan.

Namun sayangnya, ini tidak akan terjadi ketika kamu masih suka tergesa-gesa dalam melaksanakan segala sesuatu. Kebiasaaan tergesa-gesa membuatmu kalang kabut sehingga akan terjebak dalam kebingungan. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan konsentrasimu akan buyar begitu saja.

2. Pekerjaan tidak dapat selesai dengan maksimal

5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!ilustrasi mencatat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terbebani dengan beragam tanggungan pekerjaan pasti bikin kamu berharap semuanya dapat selesai secara maksimal. Tapi, sebagaimana yang kita tahu, segala sesuatu yang tercapai dengan maksimal tidak bisa diraih secara instan. Butuh proses panjang dan ketelitian di dalamnya.

Lantas, bagaimana jika kita masih sering melakukan segala sesuatu secara tergesa-gesa? Ini tentu menjadi salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Melakukan segala sesuatu secara tergesa-gesa menyimpan risiko tersendiri. Bukan tidak mungkin kebiasaan tergesa-gesa malah membuat tidak teliti sehingga pekerjaan tidak terselesaikan secara maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Melatih Kesiapan Mental Sebelum Memasuki Dunia Kerja

3. Rawan memicu ceroboh

5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!ilustrasi mencatat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sifat ceroboh memang menjadi tantangan tersendiri ketika kita tengah menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun, sifat ceroboh ini tidak muncul begitu saja, lho, dalam diri kita. Bisa jadi kecerobohan yang selama ini kita miliki muncul dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang masih terus dilakukan.

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan tergesa-gesa dalam menyelesaikan segala sesuatu. Mungkin, maksud hati ingin agar semuanya segera selesai secepat mungkin, namun, nyatanya ini malah berisiko memicu kecerobohan yang membuat pekerjaanmu tidak kunjung selesai.

4. Secara tidak sadar sering melakukan kesalahan

5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!ilustrasi mengetik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam menyelesaikan pekerjaan tentu yang diinginkan adalah hasil akhir yang optimal. Sebisa mungkin kita akan berupaya menghindari kesalahan yang ada. Meski begitu, pada kenyataannya kita masih sering memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk yang secara tidak sadar membuat kita melakukan suatu kesalahan.

Ini menjadi risiko yang harus dihadapi ketika masih suka tergesa-gesa ketika tengah melakukan sesuatu. Bagaimanapun juga, kebiasaan tergesa-gesa akan membuat kita terjebak dalam kebingungan sehingga sangat rawan melakukan kesalahan. Entah itu kesalahan sepele maupun kesalahan yang bisa berakibat fatal.

5. Rawan mengalami kegagalan

5 Risiko Melakukan Sesuatu Secara Tergesa-gesa, Malah Tidak Maksimal!ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/Yan Krukov)

Dalam melakukan segala sesuatu, setiap orang pasti menginginkan keberhasilan. Tentunya keberhasilan tidak bisa diraih begitu saja, lho. Apalagi jika kita masih memiliki serangkaian kebiasaan buruk yang tetap dipertahankan.

Salah satu kebiasaan buruk yang berisiko menyebabkan kegagalan adalah tergesa-gesa. Bagaimanapun juga, menyelesaikan segala sesuatu secara terburu-buru bisa membuat konsentrasi terpecah belah sehingga kinerjamu menjadi tidak maksimal. Jika ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin akan mengarahkan kita pada kegagalan.

Rangkaian pekerjaan yang tidak ada habisnya memang menimbulkan kepenatan tersendiri. Pada akhirnya kita pun terjebak dalam perilaku tergesa-tergesa. Tapi, setelah mengetahui lima risiko di atas, apakah kamu yakin ke depannya masih tetap mau meneruskan kebiasaan tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Risiko Mutasi Kerja, Jangan Langsung Menolak!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya