Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!

Bantu akselerasi kesuksesan karier di masa depan

Sebagian orang menjadikan kesuksesan karier sebagai tujuan hidupnya. Untuk mewujudkan hal ini, ada berbagai upaya yang perlu diperlukan. Salah satunya ialah meningkatkan produktivitas kerja agar kita memiliki performa yang baik di kantor.

Sayangnya, beberapa orang kerap mengalami penurunan motivasi yang secara langsung berimbas pada produktivitasnya. Hal ini sangat wajar, tetapi harus segera ditangani supaya bisa kembali ke jalur yang tepat.

1. Ingat kembali tujuan yang ingin dicapai

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Moose Photo)

Sering kali kita menetapkan beberapa tujuan dan menggunakan kecepatan maksimum untuk menggapainya. Namun seiring waktu, bukan tak mungkin kita lupa tujuan yang ingin diraih dan alasan kita melakukan hal ini. 

Tujuan menjadi hal yang sangat fundamental dalam hidup. Inilah yang menjadi destinasi dari perjalanan kita. Lupa tempat yang akan dituju di tengah perjalanan jelas membuat kita tersesat dan tak tahu arah.

Maka dari itu, penting untuk selalu refresh pikiran dengan tujuan-tujuan hidup yang telah ditetapkan. Bahkan, sebaiknya evaluasi kembali semua tujuan dan update beberapa di antaranya sesuai dengan situasi yang tengah dihadapi dan value yang dipegang saat ini.

2. Persiapkan jadwal seminggu ke depan lebih awal

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!ilustrasi menulis jurnal (unsplash.com/Jodie Cook)

Kamu telah memiliki tujuan-tujuan yang lebih fresh, kini waktunya memastikan semua hal yang kamu lakukan benar-benar mengarah pada tujuan yang telah ditetapkan. Menyiapkan seluruh aktivitas selama seminggu merupakan salah satu cara yang cukup disarankan.

Luangkan sedikit waktu di hari Minggu untuk memetakan hal yang harus dilakukan atau pun yang ingin kamu lakukan untuk satu minggu ke depan. Selain itu, agar memiliki awal yang menyegarkan, jangan lupa manjakan diri dengan melakukan hobi.

3. Buat to-do list dan centang aktivitas yang sudah dilakukan

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!ilustrasi menulis (pexels.com/Judit Peter)

Usai memikirkan kegiatan selama satu minggu ke depan, tulis semua to-do list di tempat yang mudah dijangkau. Kehadiran daftar kegiatan ini secara tertulis akan memandumu supaya lebih fokus dalam menjalani hari. 

Selain itu, mencentang aktivitas yang sudah dilakukan akan memberikan rasa puas dan membuatmu sadar bahwa kamu berhasil menjadi produktif. Dengan demikian, kamu semakin terpacu untuk menyelesaikan tugas lainnya.

Baca Juga: 5 Bad Habit yang Perlu Dihindari agar Produktivitas Tetap Terjaga

4. Ambil waktu untuk melakukan jeda

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!ilustrasi orang mengambil jeda saat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebuah paragraf akan sulit dibaca dan dipahami maknanya tanpa kehadiran spasi yang memisahkan antar kata dan kalimat. Hal yang sama juga berlaku untuk kehidupan manusia. Spasi atau jeda dibutuhkan agar kita bisa mengistirahatkan pikiran dari segala tekanan yang kian menghantam.

Tujuannya tak lain untuk membuat pikiran kembali jernih agar bisa lebih produktif dan merampungkan tugas yang ada. Karenanya, gunakan waktu libur sebaik mungkin agar tubuhmu bisa sedikit bernapas lebih lega. Jeda juga dibutuhkan ketika kamu bekerja. Dalam hal ini, teknik podomoro bisa kamu aplikasikan agar produktivitas meningkat.

5. Sesekali, coba hirup udara bebas

5 Tips Menjaga Produktivitas Kerja, Ampuh Tingkatkan Performa!ilustrasi sekelompok orang bercengkrama di rooftop (pexels.com/cottonbro)

Berada di dalam ruangan sering kali membuat badan dan pikiran terasa sesak. Lebih lanjut, kejenuhan bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi sehingga kita membutuhkan waktu lebih lama untuk merampungkan tugas. 

Untuk menyegarkan pikiran, keluarlah dan  hirup udara bebas. Biarkan tubuhmu menyerap sinar matahari agar suasana hati kembali bangkit. Walau masih berada di tengah hiruk pikuk kota, cara ini setidaknya bisa dilakukan untuk membantu mengusir rasa penat.

Harus diakui, menjaga produktivitas kerja bukan hal mudah. Pasalnya, motivasi dan suasana kita kerap mengalami fluktuasi sepanjang waktu. Namun, jangan khawatir, tips di atas bisa membantumu lebih fokus agar produktivitas tetap terjaga dan performa meningkat.

Baca Juga: 5 Manfaat Menjaga Kebersihan Area Kerja, Produktivitas Terjaga

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya