Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Mencoba Pekerjaan yang Tak Sesuai Passionmu

Kamu tetap akan baik-baik saja

Salah satu kebutuhan manusia yang terus diupayakan di usia produktifnya adalah bekerja. Semua orang pasti ingin bekerja sesuai dengan passion ataupun hobi yang ia tekuni selama ini. Kita semua akan merasa sangat bersemangat jika sudah berhubungan dengan apa yang kita kuasai. Kita yakin pula bahwa prestasi dalam pekerjaan juga akan semakin meningkat jika kita bekerja sesuai dengan passion kita.

Namun di dalam dunia kerja yang sebenarnya, ada kalanya kita harus merelakan keinginan untuk bekerja sesuai passion dengan pekerjaan yang memiliki lebih banyak tantangan. Bahkan terkadang harus berkebalikan dengan background pendidikan, tak sama dengan pengalaman kerja sebelumnya, hingga sangat jauh dari ekspektasi kita sebelumnya. Namun bekerja tak sesuai passion tak selamanya memberikan keburukan. Selama kita bisa menerima dengan hati yang lapang, maka beberapa manfaat baik di bawah ini bisa kita rasakan.

1. Kamu semakin belajar banyak hal

5 Alasan Kamu Wajib Mencoba Pekerjaan yang Tak Sesuai Passionmupexels.com/@mentatdgt-330508

Kamu mungkin memiliki passion yang sangat keren, hobi yang sudah sangat kamu kuasai dan prestasi yang tak perlu diragukan lagi. Tapi saat kamu bekerja di perusahaan dan harus memiliki pekerjaan tak sesuai dengan passionmu, maka sebenarnya ini adalah keberuntungan untukmu.

Kamu menjadi lebih tahu banyak hal. Kamu memiliki kesempatan yang besar untuk lebih tahu dan belajar banyak hal baru. Bahkan dari apa yang tak kamu ketahui sebelumnya, kini kamu menjadi lebih tahu dan mungkin bisa kamu tekuni sebagai skill barumu. Bekerja tak sesuai passion tak selamanya menjadi hal buruk untuk karirmu. Kamu tetap bisa mengembangkan passion awalmu dan tetap menjadi yang terbaik dengan bertanggungjawab pada pekerjaan saat ini.

2. Pengalamanmu bekerja juga semakin beragam

5 Alasan Kamu Wajib Mencoba Pekerjaan yang Tak Sesuai Passionmupexels.com/@startup-stock-photos

Selain ilmu dan pengetahuanmu akan pekerjaan baru semakin banyak. Pengalamanmu juga semakin bertambah. Kamu menjadi semakin banyak mengerjakan tugas dan tanggungjawab baru, bahkan yang sebelumnya tidak kamu ketahui. 

Mungkin di awal kamu akan kesulitan, tapi semua itu hanya membutuhkan penyesuaian. Sebab setelahnya kamu akan lebih banyak menemukan kemudahan dan justru semakin bisa mengembangkan diri di posisi yang kamu hindari dulunya. Bekerja tak sesuai passion juga menambah banyak teman baru untukmu. Sebab saat kamu belajar, kamu membutuhkan bantuan orang lain. Dan dari sini kamu akan lebih banyak bertemu untuk belajar dari orang lain tersebut.

Baca Juga: 5 Kegiatan Wajib Saat Kamu Memilih Bekerja Secara Nomaden

3. Membuka peluang di bidang lain

5 Alasan Kamu Wajib Mencoba Pekerjaan yang Tak Sesuai Passionmupexels.com/@mentatdgt-330508

Siapa bilang pekerjaan yang tak sesuai passionmu akan merugikan dan membuang waktumu untuk sukses? Kamu justru akan membuka peluang sukses di bidang lain, sebab kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman baru yang sudah pernah kamu coba jalani sebelumnya.

Jangankan bekerja, mungkin kamu akan membuka bisnis di bidang yang baru kamu jalani. Kamu tetap bisa mengembangkan potensi dalam dirimu dengan menekuni skill dan passionmu sebelumnya. Dan kamu juga bisa membuka peluang sukses di bidang yang baru kamu coba jalani sekalipun sulit untuk konsisten di dalamnya.

4. Agar kamu tak mudah bosan

5 Alasan Kamu Wajib Mencoba Pekerjaan yang Tak Sesuai Passionmupexels.com/@olly

Bekerja yang tak sesuai passionmu akan memberikan hawa baru untukmu. Kamu menjadi lebih bersemangat sebab kamu tak akan merasakan bosan dalam pekerjaanmu. Jika selama ini kamu hanya mengerjakan yang itu-itu saja, suatu ketika kamu pun membutuhkan suasana baru yang bisa memicu semangatmu agar lebih membara.

Dengan mengerjakan pekerjaan baru yang bahkan mungkin tak biasanya kamu lakukan. Sulit di awal pun rela kamu terima, sebab kamu ingin mencari suasana kerja yang baru. Kamu memang bisa menepis dan menghilangkan rasa bosan dengan banyak kegiatan, namun mengerjakan hal baru akan memicumu untuk tetap produktif dan mungkin akan menghasilkan prestasi baru.

5. Semakin menghargai kesempatan

5 Alasan Kamu Wajib Mencoba Pekerjaan yang Tak Sesuai Passionmupexels.com/@valeriya

Yang terakhir yang patut kamu syukuri sekalipun pekerjaanmu saat ini di luar ekspektasimu dulu adalah saat kesempatan itu datang padamu. Jutaan manusia produktif di luar sana masih mencari pekerjaan. Ada yang sangat ambisius harus mendapatkan kerja sesuai keinginan, namun ada yang ingin bekerja ketika kesempatan emas datang padanya.

Tak ada yang salah, sebab semua itu pilihan. Meski pekerjaan yang dijalani saat ini harus dipelajari dan diusahakan dengan sekuat tenaga karena tidak sesuai dengan kemampuan atau pengalaman. Setidaknya ketika kesempatan baru datang, kita tidak diam begitu saja melewatkannya. Kita mau mencoba dan berusaha untuk menunjukkan kemampuan yang kita punya.

Baca Juga: Kamu Stres Karena Lelah Bekerja? Atasi dengan 5 Trik Ini

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You