Comscore Tracker

5 Macam Collaboration Skill, Wajib Dikuasai di Dunia Kerja!

Bisa membantu menunjang karier juga, lho!

Dalam dunia kerja, kamu akan bekerja bersama tim. Adapun keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja tim adalah collaboration skillKeterampilan ini akan membantu kamu dalam memaksimalkan pekerjaan bersama tim.

Kolaborasi tim adalah sebuah proses, tetapi berkolaborasi dengan baik merupakan keterampilan yang harus diasah. Oleh sebab itu, inilah beberapa collaboration skill yang harus kamu miliki di dunia kerja.

1. Keterbukaan pikiran atau open-minded

5 Macam Collaboration Skill, Wajib Dikuasai di Dunia Kerja!Ilustrasi teamwork (pexels.com/Artem Podrez)

Saat berkolaborasi atau bekerja bersama tim, tentunya akan banyak pendapat dari rekan kerja lain. Kamu juga nantinya akan sering berdiskusi bersama rekan kerja lainnya. Oleh sebab itu, skill keterbukaan pikiran atau open-minded menjadi penting untuk dimiliki.

Melansir Jostle, Corey Moseley, seorang penulis di bidang company culture, menyebutkan bahwa kita harus mampu menerima berbagai perspektif dari setiap orang dalam tim. Karena perspektif rekan kerja lain pun bisa mendorong adanya ide-ide baru untuk keberhasilan tim.

2. Kemampuan berkomunikasi

5 Macam Collaboration Skill, Wajib Dikuasai di Dunia Kerja!Ilustrasi sedang berkomunikasi (pexels.com/Christina Morillo)

Komunikasi menjadi skill yang penting untuk keberhasilan kolaborasi tim. Kamu harus mampu menyampaikan pendapat dan perspektifmu kepada tim. Selain itu, skill berkomunikasi pun meliputi kemampuan untuk saling mendengarkan perspektif rekan kerja lainnya.

"Tim yang gak berlatih mendengarkan secara aktif gak akan pernah berada di 'halaman' yang sama, karena masing-masing pihak menjauh dari percakapan dengan ide yang berbeda," jelas Matthew Zane, seorang lead editor dan penulis, dilansir Zippia.

Tanpa adanya kemampuan berkomunikasi, mungkin saja tim gak memiliki kekompakan dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena setiap anggota tim memiliki dunia dan perspektifnya sendiri yang gak dicoba untuk disatukan dalam sebuah kolaborasi tim.

3. Brainstorming

5 Macam Collaboration Skill, Wajib Dikuasai di Dunia Kerja!Ilustrasi sedang melakukan brainstorming (pexels.com/fauxels)

Berbagai pendapat dan perspektif dari anggota tim membuat ide akan semakin banyak. Oleh sebab itu, kolaborasi tim pun membutuhkan skill untuk brainstorming secara efektif.

Matthew Zane menyebutkan, brainstorming dilakukan untuk menemukan solusi yang inovatif. Sehingga, dalam brainstorming ini semua sudut pandang atau perspektif anggota tim akan turut dipertimbangkan.

Dengan kemampuan atau keterampilan brainstorming yang bagus, maka kamu mampu memutuskan sebuah ide terbaik untuk keberhasilan tim. Tanpa harus mengesampingkan opini atau pendapat dari anggota tim lainnya.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Perlu Dikuasai Mahasiswa

4. Kecerdasan emosional

5 Macam Collaboration Skill, Wajib Dikuasai di Dunia Kerja!Ilustrasi sedang berempati (pexels.com/Liza Summer)

Kecerdasan emosional menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki di zaman modern ini. Terlebih jika kamu bekerja sama dalam tim, maka keterampilan kecerdasan emosional menjadi sangat penting untuk dikembangkan.

"Kecerdasan emosional adalah tentang mengidentifikasi dan mengelola emosi Anda dan rekan kerja Anda," tutur Matthew Zane.

Matthew Zane memberikan contoh, misalnya ketika kamu melihat rekan kerja mengalami hari yang sangat sibuk. Maka, berikanlah mereka waktu, jangan bicarakan masalah pekerjaan kepada mereka. Dengan kata lain, keterampilan kecerdasan emosional ini membuatmu memiliki empati kepada sesama anggota tim.

5. Menghargai keberagaman dan perbedaan

5 Macam Collaboration Skill, Wajib Dikuasai di Dunia Kerja!Ilustrasi keberagaman di tempat kerja (pexels.com/fauxels)

Saat melakukan kolaborasi tim di dunia kerja, kamu akan bertemu dengan anggota tim dari berbagai latar belakang yang berbeda. Oleh sebab itu, kemampuan dan keterampilan menghargai perbedaan pun sebaiknya bisa kamu kuasai.

Melansir The Balance Money, Alison Doyle, seorang career expert, menyebutkan beberapa keterampilan yang perlu dimiliki untuk menghargai keberagaman atau perbedaan. Di antaranya adalah komunikasi terbuka, kepekaan terhadap latar belakang ras dan etnis, serta menggali sudut pandang dari seluruh anggota tim.

Itulah beberapa collaboration skill yang harus kamu miliki di dunia kerja. Terlebih jika kamu banyak bekerja bersama tim. Tentunya, skill di atas pun dapat membantu kamu mencapai keberhasilan dalam tim.

Baca Juga: 5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya