Comscore Tracker

5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!

Menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki

Di dunia karier, time management atau manajemen waktu menjadi salah satu kemampuan yang wajib dimiliki. Karena skill ini bisa membantu kamu untuk mengerjakan semua pekerjaan secara tepat waktu.

"Keterampilan time management adalah tentang bagaimana menggunakan waktumu dengan cara yang mendukung tujuan kamu secara proaktif, bukan reaktif," ujar Alexis Haselberger, seorang pelatih leadership, dilansir The Muse.

Dengan memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu bisa meningkatkan produktivitasmu. Inilah beberapa macam time management yang bisa kamu terapkan di dunia karier.

1. Perencanaan

5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!Ilustrasi sedang membuat perencanaan (pexels.com/Startup Stock Photos)

Jenis time management pertama adalah dimulai dari perencanaan. Dilansir Better Up, Madeline Miles, seorang penulis dan communicator, menyebutkan bahwa perencanaan bukan hanya sekadar mengetahui apa yang harus kamu lakukan dalam satu pekan.

Perencanaan adalah tentang menyusun to-do list dan memikirkan bagaimana menyelesaikan itu semua. Dilansir Spica, Blaz Kos, seorang coach management dan strategy consultant, menambahkan bahwa time management bisa membuatmu membayangkan apa yang perlu dilakukan dan mampu memprioritaskan pekerjaan.

Sehingga, nantinya kamu bisa menjalankan pekerjaan dengan baik dan maksimal. Karena sudah merencanakan segala halnya sejak jauh hari. Semua tugas pun akan terselesaikan dengan baik, tanpa ada yang terlewat.

2. Memilih prioritas

5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!Ilustrasi sedang menyusun prioritas (pexels.com/cottonbro)

Keterampilan time management yang kedua adalah memilih dan menentukan prioritas. Kebanyakan orang merasa kesulitan menyelesaikan semua tugas dikarenakan belum menyusun prioritasnya.

"Ada sejumlah faktor yang menjadi prioritas, di antaranya: dampak, urgensi, kesulitan atau kompleksitas, dan tenggat waktu," ujar Haselberger.

Oleh sebab itu, setelah menyusun pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan, kamu perlu melihat empat faktor di atas. Setelah itu, kamu bisa memutuskan pekerjaan mana saja yang harus diprioritaskan.

Madeline Miles menambahkan, dengan begitu kamu akan fokus pada pekerjaan yang prioritasnya lebih besar. Sehingga, pekerjaan akan terselesaikan secara lebih maksimal dan memuaskan.

3. Penjadwalan

5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!Ilustrasi sedang membuat penjadwalan (pexels.com/Helena Lopes)

Membuat perencanaan dan menyusun prioritas saja belum cukup untuk menunjang keterampilan time management. Berikutnya, kamu juga harus membuat penjadwalan atau timeline terkait pekerjaan yang akan dilakukan dalam sepekan.

Melansir Life Hack, Rinkesh Kukreja, seorang wirausaha dan pendiri Conserve Energy Future, menyebutkan bahwa penjadwalan ini meliputi to-do list yang telah disusun sesuai prioritas. Jika ada proyek besar yang harus dilakukan, maka simpan itu dalam satu hari penuh, jangan masukkan proyek lainnya.

Dengan begitu, kamu berpotensi menyelesaikan semua tugas dengan baik, termasuk tugas yang kompleks atau sulit. Jika gak dijadwalkan, maka dikhawatirkan banyak tugas yang terlewat. Penjadwalan pun bisa membuat waktumu digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Jalani Management Trainee, Karier Auto Melejit

4. Menghilangkan penundaan

5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!Ilustrasi sedang menunda waktu (pexels.com/Monstera)

Dalam keterampilan time management, penundaan atau kebiasaan menunda-nunda menjadi hal yang wajib dihilangkan. Rinkesh Kukreja menyebutkan, penundaan ini menjadi dampak yang negatif untuk produktivitas. Karena akan mengakibatkan pemborosan waktu untuk suatu hal yang gak penting.

Cobalah untuk fokus melihat jadwal atau timeline yang telah disusun. Tanamkan dalam diri bahwa jadwal tersebut harus dikerjakan secara teratur dan maksimal. Jika terus melakukan penundaan, maka artinya kamu akan mengacaukan seluruh jadwal yang telah dibuat.

5. Mendelegasikan rekan kerja

5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!Ilustrasi teamwork (pexels.com/Fox)

Saat bekerja, tentunya kamu gak sendirian, kamu pasti memiliki rekan kerja. Dalam time management, pendelegasian rekan kerja menjadi salah satu aspek yang cukup penting. Hal tersebut akan membantumu menyelesaikan tugas atau proyek dengan tepat waktu.

"Mendelegasikan adalah memberi orang lain proyek atau bagian dari proyek. Ini bisa membebaskan kamu untuk mengerjakan proyek tingkat tinggi, dan mempercepat proyek karena lebih dari satu orang mengerjakannya pada waktu yang sama," ujar Eileen Roth, seorang pakar office organization, dilansir The Muse.

Jika terdapat pekerjaan yang dirasa terlalu berat atau sulit, maka gak ada salahnya meminta bantuan rekan kerja lain. Karena dalam perusahaan pun kamu bukan bekerja secara individu, melainkan kerja tim. Sehingga seluruh tugas atau proyek pun bisa terselesaikan dengan cepat.

Itu dia beberapa macam time management skill yang harus kamu miliki dan terapkan di dunia karier. Dengan menerapkannya, maka waktumu bisa berjalan lebih produktif.

Baca Juga: 6 Langkah Perbaiki Time Management yang Sebaiknya Segera Kamu Lakukan

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya