Comscore Tracker

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from Home

Gak ada salahnya kok kerja dari rumah

Work from home atau bekerja dari rumah sudah mulai diberlakukan oleh beberapa perusahaan agar para pekerjanya tidak banyak melakukan interaksi di tempat umum. Termasuk salah satunya tidak pergi ke kantor sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran virus COVID-19.

Tapi tau gak sih manfaat apa aja sih yang bisa kamu lakukan saat work from home yang mulai diberlakukan di kantormu? Simak baik-baik ya!

1. Mandi gak lagi terburu-buru

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from HomeUnsplash.com/@avasol

Kegiatan bangun pagi emang sudah menjadi kewajiban yang utama, khususnya bagi mereka yang mempunyai rutinitas ke kantor. Mandi pagi pun gak terelakkan agar saat sampai kantor pun, datang dengan keadaan fresh. Tapi tak jarang dari mereka ada yang susah bangun pagi dan mandi pun jadi terburu-buru juga.

Nah, tapi kalo lagi work from home gini bisa banget lho mandinya ga buru-buru lagi. Mungkin bisa sekalian nih berendam ataupun luluran agar sel kulit mati hilang dengan sempurna. Badan jadi lebih wangi, bersih dan fresh lagi. Nyaman banget kan pastinya?

2. Bebas mau pakai baju apa aja

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from HomeUnsplash.com/@andrewtneel

Sebelum ke kantor biasanya kita akan diribetkan dengan banyak hal. Salah satunya memilih baju. Kalo kamu punya seragam ke kantor mungkin lebih mudah menentukan apa yang akan dipakai setiap harinya. Apabila kantor kamu punya kebijakan mengenai pakaian dengan tema bebas, rapi, dan sopan, tetap aja kan kamu masih bingung ingin pakai baju apa untuk pergi ke kantor.

Kalo work from home gimana? Bebas banget kan mau pake baju tidur atau baju untuk di rumah. Tapi jika kamu masih melakukan confrence video call  untuk daily basis  kerjaan, kamu masih bisa kok pakai atasan kerja dan bawahan baju tidur. No ribet-ribet club!

3. Lebih hemat makan siang di rumah

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from HomeUnsplash.com/@aaronphs

Ketika jadwalnya makan siang, teman-teman kantormu pasti ada aja yang nanya, "Mau makan siang apa nih kita?"

Kalo makan di rumah, gak perlu bingung lagi deh mau makan apa dan di mana. Tinggal manfaatin aja tuh bahan-bahan makanan yang ada di rumah kamu. Misalkan kalo ada ekstra makanan bisa untuk nambah porsi ataupun untuk dimakan saat waktu makan selanjutnya. Jadi lebih hemat kan? Mungkin akan sedikit effort, tapi kalo worth it, why not?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Work Life Balance Patut Diterapkan Millennials

4. Punya waktu luang lebih banyak

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from HomeUnsplash.com/@weelee

Seharian di rumah mungkin bakalan bosan juga kali ya? Eits, tunggu dulu! Kebayang ga sih kalo work from home jadi punya waktu lebih banyak? Jika sebelumnya harus menempuh waktu perjalanan pulang-pergi dari rumah ke kantor, sekarang waktu tersebut jadi lebih utuh dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih produktif lagi.

Jika biasanya kamu bangun pagi karena harus menempuh perjalanan jauh, waktu tersebut bisa kamu gunakan nih untuk berolahraga pagi, seperti yoga atau senam di rumah. Bisa juga melakukan pekerjaan rumah yang sering terbengkalai karena sudah kelelahan selepas pulang kerja. Nah, sekarang ini kesempatan kamu untuk berbenah dan produktif lagi. Jangan tambah males-malesan ya!

5. Terhindar dari kemacetan dan keramaian

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from HomeUnsplash.com/@lordmaui

Macet, panas, polusi, adalah makanan sehari-hari jika kamu melakukan commute dari rumah ke kantor. Belum ditambah dengan pekerjaan kantor yang numpuk, teman kerja yang iseng, dan pressure kerjaan pastinya bakalan stres juga kan?

Saat ini adalah waktu buat kamu merelakskan diri dari kepenatan, kebisingan dan terutama kemacetan yang menghiasi seluruh kota yang kamu harus hadapi setiap harinya. Work from home merupakan sebuah jawaban dan juga privilege buat kamu untuk mengurangi beberapa hal tersebut. No more stress, no more drama!

6. Lebih sehat dan happy

Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from HomeUnsplash.com/@demken

Selain mandi menjadi optimal, waktu luang untuk menjadi produktif lebih banyak, makan terjaga, manfaat yang terakhir adalah hal yang paling penting dari semua di atas. Terutama untuk situasi sekarang ini. Selain terhindar dari paparan polusi dan kontak dengan orang yang jumlah yang lebih sedikit, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan kita nantinya.

Pastinya jauh lebih sehat dibandingkan harus menempuh perjalanan ke kantor seperti biasa dan less of stress. Walaupun sifatnya work from home ini hanya sementara, gak ada salahnya kok memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin demi kualitas diri sendiri demi kehidupan lebih baik.

Stay safe and stay healthy ya! Buat kamu yang diperbolehkan work from home, selamat bekerja dari rumah!

Baca Juga: PNS Diimbau Kerja dari Rumah untuk Cegah Penularan Virus Corona

Noxy Lozy Photo Verified Writer Noxy Lozy

An asocial extrovert | noxylozy@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya