Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Pilihan Karier Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi Berdikari

Para perempuan, yuk baca! #IWF2020

Setiap orang berhak atas pilihan hidupnya sendiri. Tidak memandang gender, baik laki-laki maupun perempuan bebas mewujudkan mimpinya.

Banyak perempuan yang memutuskan untuk menjadi pekerja kantoran tetapi tidak sedikit juga yang memilih menjadi ibu rumah tangga. Tidak ada yang salah dengan dua hal tersebut. Setiap plihan yang diambil selalu ada kelebihan dan kekurangannya.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa perempuan harus bisa mandiri secara finansial. Perempuan harus bisa berdiri dengan kakinya sendiri. Tidak semata-mata bergantung kepada suami. Mengingat, masa depan masih menjadi misteri, maka akan lebih baik jika perempuan mampu menghasilkan pendapatan.

Kurang lebih itulah segelintir materi penting yang disampaikan Ligwina Hananto pada Selasa, (22/9/2020) dalam sesi Perempuan dalam Kata-kata di Indonesia Writers Festival.

Ligwina juga menegaskan bahwa menjadi ibu rumah tangga juga dapat bekerja. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga.

1. Pebisnis online

IWF 2020: 5 Pilihan Karier Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi BerdikariYouTube.com/IDN Times

Pakaian, pernak-pernik lucu, serta barang-barang lain yang unik dapat juga dijadikan ladang rejeki untuk para ibu rumah tangga. Berjualan produk-produk tersebut secara online baik melalui media sosial maupun e-commerce bisa jadi alternatif lain untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ibu-ibu yang memiliki jiwa entrepreneur bisa mencoba untuk merintis usaha online.

2. Pebisnis kuliner

IWF 2020: 5 Pilihan Karier Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi Berdikaripexels.com/viktoria alipatova

Para ibu rumah tangga yang jago memasak dapat menuangkan keahliannya untuk berbisnis makanan. Mereka bisa mencoba untuk berjualan kue, camilan, makanan berat, minuman dan lain-lain.

Memanfaatkan momentum yang ada juga bisa menjadi peluang bisnis, misalnya saat menjelang lebaran. Para ibu bisa mencoba berjualan kue kering, seperti kue putri salju, lidah kucing, nastar, kastengel, dan lain sebagainya.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Hal Penting agar Perempuan Bisa Bebas Berpendapat 

3. Penulis

IWF 2020: 5 Pilihan Karier Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi Berdikaripexels.com/fotios photos

Menjadi seorang penulis bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menghasilkan untuk para ibu rumah tangga. Jam kerjanya yang fleksibel membuat pekerjaan yang satu ini mampu bersahabat dengan ibu rumah tangga. Pada waktu senggang setelah mengerjakan pekerjaan rumah, menulis bisa jadi refreshing untuk ibu-ibu yang ingin menuangkan unek-unek, opini, ide cemerlang, dan kreativitasnya.

Tulisan-tulisan tersebut dapat dikirimkan ke media cetak seperti koran atau media online seperti IDN Times.

4. Ilustrator

IWF 2020: 5 Pilihan Karier Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi Berdikaripexels.com/steve

Teruntuk para ibu yang suka menggambar, menjadi illustrator bisa jadi pilihan untuk bekerja. Pekerjaan ini tergolong cukup menjanjikan. Open commission atau membuka jasa gambar adalah cara illustrator menghasilkan pendapatan.

Menggambar dapat dilakukan dengan kuas atau software seperti Adobe Illustrator, Procreate, dan lain-lain.

5. Penjahit

IWF 2020: 5 Pilihan Karier Ini Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi Berdikaripexels.com/cottonbro

Menjadi penjahit juga merupakan pekerjaan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pekerjaan ini dapat dikerjakan di rumah sehingga tidak menyulitkan. Dibutuhkan keterampilan dan kreativitas dalam menjahit. Tidak hanya itu, ketelitian dan kesabaran juga menjadi bagian penting dalam menjahit.

Nah, itu tadi lima pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Ayo, jadi perempuan yang independen secara finansial!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 5 Panduan Berani Speak Up bagi Perempuan Tanpa Takut Dibully

Nurdiana Andira Photo Writer Nurdiana Andira

newbie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya