Comscore Tracker

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!

Jangan terlalu lama dibiarkan!

Hampir semua orang pasti menghabiskan waktunya untuk bekerja. Mulai karena kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup, sampai melakukannya karena memang menyukainya. Namun tanpa disadari, saking sibuknya bekerja, banyak para pekerja yang akhirnya lupa jika tubuhnya juga butuh untuk beristirahat.

Jika sudah begini, secara perlahan kondisi kesehatan tubuhmu justru akan terancam. Biar gak terlambat, ini tujuh tanda darurat kalau tubuhmu butuh istirahat secepatnya.

1. Kamu jadi sering cemas dan gelisah

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!unsplash.com/@punttim

Ketika terlalu banyak bekerja, otak akan selalu seperti memberikan perintah untuk tetap terus bekerja sehingga menguras semua energi tubuhmu. Kamu juga mulai merasakan kecemasan atau kegelisahan karena takut hasil pekerjaanmu tidak sempurna, alhasil kamu memilih untuk tetap bekerja sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kamu mulai jarang bersosialisasi dengan teman dan orang sekitarmu

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!https://unsplash.com/@cowomen

Bekerja terlalu keras tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosialmu, namun juga hubunganmu dengan keluarga dan orang terdekatmu menjadi renggang. Akibat terlalu sering menghabiskan waktu hanya untuk pekerjaan, akhirnya kamu lupa untuk bersosialisasi. Kalau sudah seperti ini, sudah jelas kalau kamu perlu istirahat dari bekerja, karena sejatinya manusia merupakan makhluk sosial.

3. Emosimu menjadi lebih sensitif

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!unsplash.com/@icons8

Tanpa disadari, menghabiskan hampir seluruh waktumu untuk bekerja bisa sangat berdampak besar pada emosimu. Saat tubuhmu mulai lelah, emosi mulai tak terkontrol dan kamu cenderung jadi lebih cepat marah atau mudah tersinggung.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kalau Menulis Justru Bisa Kamu Jadikan Pekerjaan Utama 

4. Selalu mengandalkan kopi agar kuat bekerja

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!unsplash.com/@daugirl

Tak sedikit orang yang bekerja hingga larut malam dan harus kembali bekerja di pagi hari. Alhasil waktu tidurmu pun berkurang dan membuatmu menjadi lebih mudah mengantuk. Saat mengantuk, kopi akan menjadi ramuan ajaib untuk menghilangkan kantuk di saat di tengah kegiatan bekerja. Namun tanpa disadari, kamu justru menjadi ketergantungan dengan kopi, dan mengonsumsinya melebihi batas wajar sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

5. Nafsu makan jadi berkurang

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!unsplash.com/@icons8

Tak hanya jadwal makan yang berantakan, bekerja secara berlebihan juga bisa membuat nafsu makanmu menurun. Menurut penelitian yang dilansir dari The News Times, terlalu banyak bekerja bisa menghilangkan nafsu makanmu, bahkan makanan yang biasanya kamu sukai sekalipun.

6. Penampilanmu mulai berantakan

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!unsplash.com/@all_who_wander

Stres yang didapatkan dari pekerjaan bisa mempengaruhi penampilanmu, lho! Ketika kamu merasa stres dan lelah kamu akan terlihat lesu, dan kurangnya tidur karena kerja yang berlebihan juga dapat membuat kantong matamu membesar. Alhasil penampilanmu justru terlihat berantakan dan tidak segar.

7. Organ-organ tubuhmu mulai merasakan sakit

7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!onetherapy.com

Tanda yang paling bahaya yaitu ketika organ tubuhmu perlahan mulai merasakan sakit. Saat kamu bekerja, biasanya kamu sering duduk terlalu lama sambil menatap layar laptop atau PC selama berjam-jam. Alhasil kamu bisa mengalami sakit mata, punggung, leher, kepala dan organ tubuh lainnya.

Itu dia tujuh tanda darurat kalau kamu harus cepat istirahat dari bekerja. Kalau sudah menemukan tanda-tanda di atas, jangan ragu untuk ambil cuti dan beristirahat penuh ya, karena kesehatanmu merupakan segalanya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Fresh Graduate Masih Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya