Comscore Tracker

5 Cara Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja, Gak Cuma Buang Kuota

Ayo perluas jaringan onlinemu

Mencari pekerjaan yang cocok untukmu perlu beberapa strategi yang tepat. Selain persiapan mental dan keterampilan, cara yang kamu gunakan harus cerdas dan bermanfaat. Memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan patut kamu coba.

Cara ini cukup fleksibel dan mudah kamu lakukan di mana pun kamu berada. Kamu juga perlu menciptakan profil baik pada media sosialmu agar perusahaan berminat merekrutmu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam memanfaatkan media sosial. 

1. Menemukan pekerjaan dengan memanfaatkan tagar

5 Cara Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja, Gak Cuma Buang Kuotapixabay.com/rawpixel

Kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan dengan tagar #jobsearch, #jobtech, #lowongankarirterbaru dan tagar lainnya yang akan memberikan informasi untukmu. Dalam media sosial pun sering kali kamu temukan komunitas karier yang memungkinkan untuk berbagi informasi. Yang terpenting kamu menjalin hubungan baik dengan teman dalam akun media sosialmu.  

2. Bergabung dalam Linkedln

5 Cara Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja, Gak Cuma Buang KuotaPixabay.com/rawpixel

Beberapa perusahaan menggunakan LinkedIn untuk membuka lowongan pekerjaan terbaru. Kadang kala, kamu diarahkan langsung untuk melamar melalui situs web perusahaan. Jika kamu menemukan pekerjaan yang cocok, segera melamar untuk memenangkan persaingan kerja.

3. Memamerkan karya di blog pribadi

5 Cara Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja, Gak Cuma Buang Kuotapixabay.com/StartupStockPhotos

Membuat sebuah blog menarik yang sesuai passionmu akan memberikan keuntungan tersendiri. Blog bisa dijadikan cara yang bagus untuk memamerkan karyamu dan menunjukkan kepribadianmu. Jadikan blogmu semacam portofolio online yang menunjukkan minat kamu dalam pekerjaan yang dicari.

Blog yang bagus dan bermanfaat akan menarik perhatian orang lain. Kamu akan dikenal sebagai orang yang kreatif dan memiliki semangat yang tinggi. Saat mencari pekerjaan, kamu bisa mencantumkan alamat blog kamu untuk menarik minat perusahaan yang kamu pilih. 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan Baru

4. Bergabung dalam komunitas online

5 Cara Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja, Gak Cuma Buang Kuotapixabay.com/rawpixel

Teman-teman lama, alumni, jaringan universitas, hingga jaringan perusahaan industri dapat kamu manfaatkan untuk menemukan pekerjaan yang cocok. Keterlibatan dan keaktifan kamu dalam komunitas harus diperhatikan.

Memberikan komentar positif pada sebuah post dengan jawaban teliti menunjukkan ketertarikan kamu pada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Kamu juga bisa bertanya langsung pada anggota mengenai lowongan pekerjaan terbaru di sekitar mereka. 

5. Menggunakan YouTube untuk mengasah minat

5 Cara Manfaatkan Media Sosial untuk Cari Kerja, Gak Cuma Buang Kuotapixabay.com/USA-reisseblogger

Berbagai konten kreatif dapat kamu temukan melalui YouTube. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan minatmu. Belajar berbagai desain, fotografi, memasak hingga membuat berbagai barang kreatif bisa kamu lakukan.

Jika kamu bisa menambah ilmu, maka kamu bisa memamerkan ilmu saat melamar pekerjaan. Peluang pekerjaan sebagai wiraswasta dapat kamu temukan dengan menemukan konten yang cocok untukmu. Bekerja tak harus menjadi karyawan, kamu bisa memulai untuk bekerja dengan bekal minat dan hobimu. 

Nah, beberapa cara ini dapat kamu coba untuk memanfaatkan media sosial agar lebih positif. Menemukan pekerjaan yang cocok harus disertai semangat dan pikiran yang positif. Jangan menyerah untuk mencari pekerjaan, ya.  

Baca Juga: 8 Poin Incaran Millennials Saat Mencari Kerja Selain Gaji, Benar Gak?

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You