Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Membangun Relasi untuk si Pemalu, Gak Perlu Minder

Mulai cari peluang dalam pertemanan

Seorang pemalu memiliki cara sendiri dalam bergaul. Sikapnya yang tidak mudah bergaul dengan orang membuatnya sulit mendapatkan relasi. Dalam karier, jaringan pertemanan merupakan salah satu faktor yang menunjang kariermu. Kamu tidak boleh menyepelekan hal ini dengan alasan ketidakpiawaianmu menjalin hubungan dengan orang lain.

Membuka diri untuk sebuah pertemanan yang baik dan sehat akan membuka banyak peluang baik yang menguntungkan. Untuk itu, perlu perubahan diri untuk siap menerima kehadiran orang lain. Berikut beberapa cara sederhana yang perlu kamu coba. 

1. Menjangkau orang-orang masa lalu

5 Cara Sederhana Membangun Relasi untuk si Pemalu, Gak Perlu Minderpixabay.com/stock snap

Ketika kita mencari langkah awal untuk mengembangkan relasi, kita harus memulainya dengan orang-orang di masa lalu. Kadangkala, kamu terlalu fokus dengan urusanmu di masa depan dan menjauh dari orang-orang di masa lalu. Berhubungan kembali dengan mereka seperti teman lama, bos lama, mentor hingga dosen akan memberikan manfaat untukmu.

Mereka yang kemungkinan berada di tempat berbeda dalam karier tentu menyediakan peluang yang mungkin bisa kamu dapatkan. Kamu bisa menjalin hubungan ini dengan berkirim e-mail, WhatsApp, ataupun jejaring sosial yang mudah kamu temukan. 

2. Bergabung dengan komunitas hobi

5 Cara Sederhana Membangun Relasi untuk si Pemalu, Gak Perlu MinderPixabay.com/stocksnap

Hal yang akan membuat semangatmu kembali adalah dengan menekuni hobi. Bergabung dengan komunitas hobi akan memperluas relasi pertemananmu. Dalam komunitas ini, kamu akan menemukan banyak orang dengan latar pendidikan dan pekerjaan yang berbeda. Kamu bisa saling bertukar pengalaman, pengetahuan hingga menemukan peluang.

Biasanya, orang-orang yang menggeluti hobi memiliki kepribadian yang berbeda dan unik. Komunitas penulis, blogger, vlogger hingga gym bisa kamu pilih sesuai hobimu. Tidak begitu sulit untuk memulai pertemanan dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. 

3. Aktif dalam kegiatan sosial

5 Cara Sederhana Membangun Relasi untuk si Pemalu, Gak Perlu MinderPixabay.com/Rawpixel

Sudah saatnya kamu peduli dengan kegiatan sosial. Kamu harus memulainya dengan mengikuti kegiatan sosial yang memberi dampak baik pada perubahan dirimu. Dalam kegiatan sosial, kamu akan berbaur dengan orang-orang dari berbagai etnis dan kalangan.

Jika kamu mau membuka diri dan terjun dalam kegiatan itu, maka relasi pertemananmu akan mudah dikembangkan.

Pertemananmu akan lebih sehat dan banyak ilmu yang kamu dapat. Biasanya, orang-orang dalam kegiatan ini akan membantumu mencari peluang, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sosial.  

Baca Juga: 7 Keterampilan Sosial yang Kamu Perlukan agar Memiliki Banyak Relasi 

4. Rajin mengikuti seminar kreatif

5 Cara Sederhana Membangun Relasi untuk si Pemalu, Gak Perlu Minderpixabay.com/hans

Seminar kreatif merupakan acara yang seharusnya sering kamu kunjungi. Bukan hanya ilmu yang nanti kamu dapat, tetapi teman-teman baru yang pastinya menularkan energi positif. Semangat baru dan pandangan baru akan membuka peluang untuk kamu yang sedikit tertutup. Orang-orang dalam seminar yang kamu ikuti tentu bukan orang sembarangan.

Mereka adalah orang-orang yang dalam hidupnya haus akan ilmu. Keputusanmu bergaul dengan mereka patut disebut langkah yang tepat. Jadi, jangan malas untuk mendatangi seminar kreatif ya. 

5. Menjalin hubungan baik dengan keluarga besar

5 Cara Sederhana Membangun Relasi untuk si Pemalu, Gak Perlu Minderpixabay.co./marusya21111999

Mulai sekarang, kamu harus peduli dengan lingkungan keluarga besarmu. Kadang kala, kamu terlalu sibuk dengan urusanmu hingga tidak berhubungan baik dengan seluruh keluarga besar. Orang-orang yang memiliki garis kekerabatan denganmu akan membukakan peluang baik untuk kehidupanmu.

Seluruh permasalahan baik dalam karier maupun kehidupan, terasa sangat mudah jika kamu bagi dengan mereka. Rasa saling menyayangi dan melindungi akan kamu dapatkan dengan berbaur dengan mereka. Jangan jauhkan dirimu dari orang-orang penting yang ditakdirkan menjadi saudaramu. 

Nah, cara sederhana ini harus kamu coba untuk mengembangkan relasimu. Dalam kehidupan, karier dan percintaan kamu tidak bisa sendirian. Jangan pernah minder lagi, ya. 

Baca Juga: Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan Agar Bisa Jadi Relasi

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You