Comscore Tracker

5 Keuntungan Magang bagi Pengembangan Karier Mahasiswa

Maksimalkan proses saat magang, ya!

Bagi mahasiswa yang sedang menempuh bangku perkuliahan, program magang tentunya menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Bahkan Perkuliahan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perkuliahan Tinggi Swasta (PTS) sudah mewajibkan program magang ini kepada mahasiswa/i mereka.

Oleh karenanya, program magang ini perlu dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa yang menjalaninya, lho. Tentunya hal ini akan sangat berguna mengingat memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan karier ke depannya. Bagi yang penasaran, seperti apa sih keuntungan magang bagi mahasiswa? IDN Times akan menjawabnya dalam tulisan berikut ini. Simak baik-baik, ya!

1. Menjadi wadah untuk mengaplikasikan ilmu pertama kalinya

5 Keuntungan Magang bagi Pengembangan Karier Mahasiswailustrasi bekerja (unsplash.com/Microsoft 365)

Perkuliahan bagi mahasiswa sarjana pada umumnya ditempuh dalam waktu 4 tahun. Selama ini pula mahasiswa akan diberikan sejumlah teori khusus yang berkaitan dengan program studi yang dipilih.

Namun, tentunya tak sekadar teori, dong. Mahasiswa juga akan diberikan prorgram magang sebagai wadah untuk mengaplikasikan teori yang sudah dipelajari. Biasanya program magang ini berlangsung selama 1-6 bulan tergantung instansi apa yang dipilih.

Bila ingin bersungguh-sungguh, maka manfaatkanlah waktu magang ini dengan baik. Cari seseorang di instansi yang bisa menjadi mentor kamu, lalu mintalah kesediaannya untuk meninjau pekerjaanmu sekala berkala. Tentu ini akan sangat berpengaruh bagi kariermu ke depannya.

2. Menjalin relasi dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama denganmu

5 Keuntungan Magang bagi Pengembangan Karier Mahasiswailustrasi mahasiswa saling berinteraksi (unsplash.com/Akson)

Saat magang, tentu kamu akan ditempatkan di instansi yang cocok dengan latar belakang pendidikanmu. Misalnya saja, seseorang yang sedang menempuh Sarjana Ilmu Komunikasi lalu memilih magang di salah satu instansi pemerintahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Dengan magang di sana, tentu sebagai anak Ilmu Komunikasi akan sangat terbantu dalam menjalin relasi dengan orang-orang hebat yang berada dalam latar belakang yang sama denganmu. Terjalinnya relasi yang baik akan mengantarkanmu pada kemudahan yang ada. 

Baca Juga: Penting! 5 Alasan Fresh Graduate Harus Ambil Kesempatan Magang

3. Jika kinerja saat magang bagus, kamu bisa mendapatkan tawaran saat lulus kuliah nanti

5 Keuntungan Magang bagi Pengembangan Karier Mahasiswailustrasi seorang pekerja (unsplash.com/Hunters Race)

Dalam berjalannya waktu yang kini telah memasuki era digital, persaingan di dunia pekerjaan terus meningkat. Namun tak perlu khawatir jika saat ini kamu masih menempuh bangku perkuliahan, ada jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti.

Yakni dengan memaksimalkan proses magang. Meskipun ini tak ada jaminan, namun tetap ada kemungkinan besar pihak perusahaan akan memberikan tawaran saat lulus, lho. Oleh karenanya poin ini sangat wajib diperhatikan saat magang!

4. Belajar sambil dibayar

5 Keuntungan Magang bagi Pengembangan Karier Mahasiswailustrasi gaji (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Saat ini sedang marak dijumpai program magang yang memberikan upah kepada pelajar. Apalagi dengan adanya program Kampus Merdeka, tentu sangat memudahkan bagi mahasiswa yang juga ingin mendapatkan insentif saat magang.

Maka, dengan insentif yang kamu terima, tanami pada diri sendiri bahwasanya hal tersebut akan sesuai dengan yang kamu berikan kepada perusahaan. Dengan begini kamu akan selalu memberikan progress yang maksimal tiap waktunya.

5. Mendapatkan fasilitas kerja sekaligus sertifikasi penunjang karier

5 Keuntungan Magang bagi Pengembangan Karier Mahasiswailustrasi pekerja (unsplash.com/Icons8 Team)

Saat magang, kita akan mendapatkan fasilitas kurang lebih sama dengan pekerja tetap lainnya. Misalnya saat magang di sebuah pusat penelitian seperti LIPI, kita akan mendapatkan berbagai keuntungan tak hanya sekadar insentif saja. Peneliti di sana akan senantiasa membimbing kita dalam meneliti sesuatu, berbagai literatur yang tersedia dapat diakses dengan mudah serta beberapa perangkat fasilitas lainnya. Sama halnya saat magang di perusahaan tertentu.

Tentu hal demikian memberikan dampak yang bagus untuk perkembangan karier mahasiswa ke depannya. Dimana hasil dari program magang ini ialah dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tak hanya segi teori melainkan juga praktik.

Setelah program magang berhasil diselesaikan, maka sertifikasi magang akan kamu dapatkan. Adanya sertifikasi ini sangat berguna untuk karier masa depan, lho. Mahasiswa memiliki 'bekal' saat lulus nanti kala ingin melamar pekerjaan di bidang yang sesuai. Maka, kuncinya adalah maksimalkan selalu prosesnya!

Program magang memang memberikan begitu banyak dampak positif untuk mahasiswa. Oleh karenanya untuk terus mengembangkan karier, maka selalu maksimalkan kerjamu di setiap waktu, ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips Maksimalkan Pengalaman Magang, Bikin Kamu Makin Outstanding!

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya