Comscore Tracker

Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis Sukses

Jangan sampai impianmu cuma jadi angan saja, wujudkan! 

Buat kamu yang bermimpi untuk menjadi pebisnis sukses, jangan sampai impianmu hanya menjadi angan belaka. Kamu harus semangat untuk mewujudkannya. Apalagi jika kamu masih muda, jangan sia-siakan waktumu.

Tidak peduli bagaimana kondisimu saat ini, yang pasti kamu harus menata diri sebaik mungkin untuk memulainya. Simak berikut ini lima mindset untuk menjadi pebisnis sukses, agar peluang suksesmu semakin besar!

1. Kamu harus membangun mental kaya, bagaimanapun kondisimu

Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis SuksesUnsplash/shamimnakhaei

Mental kaya sangat diperlukan untuk memulai bisnis. Mental kaya akan membuatmu bertahan dalam segala tekanan yang akan kamu hadapi. Kamu yang memiliki mental kaya, akan mudah untuk bangkit. Kamu bisa memupuk pemikiran yang terbuka.

Tentunya kamu jadi bisa memotivasi diri dengan baik. Kamu akan lebih berbesar hati saat mengalami kegagalan dan mau memperbaiki kegagalanmu. Orang bermental kaya akan cenderung untuk tidak menyerah. Tidak peduli seperti apa kelas sosialmu, jika kamu memutuskan untuk berbisnis, kamu harus membangun mental kaya!

2. Tujuan yang harus kamu capai adalah 'menjadi kaya', bukan 'terlihat kaya'

Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis SuksesUnsplash/mehdizadeh

Kamu harus bisa menentukan dan memaknai tujuanmu dengan jelas. Jika tujuanmu berbisnis untuk 'menjadi' kaya, kamu akan memikirkan cara terbaik untuk mencapainya. Tapi jika tujuanmu berbisnis untuk 'terlihat' kaya, berarti kamu tidak sungguh-sungguh ingin berbisnis.

Karena kamu hanya terobsesi untuk menikmati hasil akhirnya. Sehingga kamu tidak memikirkan cara untuk menjadi kaya, dan kamu pun jadi tidak menikmati prosesnya. Tanyakan pada dirimu apakah sudah menetapkan tujuan yang jelas atau belum!

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Sukses Jadi Pasutri Millennials & Gak Tergantung Ortu!

3. 'Yakinkan' diri bahwa kamu akan gagal, bukan 'mempersiapkan' diri untuk gagal

Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis SuksesUnsplash/benchaccounting

Jika kamu meyakinkan diri untuk gagal, maka pikiranmu akan lebih terbuka saat mengalami kegagalan. Karena kegagalan pasti terjadi di dunia bisnis. Berbeda jika kamu mempersiapkan diri untuk gagal. Bisa jadi hari ini kamu telah melakukannya, tapi mungkin saat kamu lengah, kesiapanmu tentu memudar.

Karena kegagalan itu terjadi disaat yang tak terduga. Kalau kamu mengandalkan kesiapan, kamu bisa kaget. Saat kamu sudah kaget, maka kamu lebih mudah merasa down dan butuh tenaga ekstra untuk bangkit. Noted!

4. Kamu tidak akan pernah siap, intinya kamu berani memulainya atau tidak? Itu saja!

Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis SuksesUnsplash/nordwood

Kalau kamu terus menimbang-nimbang apakah dirimu siap memulai bisnis atau tidak, jawabannya adalah 'tidak'. Karena kamu tidak akan pernah siap. Berbicara tentang bisnis, pertanyaan yang harus kamu jawab dengan lantang adalah tentang keberanianmu untuk memulainya.

Jika kamu berani memulai, artinya kamu memotivasi diri untuk melangkah namun harus tetap sadar akan kegagalan. Tanamkan mental untuk belajar. Maka kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Jadi, jangan menunggu untuk siap, tapi beranikan diri untuk memulai!

5. Merangkaklah dari bawah, jangan mencoba mencari jalan pintas!

Ini 5 Mindset yang Perlu Kamu Tanamkan untuk Menjadi Pebisnis SuksesUnsplash/benchaccounting

Memulai bisnis sebaiknya diawali dari nol. Jangan merasa gengsi harus merangkak dari bawah. Jika kamu mengalami kegagalan, maka kerugianmu tidak terlalu besar, dan permasalahannya pun tidak terlalu besar. Sehingga kamu tidak akan terlalu panik dan kebingungan.

Namun jika kamu cenderung mencari jalan pintas, bisa jadi kamu akan untung banyak, tapi risiko gagalnya juga sangat besar. Jika kamu adalah pemula, kamu jelas akan kaget jika langsung menerima risiko sebesar itu. Lebih baik merangkak dari bawah dan menikmati prosesnya sambil melatih mental sedikit-sedikit.

Itulah lima mindset yang perlu banget kamu tanamkan untuk menjadi pebisnis sukses. Jangan cari jalan pintas. Karena bisnis instan itu, suksesnya instan, dan gagalnya pun juga instan lho. Jadi pikirkan baik-baik sebelum bertindak!

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini 5 Kesalahan Semasa Muda yang Menunda Kesuksesan

Onya Photo Community Writer Onya

caffeine for life ☕

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You