Comscore Tracker

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasan

Kritik itu baik, kok!

Keberadaan atasan inilah yang terbilang sangat penting dalam kegiatan menjalankan perusahaan. Atasan yang bisa bersikap bijaksana tentulah menjadi idola atau role model bagi bawahannya. Lalu, bagaimana jika sebaliknya?

Lakukan sesuatu untuk mengatasi atau setidaknya membantu menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengkritik atasanmu. Tentu saja boleh jika memang ada hal-hal yang tidak tepat yang dilakukan atasan. Namun, ada hal-hal penting yang harus kamu perhatikan ketika akan mengkritik atasan, di antaranya:

1. Temukan masalahnya terlebih dahulu

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/Kyle Gregory Devaras

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan masalah. Pikirkan atau analisis terlebih dahulu poin-poin apa saja yang menjadi kritikmu kepada atasan. Pastikan bahwa apa yang akan kamu sampaikan memang benar-benar terjadi sesuai dengan kenyataan dan bukanlah mengada-ada atau sekadar opini pribadi.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset sederhana dengan menanyakan kepada rekan-rekan kerja. Mungkin saja rekanmu juga merasa seperti apa yang kamu rasakan, namun tidak berani untuk bicara. Sebagai catatan penting, usahakan untuk bersikap objektif dan jangan jadikan kesempatan tersebut sebagai waktu untuk menjelek-jelekkan atasan bersama rekan-rekan kerja yang lain.

2. Atur cara bicaramu sebaik mungkin

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/Jason Yoder

Setelah mengerti apa-apa saja yang akan disampaikan sebagai kritik pada atasan, selanjutnya kamu harus mengerti bagaimana cara berbicara. Pastikan bahwa kamu sudah berlatih cara-cara berbicara pada atasan, khususnya saat menyampaikan kritik.

Gunakan bahasa yang sopan, formal, dan halus. Atur nada bicaramu dan jangan sekali-kali bergurau atau bahkan terpancing emosi. Hal ini tentunya sangat penting agar atasanmu tidak tersinggung dengan kritik yang kamu sampaikan. Pastikan pula bahwa yang kamu sampaikan adalah kritik membangun yang akan bermanfaat untukmu, atasanmu, dan perusahaan.

3. Sebisa mungkin lakukan one-on-one meeting

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/Proxyclick Visitor Management System

Memberikan kritik atau saran kepada atasan idealnya tidak dilakukan di tempat umum. Usahakan untuk mengajak atasan melakukan one-on-one meeting atau bicara empat mata saja. Selain itu, kamu juga harus memilih tempat yang nyaman untuk bicara berdua.

Tujuannya agar kamu bisa menyampaikan kritikanmu kepada atasan dengan fokus. Pasalnya, apa yang kamu sampaikan tentunya harus detail dan bersifat pribadi sehingga tidak bisa dilakukan di tempat yang ramai atau tempat umum.

Baca Juga: Jangan Asal, Pastikan 5 Hal Ini Sebelum Mengkritik Orang Lain 

4. Pilihlah momen atau waktu yang tepat 

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/Annie Spratt

Sangat penting bagi kamu menemukan momen atau waktu yang tepat ketika ingin menyampaikan kritik kepada atasan. Misalnya saat jam makan siang atau saat kamu dan atasanmu tidak sedang sibuk dan dikejar deadline.

Pertama kamu bisa terlebih dahulu bertanya kepada atasan kapan mereka punya waktu luang. Dengan demikian kamu bisa menyesuaikan waktumu dengan mereka. Kamu bisa menjadwalkan pertemuan dengan atasanmu sehingga mereka pun siap ketika kamu ingin menyampaikan kritik dan saranmu untuk mereka.

5. Kenali terlebih dahulu kepribadian atasan

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/HuntersRace

Pada dasarnya, tidak semua orang bisa menerima kritik ataupun saran dari orang lain begitu saja. Terlebih ketika seseorang tersebut memiliki jabatan yang tinggi, seperti atasanmu. Untuk itulah sangat penting agar kamu terlebih dahulu mengenali karakter dan kepribadian atasanmu.

Pelajari apakah mereka adalah orang yang bisa terbuka menerima saran atau bukan. Ketika kamu sudah mengenali karakternya, maka kamu akan tahu pula bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan kritikanmu. Bisa juga dengan cara meminta bantuan tim HRD yang ada di kantormu.

6. Kamu harus bisa bersikap objektif

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/Headway

Ketika menyampaikan kritikan, seharusnya kamu bisa bersikap objektif sekaligus tegas. Tidak terkecuali ketika kamu menyampaikan kritik terhadap atasanmu. Sampaikan kritikan secara objektif namun tetap sopan.

Tunjukkan kepada atasan bahwa kamu menyampaikan kritikanmu dengan cara yang profesional dan hormat. Sebaliknya, ketika atasan mungkin menanggapi kritikan yang kamu sampaikan, kamu pun harus bisa bersikap terbuka dan menerima.

7. Persiapkan mentalmu

7 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengkritik Atasanunsplash.com/Alex Blăjan

Bukan hal mudah untuk menyampaikan kritik kepada atasan. Pasalnya, hal ini bisa jadi berdampak pada posisimu di perusahaan tersebut. Ada saja kemungkinan kamu dipecat atau dapat hukuman setelah menyampaikan kritik pada atasan. Namun, jika kamu sudah yakin bahwa apa yang akan kamu sampaikan adalah benar dan tidak mengada-ada, maka siapkan mental dan kepercayaan diri.

Percaya diri sangat dibutuhkan dalam hal yang satu ini. Usahakan untuk bersikap yakin dan tegas sehingga tidak tampak keraguan saat menyampaikan kritik pada atasan. Rasa percaya diri tersebut akan secara otomatis muncul jika kamu sudah mengumpulkan data dan membuat poin-poin penting tentang apa yang ingin disampaikan.

Mengkritik siapa pun pada dasarnya diperbolehkan, asal menyampaikannya dengan cara yang baik dan sopan. Tapi suatu saat jika kamu dikritik, gak boleh baper, ya.

Baca Juga: 5 Zodiak Perfeksionis yang Bahkan Gak Segan Mengkritik Dirinya Sendiri

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya